Wednesday, July 20, 2016

Justice League 2017: Prologue dan Asal – Usul Mother Box

mother-box-dc-comics

Setelah muncul di film “Batman V Superman”, tepatnya dalam adegan yang menampilkan Cyborg dan Steppenwolf, Mother Box sepertinya akan jadi lebih dari sekedar easter egg. Prologue atau cerita pembuka film Justice League jelas – jelas menggambarkan bahwa konflik besar dalam filmnya nanti, akan dipicu atau setidaknya berhubungan dengan keberadaan kotak ajaib ini. Lalu, apa itu Mother Box ? dari mana asal Mother Box ? dan apa saja kekuatan Mother Box ? Dalam artikel ini, kita akan mencoba menggali sejarah benda yang sepertinya akan punya peran penting dalam DC Extended Universe.

Artikel Terkait :

*) Rumor Justice League: Prologue, Peran Willem Dafoe, dan Teknik Syuting Adegan Bawah Laut

*) Sosok Ini Dirumorkan Jadi Musuh Utama Justice League Di Film Pertamanya

 

Jika Marvel punya Avengers, maka DC punya Justice League. Jika Marvel punya Thanos, maka DC punya Darkseid. Jika Marvel punya Infinity Gem, maka DC punya Mother Box.

Pernyataan di atas bukan bermaksud menyindir DC meniru Marvel. Tapi, ingin menunjukkan bahwa dua raksasa penerbit komik ini memang punya banyak kesamaan, dan dalam perjalanannya, memang saling menginspirasi.

Marvel menggunakan Infinity Gem sebagai penghubung film – filmnya, apakah DC akan melakukan hal yang sama ? Kita lihat saja nanti.

Prologue Film Justice League

logo-justice-league-movie

Meski film Justice League bersetting di masa modern, dengan dirilisnya prologue film ini, kita jadi tahu bahwa konflik yang akan terjadi nanti, punya sejarah yang cukup panjang.

Dahulu kala, beribu – ribu tahun yang lalu, Darkseid datang dan berniat menguasai Bumi. Ketika itu, berdiri tiga kerajaan besar : Amazon, Atlantis (sebelum mereka tinggal di bawah laut ), dan Manusia. Dengan niat melindungi Bumi dari ancaman super masif, tiga kerajaan ini bersatu.

Belum jelas apakah kerja sama tiga kerajaan ini cukup kuat memukul mundur pasukan Darkseid. Rumor lain yang beredar adalah mereka mendapat bantuan dari “Old Gods” atau yang lebih dikenal dengan dewa – dewi yunani, macam Zeus, Ares, Artemis dan lain – lain.

Yang jelas, Darkseid berhasil dikalahkan dan tiga Mother Box adalah barang peninggalan perang besar tersebut.

Setelah perang usai, para dewa “Old Gods” menyarankan agar tiga benda misterius berkekuatan dahsyat tersebut disimpan secara terpisah oleh tiga kerajaan.

Tiga Kerajaan, Tiga Mother Box

Tiga-kerajaan-amazon-atlantis-manusia

Mother Box adalah benda yang sangat powerful, sekaligus sangat berbahaya jika sampai jatuh ke tangan yang salah. Dan tiga Mother Box tersebut akan menjadi lebih kuat jika disatukan. Melihat kekuatan dahsyat kotak ajaib ini dan bahaya yang mungkin ditimbulkan, keputusan untuk menyimpannya secara terpisah terdengar sangat logis.

Tiga Mother Box akan disimpan secara terpisah oleh tiga kerajaan : kerajaan Amazon yang dipimpin ratu Hippolyta (Connie Nielsen), kerajaan Atlantis yang dipimpin oleh “Ancient King”, dan kerajaan Manusia.

Dalam perjalanannya, tiga Mother Box ini semakin menyatu dengan budaya dan tradisi masing – masing kerajaan. Hal ini terlihat dari penampilan Mother Box yang semakin lama semakin mewakilli tiga golongan tersebut.

Berdasarkan info yang beredar sejauh ini, ketika melihat tampilan tiga Mother Box tersebut, orang akan langsung tahu dari mana benda ajaib tersebut berasal, apakah dari golongan Amazon, Atlantis, atau Manusia.

Beberapa situs besar yang mendapatkan kesempatan berkunjung ke lokasi syuting film Justice League menggambarkan tampilan tiga Mother Box tersebut sebagai berikut :

Mother Box yang disimpan kerajaan Amazon akan terlihat agak “liar” dengan balutan kulit, bulu, dan berwarna merah darah.

Mother Box yang disimpan oleh kerajaan Atlantis dihiasi bentuk hewan laut dan warna – warna yang sering ditemui di bawah laut.

Mother Box yang disimpan oleh kerjaan manusia terlihat paling sederhana, sesuai dengan budaya, tradisi, dan teknologi mereka yang saat itu masih berada pada fase awal perkembangannya.

Setelah membahas peran Mother Box dalam film Justice League mendatang, kita kembali pada pertanyaan paling mendasar. Apa itu Mother Box ? Dari mana kotak ajaib ini berasal ?

Asal – Usul Mother Box Dalam Komik

apa-itu-Mother-Box

Mother Box adalah sebuah super komputer portable, dan biasanya dimiliki orang - orang ras New God dari planet New Genesis dan Apokolips. Mother Box adalah mahluk hidup, benda ini punya pikiran dan keinginan sendiri serta memiliki hubungan yang sangat dekat dengan pemiliknya. Tidak hanya itu, Mother Box juga bisa berkomunikasi dengan sang pemilik melalui bunyi “Ping” berulang atau melalui telepati.

bentuk-Mother-Box

Mother Box biasanya berbentuk kotak kecil portable, namun ada juga yang ukurannya jauh lebih besar (seperti yang pernah dibawa grup Forever People). Selain bentuk kotak, penduduk New Gods juga memiliki Mother Box dalam bentuk lain yang tidak lazim.

Mother Box bisa melakukan hampir apa saja, seperti teleportasi, manipulasi energi, menyembuhkan luka, transfer energi, menyediakan informasi, dan masih banyak lagi.

Mother Box diciptakan oleh ilmuwan Apokolips Himon dari elemen misterius Element X. Himon, yang menentang pemerintahan Darkseid, mendistribusikan benda ciptaannya saat perang usai. Jadi, Mother Box bisa diibaratkan smartphone yang dibawa penduduk Apokolips dan New Genesis.

Meski merupakan barang yang lumrah bagi ras New Gods, cara kerja dan asal – usul kekuatan Mother Box tidak sepenuhnya dipahami penggunanya.

Mother Box diciptakan dari elemen misterius, kekuatannya bersumber dari “Source”, sebuah energi atau entity kuno yang digambarkan sebagai sumber kehidupan di seluruh alam semesta.

Mother Box versi DCEU

Mother-box-dceu

Merujuk pada asal – usul Mother Box dalam komik, yang sangat misterius, kemungkinan para penulis film Justice League tidak akan menjelaskan secara detail apa itu Mother Box. Mother Box hanya akan dijelaskan sebagai sebuah teknologi alien yang telah lama dipakai ras Amazon, Atlantis, dan Manusia, tanpa tahu asal – usul dan cara kerjanya.

Mengenai info yang mengatakan Steppenwolf dan Darkseid akan datang untuk mengambil kembali Mother Box yang tertinggal, kami merasa ada detail cerita yang hilang. Bagi ras New Gods, Mother Box bukanlah barang langka, hampir semua orang memilikinya. Jadi, tidak mungkin Darkseid atau Steppenwolf mau repot – repot datang ke Bumi untuk mengambil beberapa Mother Box, kecuali ada yang istimewa dengan tiga Mother Box tersebut.

Sejauh ini belum ada info tambahan tentang alasan pasti kedatangan Steppenwolf dan Darkseid dalam film Justice League mendatang. Kita tunggu saja bagaimana perkembangannya dalam beberapa bulan kedepan.

Kemampuan dan Kekuatan Mother Box

Sebagai benda hidup yang hampir bisa melakukan apa saja, memang agak sulit mendeskripsikan kekuatan Mother Box. Berikut kami cantumkan berbagai hal hebat yang bisa dilakukan benda yang terhubung dengan “Source”, energi misterius yang disebut – sebut sebagai sumber kehidupan di DC Universe :

Mendeteksi bahaya – Mother Box mampu merasakan adanya bahaya.

Mendeteksi kehidupan – Mother Box mampu merasakan adanya kehidupan.

Omniscience – Mother Box tahu tentang segalanya alias maha tahu.

Proyeksi Pengetahuan - Mother box bisa membagikan atau memproyeksi pengetahunannya untuk dilihat orang.

Transfer Energi – Karena hubungan erat antara pengguna dan Mother Box, treansfer energi dimungkinkan antar keduanya.

Manipulasi Gravitasi – Mother Box bisa memanipulasi gaya gravitasi di sekitarnya.

Kontrol Emosi – Mother Box bisa mengontrol emosi penggunanya atau mahluk hidup lain.

Telepathy – Mother Box dapat berkomunikasi secara telepati dengan penggunanya atau mahluk hidup lain.

Manipulasi Kesehatan – Mother Box dapat memanipulasi energi kehidupan mahluk hidup dan menyembuhkan luka parah sekalipun.

Membuka dan Menutup Boom Tubes – Mother Box mampu membuka Boom Tube, sebuah portal teleportasi yang memungkinkan perjalanan antar galaxy, bahkan antar dimensi.

Mengendalikan mesin – Mother Box bisa mengendalikan mesin atau alat elektronik dan membuat mesin berevolusi menjadi lebih canggih.

Life Support – Mother Box mampu berperan sebagai penopang kehidupan di lingkungan keras.

Manipulasi Energi dan Materi – Berkat hubungannya dengan “Source”, Mother Box memiliki kekuatan tak terbatas dalam hal manipulasi energi dan materi untuk tujuan apapun.

Kemungkinan masih ada kemampuan dan kekuatan lain Mother Box yang tak tercantum di atas. Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, kotak misterius ini mampu melakukan hampir apa saja. Jadi, memang sulit menjelaskan kekuatannya secara detail.

Penutup

Bagaimana menurut Anda ? Apakah prologue film Justice League di atas cukup menarik ? Bagaimana pendapat anda tentang film Justice League mendatang ? Apakah Anda optimis tentang masa depan DCEU secara keseluruhan ?

6 comments:

  1. menarik min bagus , thanks ya suka buat artikel dc comic

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama bro. Sering - sering mampir ya. Kedepannya bakal lebih banyak lagi artikel tentang DC.

      Delete
  2. Keren banget infonya, ditunggu info info atau rumor seputar DC Extended Universe berbahasa Indonesia ya a....

    ReplyDelete
  3. Kalau boleh saran theme blognya dibuat responsive gan agar lebih keren.. Hehe

    ReplyDelete
  4. Wah, kebanyakan juga Marvel yang meniru DC min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel di atas nggak maksud nyindir DC niru Marvel juga kok gan.

      Delete