Monday, August 22, 2016

Asal-Usul dan Kekuatan Doctor Strange

Siapa-Doctor-Strange

Doctor Strange adalah seorang Sorcerer Supreme, praktisi ilmu sihir dan mistik terbaik di dunia. Ia belajar ilmu sihir dari Ancient One, tokoh mistis sakti yang tinggal di Himalaya. Awalnya, Strange meminta Ancient One menyembuhkan tangannya yang terluka agar bisa kembali menjadi dokter, namun sang penyihir menolak, dan justru meminta Strange menjadi muridnya. Strange sempat marah atas penolakan itu, namun akhirnya tertarik mempelajari ilmu sihir setelah menyaksikan kehebatan Ancient One. Dalam artikel ini, kami akan membahas siapa Dr. Strange dan berbagai kekuatan sihir yang ia miliki.

Artikel Terkait :

*) 8 Fakta Menarik Tentang Doctor Strange

*) Ini 8 Benda Sakti Yang Sering Digunakan Doctor Strange

 

Asal-Usul Doctor Strange Dalam Komik

kisah-tentang-dr-doctor-Strange

Stephen Vincent Strange adalah anak tertua dari 3 bersaudara. Ia lahir tahun 1930, ketika kedua orang tuanya, Eugene dan Beverly Strange, sedang berlibur di Philadelphia. Saat berumur 11 tahun, Strange membantu merawat luka adik perempuannya, Donna. Pengalamannya ini menginspirasi Strange menjadi seorang dokter. Beberapa tahun kemudian, Strange berhasil menyelesaikan pendidikan medisnya di usia muda dan menjadi dokter bedah syaraf yang sukses.

Strange menunjukkan bakat luar biasa sebagai dokter bedah, ia dengan cepat memperoleh kekayaan dan ketenaran. Sayang, kesuksesan membuat Strange menjadi angkuh, yang kemudian menyebabkan hubungannya dan keluarga menjadi renggang. Tidak hanya itu, arogansi dan sifat Strange yang cenderung materialistik juga menjadi penyebab hubungan asmaranya dengan Madeline Revell harus putus di tengah jalan, meski keduanya sudah berencana untuk menikah.

Hubungan Strange dan keluarga semakin lama semakin renggang. Puncaknya, ia menolak bertemu dengan ayahnya yang sedang sekarat. Adik laki-lakinya, Victor Strange, sangat membenci sikap kakaknya tersebut.

Suatu hari, sebuah kecelakaan mobil merubah hidup Strange selamanya. Tangannya terluka parah dan membuatnya tidak lagi mampu melakukan prosedur operasi bedah. Akibatnya, karir Strange sebagai seorang dokter terancam tamat. Meski begitu, Strange menolak menjadi asisten atau konsultan, ia lebih memilih berkeliling dunia guna mencari cara menyembuhkan tangannya.

Berbagai metode pengobatan dicoba Strange, namun tak kunjung membuahkan hasil. Hal ini tidak hanya membuatnya hampir putus asa, tapi juga menghabiskan hampir seluruh uangnya. Ia pun terpaksa melakukan prosedur medis ilegal demi mendapatkan uang untuk bisa terus bertahan hidup.

Beberapa lama kemudian, ia mendengar rumor tentang keberadaan tokoh mistis bernama “Ancient One” di Tibet. Strange, yang kala itu hampir kehabisan uang, dengan sabar mencoba menemukan tempat tinggal tokoh mistis tersebut.

Ketika akhirnya berhasil bertemu, Strange marah besar karena ternyata Ancient One menolak menyembuhkan tangannya. Namun kemarahan tersebut dengan cepat berubah menjadi kekaguman saat ia berkesempatan menyaksikan sendiri kehebatan ilmu sihir Ancient One, yang kala itu diserang orang misterius.

Belakangan terungkap bahwa orang yang menyerang Ancient One adalah muridnya sendiri, Baron Mordo, yang berniat menghancurkan “antediluvian mystic” demi mendapatkan kekuatan yang lebih besar. Strange mengetahui hal ini, namun tidak bisa memberitahu Ancient One karena ia berada di bawah kendali mantra sihir Mordo.

Meski sekilas terkesan angkuh dan egois, Ancient One bisa merasakan sisi baik mantan dokter bedah tersebut. Hal ini terlihat dengan jelas ketika Strange berusaha menyelamatkan Ancient One dari serangan Baron Mordo. Strange ingin membantu, tapi sadar bahwa Mordo jauh lebih hebat darinya. Ia pun menerima tawaran untuk menjadi murid Ancient One, demi bisa belajar ilmu sihir dan menghentikan rencana jahat Baron Mordo. Sejak saat itu, ia melupakan niat menyembuhkan tangannya dan fokus belajar ilmu sihir.

Menariknya, Ancient One diceritakan sudah bisa melihat potensi Strange sejak awal bertemu. Bahkan, ia sudah berencana menjadikan Strange penerusnya. Selain itu, ia juga sudah tahu perihal pengkhianatan Mordo, tapi memilih diam, berharap suatu saat bisa membuat muridnya itu sadar akan kesalahannya.

