Saturday, September 10, 2016

Asal-Usul dan Kekuatan Ghost Rider (Robbie Reyes)

Siapa-itu-ghost-rider-robbie-reyes

Robbie Reyes adalah seorang mekanik muda berbakat yang menyukai mesin dan musik elektronik. Ia tinggal bersama adiknya, Gabe, di sebuah lingkungan yang kurang bersahabat. Tidak sabar ingin pindah ke tempat yang lebih nyaman, ia mengikuti sebuah balapan liar dengan bayaran tinggi. Naas, keterlibatannya dalam balapan ini justru berujung maut. Di luar dugaan, setelah kematiannya, Reyes dibangkitkan oleh arwah Eli Morrow, yang kemudian menjadikannya sosok Ghost Rider. Dalam artikel ini, kami akan membahas siapa Robbie Reyes, sang Ghost Rider baru, dan berbagai kekuatan super yang ia miliki.

Asal-Usul Ghost Rider (Robbie Reyes) Dalam Komik

cerita-tentang-ghost-rider-robbie-reyes

Robbie Reyes adalah seorang mekanik muda yang bekerja di Los Angeles, California. Tinggal di lingkungan yang dipenuhi tindak kriminal, membuat hidup Robbie dan sang adik laki-laki tidak nyaman. Bertekad pindah ke lingkungan yang lebih baik, Robbie mengikuti balap jalanan demi mendapatkan lima puluh ribu dolar. Untuk balapan itu, ia mengendarai sebuah mobil, yang ternyata ditinggali sosok hantu.

Ketika sedang memimpin balapan, Robbie diikuti beberapa orang, yang ia kira polisi. Sempat mencoba kabur, usahanya harus terhenti setelah menemukan jalan buntu. Tidak ada pilihan lain, Robbie keluar dari mobil dan berusaha menjelaskan apa yang sedang terjadi.

Namun, belum sempat berkata apa-apa, orang-orang yang mengikutinya melepaskan tembakan berkali-kali, hingga akhirnya membunuh Robbie. Orang-orang misterius ini lalu mengambil sesuatu yang disembunyikan dalam mobil dan mencoba membakarnya beserta tubuh Robbie.

Ketika mereka hendak pergi, tiba-tiba, hantu yang mendiami mobil merasuki tubuh Robbie dan merubahnya menjadi Ghost Rider. Ghost Rider melumpuhkan beberapa orang pembunuh Robbie, namun beberapa berhasil kabur.

Robbie bangun keesokan paginya, menyangka apa yang sudah terjadi hanya mimpi buruk belaka. Ketika melihat cermin, ia kaget mendapati salah satu matanya berwarna oranye. Berniat mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, ia kembali ke Workshop dan mencari mobil yang ia kendarai semalam. Saat hendak mencoba mengendarai mobil sekali lagi, Robbie dihadang dua preman anak buah sang pemilik mobil. Terdesak, Robbie pun kembali berubah menjadi Ghost Rider dan menyerang dua pengganggunya.

Selang beberapa lama, Robbie pergi ke tempat pembuangan barang rongsokan dan berubah ke wujud manusia. Sosok Ghost Rider muncul dalam bentuk pantulan bayangan Robbie. Robbie berkomunikasi dengan sosok bayangannya tersebut. Sang bayangan berkata bahwa ia adalah “Eli”, dan kemudian menawarkan kesempatan kerja sama dengan Robbie: memberikan balasan yang setimpal pada orang-orang yang sudah berbuat salah. Setelah berpikir sebentar, Robbie menyetujui tawaran Eli.

Robbie lalu kembali ke bengkel tempat ia bekerja, di mana ia mendapati bosnya dibunuh dan mobil dicuri. Eli mengaku tahu siapa pelakunya, dan Robbie pun berubah menjadi Ghost Rider. Berkat kekuatan supranaturalnya, Ghost Rider mampu melakukan teleportasi ke tempat mobil berada. Pertarungan sengit Ghost Rider dengan para anggota mafia pun tak dapat dihindari. Ketika hendak menghabisi para bandit ini, pemimpin mereka memakan sebuah pil misterius yang merubahnya menjadi mahluk bertubuh raksasa. Ghost Rider terlibat pertarungan brutal dengan mahluk besar ini, beserta Mr. Hyde yang belakangan ikut bergabung.

Pada akhirnya, Ghost Rider berhasil mengalahkan keduanya dan menjadi pahlawan bagi warga lokal di lingkungan tempat tinggalnya. Meski dianggap sebagai pahlawan, Robbie tidak tertarik menjadi seorang “Vigilante”, dan lebih memilih memanfaatkan kekuatannya untuk mendapatkan uang melalui balapan liar. Uang yang diperoleh membuat Robbie tidak harus sibuk bekerja dan bisa menghabiskan lebih banyak waktu dang sang adik, Gabe.

Kepopuleran Robbie sampai ke telinga Ghost Rider pertama, Johnny Blaze, yang memutuskan pergi ke L.A. untuk berbicara dengan sang Rider yang baru. Johnny bertemu dengan Robbie saat pengaruh jahat Eli tidak sengaja membuatnya membunuh seorang pembalap jalanan. Ternyata, Eli beberapa kali berhasil menguasai tubuh Robbie secara penuh, bahkan dalam wujud manusia, dengan tujuan membalas dendam kepada seorang bos mafia Rusia bernama Yegor Ivanov.

