Sunday, August 28, 2016

Ini 8 Benda Sakti Yang Sering Digunakan Doctor Strange

artefak-magis-Doctor-Strange

Meski bergelar “Sorcerer Supreme”, penyihir terhebat di dimensinya, Doctor Strange tak jarang merasa kewalahan ketika harus berhadapan dengan musuh yang tak kalah hebat dari dimensi lain. Beruntung, sang dokter memiliki berbagai benda dan artefak sakti yang bisa ia gunakan untuk mendapatkan kekuatan yang lebih besar. Apa saja benda-benda magis tersebut ? Kami akan membahasnya dalam artikel ini.

Artikel Terkait :

*) 8 Fakta Menarik Tentang Doctor Strange

*) Asal-Usul dan Kekuatan Doctor Strange

 

Film Captain America: Civil War memulai fase ketiga MCU dengan memecah-belah tim Avengers. Setelah ini, film-film MCU selanjutnya akan bertugas memperbaiki hubungan antar anggota, sambil memperkenalkan karakter dan elemen baru, yang kesemuanya akan mencapai kesimpulan dalam film Avengers: Infinity War. Dari semua film MCU yang akan hadir beberapa tahun kedepan, Doctor Strange kemungkinan adalah yang paling lain daripada yang lain.

Film Doctor Strange bercerita tentang mantan dokter bedah sombong Stephen Vincent Strange (diperankan oleh Benedict Cumberbatch), yang setelah tangannya terluka dalam sebuah kecelakaan, belajar ilmu sihir dari seorang penyihir hebat bernama Ancient One (diperankan oleh Tilda Swinton). Bertugas menghadang berbagai ancaman dari dimensi dan realita lain, Doctor Strange tidak hanya mengandalkan kemampuan sihirnya sendiri, tapi juga beberapa benda atau artefak magis yang diberikan kepadanya.

Kepala Marvel Studio, Kevin Feige, sudah mengonfirmasi keberadaan berbagai artefak ikonik Doctor Strange ketika proses produksi dimulai, yang diperkuat dengan penampakan Eye of Agamotto di lokasi syuting. Doctor Strange diketahui memang punya cukup banyak benda magis yang ia gunakan untuk melawan musuh-musuhnya, dan Eye of Agamotto bisa dibilang adalah yang paling sering terlihat.

Bagi Anda yang belum pernah membaca komik Doctor Strange, dan tidak tahu banyak tentang benda-benda magis yang ia miliki, berikut kami bahas beberapa artefak sakti yang sering digunakan Strange dalam aksinya sebagai sang Sorcerer Supreme.

The Book Of Vishanti

Doctor-Strange-The-Book-of-Vishanti

Ditulis oleh Vishanti, perkumpulan tiga mahluk mistis yang terdiri dari Agamotto, Oshtur, dan Hoggoth, kitab Vishanti berisi mantra sihir terkuat di alam dunia. Berbagai rahasia yang terkandung di dalamnya belum terungkap semua, karena untuk menguasai satu mantra saja, membutuhkan waktu yang lama, konsentrasi tinggi, dan pemahaman mendalam tentang enegi mistis dibalik mantra tersebut.

Kitab Vishanti, yang diketahui memiliki jumlah lembar tak terbatas ini, juga berisi mantra penangkal untuk setiap mantra sihir aliran hitam. Di dunia mistis, Kitab ini dianggap sebagai penyeimbang antara sihir aliran putih dan aliran hitam. Saat ini, kitab Vishanti dipegang oleh Doctor Strange, ia mendapatkannya dari sang guru, Ancient One.

Darkhold

Doctor-Strange--darkhold

Jika Vishanti berisi semua mantra sihir aliran putih, Darkhold berisi yang sebaliknya: semua mantra sihir aliran hitam. Dikenal juga dengan nama “The Book of Sins” karena penggunaannya cenderung mengotori jiwa, kitab ini ditulis oleh seorang Elder God bernama Chthon, miliaran tahun yang lalu. Lembaran-lembaran kitab ini tidak bisa dihancurkan, pernah tersebar dan terpisah-terpisah, namun kembali dikumpulkan menjadi satu. Orang-orang yang pernah memegang kitab sihir ini di antaranya adalah Morgan Le Fay, Aelfric The Mad Monk, Cagliostro, Taboo, Gregor Russoff, dan Dr. Strange.