Strange belajar ilmu sihir dari Ancient One selama bertahun-tahun, belajar mengakses kekuatan mistis dalam dirinya dan lingkungan sekitar, serta memanfaatkan kekuatan mahluk-mahluk mistis macam Dormammu, Satannish, dan Vishanti, yang tinggal di dimensi berbeda.

Beberapa tahun setelah kedatangan Strange, Mordo meninggalkan kuil Ancient One untuk mencari kekuatan yang lebih besar. Di masa depan, keduanya sering terlibat konflik dan pertarungan.

Setelah selesai belajar ilmu sihir dari Ancient One dan mendapat titel “Sorcerer Supreme”, Strange kembali ke New York dan tinggal di Sanctum Sanctorum, sebuah rumah yang terletak di daerah Greenwich. Di rumah inilah Strange membuka jasa sebagai konsultan mistis dan sihir, ditemani asisten pribadinya, Wong.

Latar Belakang Penciptaan Karakter Doctor Strange

Komik-Doctor-Strange-Marvel

Karakter Doctor Strange diciptakan oleh Stan Lee dan Steve Ditko, muncul pertama kali dalam komik Strange Tales #110 tahun 1963, yang juga menampilkan karakter Human Torch. Kisah origin Strange diterbitkan setelah karakter ini muncul sebanyak lima issue. Karakter Doctor Strange terinspirasi oleh acara radio “Chandu The Magician” yang mengudara pada saluran Mutual Broadcasting System tahun 1930-an.

Apa itu Sorcerer Supreme ?

Apa-itu-Sorcerer-Supreme

Sorcerer Supreme adalah gelar yang diberikan kepada praktisi sihir dan ilmu mistik terbaik di dunia. Dari waktu ke waktu, pemegang gelar ini akan mendapat tantangan dari praktisi sihir lain, dan jika kalah, harus menyerahkan gelar atau benda magis yang dimiliki kepada sang penantang.

Orang yang bergelar Sorcerer Supreme akan memiliki tubuh yang secara fungsi tidak bisa mati dan akan kebal terhadap berbagai racun. Kendati demikian, hal ini tidak berarti ia tidak bisa dibunuh atau dilukai, hanya saja tubuhnya tidak akan rusak atau hancur tanpa adanya serangan dari luar. Selain itu, seorang Sorcerer Supreme tidak akan jatuh sakit dan menua seperti manusia pada umumnya.

Sejauh ini, ada sekitar 10 orang atau mahluk (termasuk Doctor Strange) yang pernah menyandang titel kehormatan Sorcerer Supreme. Berikut daftarnya :

1.) Agamotto

Agamotto adalah keturunan Elder Goddess Oshtur. Ia merupakan pemegang gelar Sorcerer Supreme pertama dan anggota Vishanti, grup mahluk sakti mandraguna yang sering membantu Doctor Strange. Benda-benda mistis seperti Orb, Spine, dan Eye of Agamotto berasal darinya.

2.) Zhered-Na (~16,500 B.C.)

Zhered-Na adalah seorang putri duyung dari Atlantis. Ia meramalkan kehancuran Atlantis dan dibunuh karena ramalannya itu.

3.) Salome (13th century B.C.)

Salome adalah anggota “The Fallen”.

4.) Ayesha (~10,000 B.C.)

Ayesha adalah nenek moyang Ashake dan Storm

5.) Merlyn (6th century A. C.)

6.) Hiram Shaw (17th century A.C.)

Hiram Shaw adalah nenek moyang Sebastian Shaw yang dibunuh karena dianggap sebagai penyihir jahat.

7.) Margali Szardos

Margali Szardos diperkirakan lahir di Prancis, namun umur dan asal-usulnya masih menjadi teka-teki. Ia mengadopsi Nightcrawler dan membesarkannya bersama dua anaknya, Stefan dan Jimaine. Jimaine Szardos kemudian dikenal dengan nama Amanda Sefton.

8.) Ancient One

Ancient One adalah guru Doctor Strange sekaligus pemegang gelar Sorcerer Supreme sebelum muridnya itu. Ketika meninggal, jiwa Ancient One tinggal di alam spiritual dan beberapa kali mendatangi Strange saat sang murid membutuhkan bantuan.

9.) Doctor Strange

Doctor Strange adalah Sorcerer Supreme paling populer. Ia mendapat gelar penyihir terkuat tersebut setelah belajar sihir dari Ancient One selama beberapa tahun. Menariknya, Strange ternyata pernah melepas gelar ini ketika ia merasa tak layak karena sudah menggunakan kekuatan iblis Zom.

10.) Doctor Voodoo

Doctor Voodoo menjadi Sorcerer Supreme dalam waktu yang tidak lama sebelum akhirnya tewas dalam pertempuran dengan Agamotto.