Belakang terungkap, bahwa Eli bukanlah “Spirit of Vengeance”, melainkan arwah seorang pembunuh berantai kejam yang sudah membunuh dan memutilasi setidaknya 37 orang dalam ritual sebelum akhirnya tewas ditembak polisi pada tahun 1999. Arwah Eli tinggal di rumah tempat tinggal Robbie dan adiknya.

Johnny berhasil meredam Eli dengan kekuatan “Penance Stare”. Ia lalu memperingatkan Robbie agar jangan sampai membuat Eli bangkit kembali. Namun, beberapa lama kemudian, Eli dan Robbie kembali bekerja sama, bahkan terikat secara permanen. Robbie berkata kepada Eli bahwa mereka akan membasmi orang-orang berjiwa jahat.

Latar Belakang Penciptaan Karakter Ghost Rider Versi Robbie Reyes

kisah-ghost-rider-robbie-reyes

Karakter Robbie Reyes diciptakan oleh Felipe Smith dan Tradd Moore. Karakter ini muncul pertama kali dalam komik “All-New Ghost Rider #1” yang terbit tanggal 26 Mei 2014. Tradd Moore menggambarkan karakter ciptaannya sebagai Ghost Rider bergaya techno namun tetap kelam dan menakutkan.

Kekuatan dan Kemampuan Ghost Rider (Robbie Reyes)

Kekuatan-ghost-rider-robbie-reyes

Arwah Eli Morrow yang mendiami tubuh Robbie, menurut Johnny Blaze, sejatinya bukanlah “Spirit of Vengeance”. Meski begitu, Eli memberikan Robbie kekuatan yang mirip dengan yang dimiliki para Ghost Rider. Mobil hitam yang sebelumnya didiami Eli terhubung dengan sang Ghost Rider, memungkinkan Robbie dalam bentuk Ghost Rider-nya melakukan teleportasi atau menyatu dengan mobil tersebut. Mobil ini juga bisa dikendalikan dari jauh, bagasinya ketika dibuka berfungsi seperti portal untuk mengirim apa saja, termasuk manusia, ke lokasi mana saja. Belum diketahui apakah Ghost Rider versi Robbie Reyes juga memiliki kekuatan “Penance Stare” layaknya Ghost Rider sebelum dirinya. Berikut daftar kekuatan dan kemampuan yang dimiliki Ghost Rider versi Robbie Reyes:

Kekuatan Fisik Super – Ghost Rider diketahui memiliki kekuatan fisik super, mampu mengangkat beban seberat hingga 25 ton.

Stamina Tanpa Batas – Energi mistis, yang diterima Ghost Rider, mencegah otot-otot tubuhnya menghasilkan racun kelelahan ketika beraktifitas fisik, membuatnya memiliki stamina tanpa batas.

Ketahanan Tubuh Luar Biasa – Tubuh Ghost Rider memiliki ketahanan tinggi, bahkan kebal, terhadap hampir semua serangan fisik. Ghost Rider mampu menahan pukulan keras, suhu dan tekanan ekstrim, tembakan energi, dan jatuh dari tempat yang sangat tinggi. Tubuh Ghost Rider terdiri dari tulang tanpa daging, oleh karena itu, serangan berupa tembakan peluru tidak akan mempan – peluru akan menembus tubuhnya atau memantul dari tulangnya. Selain itu, Ghost Rider tidak merasakan sakit sama sekali.

Cepat Sembuh Dari Luka – Meski memiliki ketahanan yang luar biasa, tubuh Ghost Rider masih bisa terluka, terutama jika terkena serangan dari objek atau senjata yang dibuat di surga oleh malaikat Zadkiel. Hebatnya, ketika terluka, tubuhnya bisa beregenerasi dan sembuh dengan cepat berkat energi supranatural dalam tubuhnya. Kemampuan regenerasi tubuh Ghost Rider sangat mengagumkan. Tubuhnya bisa menumbuhkan kembali anggota tubuh yang terputus dan memperbaiki tulang yang hancur tanpa kesulitan sama sekali.

Mengendalikan Hellfire – Ghost Rider mampu menghasilkan, mengendalikan, dan memproyeksikan api mistik atau “Hellfire”. Hellfire atau api neraka adalah api supranatural yang sangat ringan mampu membakar jiwa maupun tubuh fisik seseorang. Ghost Rider bisa mengeluarkan api ini dari mata, tangan, dan mulutnya. Selain berfungsi membakar jiwa, api ini juga bisa digunakan untuk menciptakan kendaraan atau tembok pertahanan.

Mengendalikan Rantai Mistik – Ghost Rider menggunakan semacam rantai mistik yang mampu memanjang, memotong apa pun, dan berubah menjadi senjata lain. Ia bisa mengeluarkan rantai ini dari mulut dan dadanya.

Manipulasi Ukuran Tubuh – Ghost Rider diketahui mampu memanipulasi ukuran tubuhnya.

Ahli Mesin – Robbie Reyes adalah seorang mekanik berbakat.

Ahli Bela Diri – Robbie Reyes memiliki keahlian bela diri.

Mengetahui hal-hal mistis – Seorang Ghot Rider memiliki pengetahuan tentang hal-hal yang berbau supranatural.

No comments:

Post a Comment