Dianggap sebagai salah satu kitab sihir paling berpengaruh, keberadaannya memicu kemunculan beberapa kitab sihir aliran hitam tiruan, namun tak ada satupun yang menandingi kedahsyatan kitab Darkhold. Kitab ini memiliki semacam pemuja fanatik bernama “Darkholders”, yang berperan memfasilitasi penggunaannya. Dwarf, penjaga kitab Darkhold, seringkali merayu orang-orang agar menggunakan mantra dalam kitab ini, yang nantinya akan mengambil jiwa mereka sebagai bayaran.

Dari semua benda sakti yang kami bahas dalam artikel ini, kemungkinan Darkhold adalah yang paling jarang digunakan Doctor Strange. Ia menyimpan kitab ini agar tidak jatuh ke tangan yang salah.

Cloak of Levitation

doctor-strange-cloak-of-levitation

Dari trailer filmnya, Anda bisa melihat Doctor Strange mengenakan sebuah jubah berwarna merah. Jubah tersebut terlihat pas dengan style fashion sang dokter, yang terlihat seperti seorang ahli kungfu (setuju ngga ? hehehehe). Meski sekilas kelihatan biasa saja, karena dalam trailer tersebut si jubah belum menunjukkan kebolehannya, jubah ini adalah salah satu benda magis yang sering membantu Strange, dan dikenal dengan nama “Cloak of Levitation”.

Cloak of Levitation atau jubah terbang, pertama kali muncul dalam komik Strange Tales #127. Ancient One memberikan jubah ini kepada Doctor Strange sebagai hadiah, setelah merasa sang murid pantas menerimanya karena berhasil mengalahkan Dormammu.

Cloak of Levitation, sesuai dengan namanya, mempunyai fungsi utama membuat pemakainya melayang atau terbang. Kelebihan dari jubah ini adalah sang pemakai tidak perlu tahu banyak tentang ilmu sihir atau menggunakan kekuatan sihir demi bisa mengoperasikannya. Meski bukan mahluk hidup yang punya pikiran dan keinginan sendiri, jubah terbang ini bisa dikategorikan semi-hidup karena bisa merespon keinginan pemakainya tanpa perlu disuruh dan kadang terlihat bersembunyi di lemari favoritnya (hihihi bikin gemes ya).

Selain bisa membuat pemakainya terbang dan melayang, jubah sakti ini memiliki fungsi-fungsi lain yang tak kalah hebat, yaitu tahan berbagai serangan fisik dan mistik, mampu berubah bentuk bahkan menjadi pakaian, mampu merespon keinginan pemakainya meski tidak sedang bersentuhan, dan bisa berfungsi seperti tangan untuk mengambil sesuatu.

Dragonfang

Dragonfangl-Doctor-Strange

Dragonfang adalah senjata berbentuk pedang yang diciptakan oleh seorang ahli sihir bernama Kahji-Da dari bekas taring naga mistis. Singkat cerita, beberapa lama kemudian, Senjata ini akhirnya jatuh ke tangan Ancient One, yang lalu memberikannya kepada sang murid kesayangan, Doctor Strange.

Doctor Strange diketahui memberikan Dragonfang kepada Valkyrie, setelah ksatria wanita itu mengembalikan Ebony Blade kepada Dane Whitman. Ketika Valkyrie gugur dalam perang Ragnarok, kepemilikan pedang ini berpindah ke tangan Lady Sif.

Dragonfang hampir tidak bisa dihancurkan, mampu menyerap energi sihir ketika bersentuhan dengan darah, dan bisa menghancurkan perisai mistis.

Sash of Doctor Strange

Doctor-Strange-Sash

Sash of Doctor Strange, atau ikat pinggang Doctor Strange, adalah kain panjang yang sering terlihat melingkar di pinggang sang dokter. Layaknya jubah merah yang dipakai Strange, ikat pinggang ini bukan lah aksesoris pelengkap biasa, melainkan sebuah kain sakti yang bisa memanjang, melebihi panjang aslinya.