Kekuatan dan Kemampuan Doctor Strange

Kekuatan-Dr-Strange

Doctor Strange adalah seorang Sorcerer Supreme, penyihir dengan kekuatan luar biasa yang melindungi dunia dari ancaman mistis dimensi lain. Ia mendapat bantuan dari tiga mahluk sakti berjuluk “The Vishanti” : Agamotto, Hoggoth, dan Oshtur. Selain itu, ia juga beberapa kali meminta bantuan iblis bernama Dormammu, namun setelah mengetahui sisi gelap sang iblis, Strange tidak lagi melakukannya.

Berikut beberapa kekuatan sihir yang dimiliki Doctor Strange :

Tak Terlihat – Doctor Strange bisa membuat dirinya tak terlihat. Kemampuan ini juga memungkinkannya menembus benda padat.

Mengusir Mahluk / Benda Ke Dimensi Lain – Dr. Strange diketahui pernah beberapa kali mengusir manusia atau mahluk tertentu ke Dimensi lain. Hal ini hanya mungkin terjadi jika kekuatan sihir yang mengusir lebih kuat dari yang diusir.

Transmutasi – Doctor Strange memiliki kemampuan Transmutasi, yaitu merubah wujud suatu benda.

Telepati – Dr. Strange mampu berkomunikasi secara telepati dan membaca pikiran orang.

Telekinesis – Doctor Strange memiliki kemampuan Telekinesis.

Terbang – Dr. Strange mampu terbang dengan menggunakan energi sihir. Belakangan mulai jarang ia lakukan dan lebih memilih terbang dengan jubahnya.

Teleportasi – Doctor Strange diketahui mampu melakukan teleportasi.

Manipulasi Waktu – Dr. Strange bisa memperlambat dan menghentikan waktu. Ia juga diketahui mampu melakukan perjalanan waktu.

Perjalanan Antar Dimensi – Doctor Strange mampu melakukan perjalanan antar dimensi.

Manipulasi Empat Elemen Bumi – Dr. Strange mampu mengendalikan dan memanipulasi elemen-elemen Bumi : air, udara, tanah, dan api.

Astral Projection – Doctor Strange mampu memisahkan bentuk astralnya (jiwa atau rohnya) dari tubuh fisiknya. Bentuk astral ini tidak butuh makan, minum, bernapas, dan tidur, serta tidak terpengaruh hukum fisika.

Hipnotis – Dr. Strange mampu melakukan hipnotis.

Ilusi – Doctor Strange bisa menciptakan ilusi.

Kesadaran Universal – Dengan kemampuannya ini, Dr. Stange mampu merasakan keberadaan para penjelajah waktu dan pendatang dari dimensi lain.

Berumur Panjang – Setelah berhasil lulus dari ujian yang diberikan Death, Doctor Strange diberikan umur panjang dan tubuh yang tidak menua.

The Words – Dr. Strange bisa memanipulasi realita dengan menggunakan kata-kata. Kemampuan ini disebut “The Words”.

Mengambil kekuatan orang / mahluk lain – Doctor Strange diketahui mampu mengambil kekuatan mahluk lain. Kemampuannya ini termasuk dalam kategori “Black Magic” atau ilmu hitam.

Ahli Bedah Syaraf – Doctor Strange adalah mantan dokter bedah syaraf, ia memiliki pengetahuan yang cukup luas dalam hal syaraf dan prosedur operasi.

Pengetahuan Ilmu Sihir dan Mistis – Selain memiliki kekuatan sihir yang hebat, Strange juga memiliki pengetahuan mistis dan gaib yang cukup luas.

Ahli Strategi – Meski sekilas terlihat impulsif dan melakukan sesuatu berdasarkan insting, Doctor Strange sebenarnya adalah seorang penyusun strategi yang handal.

Ahli Bela Diri – Selain belajar ilmu sihir di tibet, Doctor Strange juga belajar seni bela diri yang digunakan para biarawan kuil Ancient One.

Kelemahan Doctor Strange

Di balik kekuatan sihirnya yang mengagumkan, Doctor Strange ternyata memiliki berbagai kelemahan. Berikut beberapa di antaranya :

Lemah Terhadap Segala Sesuatu Yang Berhubungan Dengan Science - Doctor Strange sering kesulitan menghadapi lawan yang memanfaatkan science.

Sihir Bergantung Pada Mantra dan Gerakan Badan – Untuk bisa menggunakan sihirnya, Strange harus membaca mantra dan melakukan gerakan tertentu. Hal ini bisa dikategorikan sebagai kelemahan, karena dalam beberapa kesempatan, Strange terlihat tak berdaya ketika tubuhnya diikat atau mulutnya dibungkam.

Faktor Manusia – Meski Doctor Strange adalah seorang Sorcerer Supreme, ia tetap saja manusia yang bisa lengah dan terkecoh. Jika sudah begitu, serangan-serangan biasa bisa melumpuhkannya.

Kelelahan - Menggunakan sihir dalam waktu yang lama bisa membuat tubuh Strange kelelahan.

No comments:

Post a Comment