Doctor Strange pernah terlihat menggunakan ikat pinggang ini ketika sedang mengimbangi Spider-Man yang melompat dari satu gedung ke gedung lain menggunakan jaring laba-labanya. Strange membiarkan jubahnya melayang dan memanfaatkan kain sakti ini untuk berayun. Kemampuan memanjang melebihi ukuran aslinya, membuat kain ini juga sangat berguna saat sang Sorcerer Supreme ingin memanjat atau turun dari tempat yang tinggi.

Axe of Angarruumus

Doctor-Strange-Axe-of-Angarruumus

Dalam kisah komik “Last Days of Magic”, Doctor Strange kehilangan kemampuan sihirnya saat invasi Empirikul. Terpaksa bertarung dengan cara tradisional melawan musuh yang sangat kuat, Strange memanfaatkan senjata terbarunya, Axe of Angarruumus (Kapak Angarruumus).

Axe of Angarruumus adalah senjata berbentuk kapak sakti, yang tidak sengaja ditemukan Strange di Central Park, ketika sedang diserang mahluk mistis berbentuk siput, Een’Gawori. Kala itu, sang dokter, yang sedang dalam bentuk astralnya, tak sengaja membiarkan Een’Gawori masuk saat membuka pintu menuju dimensi Fandazar Foo.

Orb of Agamotto

Orb-of-Agamotto-Doctor-Strange

Agamotto, yang sering menjadi sumber kekuatan Doctor Strange, adalah anggota dari grup tiga serangkai Vishanti. Penyandang gelar Sorcerer Supreme pertama ini telah menciptakan banyak benda sakti selama hidupnya. Dari sekian banyak benda magis ciptaannya, Strange cukup beruntung memiliki beberapa di antaranya, yaitu Amulet, Eye, dan Orb of Agamotto.

Orb of Agamotto adalah benda magis berbentuk bola kristal (kadang seperti bola Bumi) yang biasanya digunakan untuk meramal. Benda ini tersimpan di Sanctum Sanctorum, dalam sebuah ruangan bernama “Chamber of Shadows”.

Selain meramal, benda sakti ini juga berfungsi sebagai radar energi sihir, bisa mendeteksi dan memberikan info lokasi penggunaannya. Kendati demikian, beberapa orang, yang tidak ingin lokasi mereka terungkap, diketahui bisa memblok kemampuan deteksinya. Tidak hanya itu, Orb Of Agamotto juga bisa digunakan sebagai alat komunikasi secara telepati dan alat transportasi antar dimensi, terutama ketika disandingkan dengan Eye of Agamotto.

Eye of Agamotto

Doctor-Strange-Eye-of-Agamotto

Eye of Agamotto, yang biasanya terlihat melingkar di leher atau menempel di dada sang dokter, adalah satu dari tiga “Eye” yang diciptakan Agamotto. Tiga “Mata” Agamotto tersebut masing-masing mewakili tiga hal yang berbeda, yaitu Power, Prescience, dan Truth.

Doctor Strange memiliki “Eye of Truth”, yang bisa memancarkan cahaya mistis pembuka tabir tipu daya dan ilusi. Selain mengungkap kebenaran, benda ini memiliki banyak fungsi lain, di antaranya adalah memberikan penggunanya kemampuan manipulasi waktu dan telepati, cahayanya dapat melemahkan mahluk mistis jahat, membentuk perisai gaib, dan menciptakan portal antar dimensi.

Dalam Marvel Cinematic Universe, dari beberapa fungsi di atas, yang paling menarik perhatian adalah kemampuan Eye of Agamotto dalam memanipulasi waktu. Ada dugaan yang mengatakan bahwa benda sakti berberntuk mata tersebut adalah “Time Gem”, yang sejauh ini memang belum terungkap keberadaannya di MCU. Komentar Kevin Feige tentang kemampuan Eye of Agamotto, yaitu manipulasi kemungkinan dan waktu, memperkuat dugaan di atas. Jika terbukti benar, maka Doctor Strange akan punya peran yang cukup signifikan dalam film Avenger: Infinity War mendatang.

Benda Sakti Favorit Anda ?

Manakah benda sakti yang paling Anda sukai ? Penulis sendiri adalah penggemar Cloak of Levitation dan Eye of Agamotto. Beritahu kami lewat kolom komentar ya.

1 comment: