Tuesday, July 19, 2016

Asal – Usul dan Kekuatan Wonder Woman

wonder_woman_gal_gadot-wide

Wonder Woman adalah salah satu pejuang perdamaian dan persamaan terkuat di muka Bumi. Ia termasuk superhero pertama yang menjadi anggota Justice League. Wonder Woman sering dijadikan contoh ideal superhero wanita dalam komik. Awalnya, Wonder Woman dikisahkan berasal dari patung tanah liat yang diberikan nyawa oleh dewa yunani, namun belakangan, asal – usulnya dirubah menjadi anak dari dewa Zeus dan ratu Hippolyta.

Asal – Usul Wonder Woman Dalam Komik

Wonder-Woman-ksatria-wanita-amazon-comic

Origin Story Wonder Woman beberapa kali mengalami perubahan. Berikut adalah kisah asal – usul sang ksatria wanita Amazon yang ditulis oleh George Perez, yang merupakan cerita reboot, menyusul peristiwa “Crisis on Infinity Earths”.

Wonder Woman alias Diana Prince adalah anak ratu Hippolyta, satu – satunya anak yang lahir di Paradise Island (sekarang berubah nama menjadi Themyscira) selama tiga ribu tahun ras wanita Amazon hidup di sana. Ras wanita Amazon sendiri diciptakan sekitar 1200 B.C. ketika para dewi yunani membangkitkan jiwa para wanita yang dibunuh pria. Satu jiwa dibiarkan, jiwa yang nantinya akan lahir sebagai Diana, jiwa anak dari wanita pertama yang dibunuh pria, yang bereinkarnasi sebagai Hippolyta.

Di akhir abad ke-20, Hippolyta diperintahkan untuk membuat patung bayi perempuan dari tanah liat Paradisa Island, kemudian enam dewa – dewi yunani berkumpul memberikannya jiwa dan kehidupan. Selain itu, para dewa – dewi juga memberikan hadiah kepada sang bayi.

Demeter memberikan kekuatan fisik luar biasa; Athena memberikan kebijaksanaan dan keberanian; Artemis memberikan hati sang pemburu; Aphrodite memberikan kecantikan dan rasa kasih sayang; Hestia memberikan rasa persaudaraan; Hermes memberikan kecepatan dan kemampuan terbang.

Diana tumbuh di antara para saudara perempuan dan ibu. Ketika ia beranjak dewasa, para dewa memerintahkan ras Amazon untuk mengirim seorang wakil ke dunia luar.

Ratu Hippolyta mengadakan sayembara untuk memilih sang wakil, dan secara tegas melarang Diana untuk ikut berpartisipasi. Diana tidak mengindahkan larangan ibunya, ia mengikuti sayembara dengan menyamar. Diana dengan mudah menang dalam kontes tersebut dan akhirnya diputuskan menjadi wakil.

Sebelum menjalankan misinya, Diana diberikan senjata Lasso of Truth, yang dibuat oleh Hephaestus sendiri. Ia juga diberikan Sandal Hermes, yang membuat Diana mampu melompat jauh.

Misi Diana tidak hanya melulu tentang perdamaian dan diplomasi, awalnya, ia juga terlibat dalam usaha menggagalkan rencana jahat Ares untuk menghancurkan dunia.

Boston adalah tempat pertama yang didatangi Diana. Di sana, ia bertemu dengan professor Harvard, Dr. Julia Kapatelis, dan anak perempuannya, Vanessa Kapatelis, serta seorang pilot angkatan udara Steve Trevor dan Etta Candy. Diana tinggal dengan Julia dan Vanessa selama beberapa bulan sambil belajar bahasa inggris.

Diana pertama kali menyita perhatian publik dan mendapat julukan “Wonder Woman” ketika terjadi pertempuran antara dirinya dan Decay, salah satu anak buah Ares, di jalanan kota Boston.

Rencana jahat Ares pun terungkap, yang ternyata berhubungan dengan senjata nuklir. Diana akhirnya berhasil menggagalkan rencana sang dewa perang, bertarung melawan Phobos dan Deimos (dua anak Ares). Sang puteri Amazon berhasil menyadarkan Ares tentang kesalahannya dengan menggunakan Lasso.

Setelah mengalahkan Ares, Diana kembali ke Paradise Island untuk penyembuhan, yang mana langsung ditangani Poseidon sendiri.

Hubungan dengan Steve Trevor dan Isu Orientasi Seksual Wonder Woman

Bagi yang pernah membaca komik Wonder Woman dari masa golden age, pasti tahu bahwa Diana punya hubungan khusus dengan Steve Trevor.

Steve Trevor diceritakan terdampar di pulau Paradise Island, dan menjadi salah satu alasan Wonder Woman datang ke dunia manusia.

Mereka pun sempat menjalin hubungan cinta, menjadikan Steve Trevor sebagai sosok love interest untuk karakter Wonder Woman.

Namun, hal ini berubah dalam kisah yang ditulis George Perez, Steve Trevor lebih condong menjadi sosok ayah daripada kekasih bagi Diana.

Beberapa orang beranggapan kisah cinta Wonder Woman dan pria cenderung membosankan. Lebih ekstrim lagi, mereka merasa Wonder Woman seharusnya adalah seorang lesbian.

Alasannya, karena Diana lahir dan tumbuh di antara para wanita selama bertahun – tahun, dan ras wanita Amazon memang punya sejarah buruk dengan kaum pria (mereka adalah jiwa – jiwa yang dibunuh pria). Jadi, mana mungkin wanita Amazon tertarik pada pria ??

Di samping itu, mereka juga merasa kisah komik Wonder Woman akan lebih menarik jika sang puteri Amazon menyukai sesama jenis.

Tentunya, banyak orang yang tidak setuju dengan pendapat di atas. Terutama alasan yang mengatakan bahwa karakter Wonder Woman akan jadi lebih menarik jika ia adalah sorang lesbian. Orang – orang yang tidak setuju berpendapat :

Menjadi lesbian atau tidak, sama sekali tidak ada hubungannya dengan menarik tidaknya karakter Wonder Woman. Yang membuat karakter komik menarik adalah apa yang ia lakukan dan bagaimana ia melakukannya, bukan orientasi seksualnya.

Menurut Anda ?

Latar Belakang Penciptaan Karakter Wonder Woman

sensation1-wonder-woman

Kemunculan Wonder Woman di masa golden age, menjadikannya superhero wanita pertama yang menonjol. Psikolog William Moulton Marston menciptakan karakter Wonder Woman sebagai reaksi akibat semakin menjamurnya superhero pria (Superman, Batman, Captain America) dan masih minimnya karakter superhero wanita. Ia juga berharap karakter ciptaannya itu bisa menjadi inspirasi bagi anak – anak, terutama anak perempuan.

Marston tergerak untuk menciptakan karakter Wonder Woman setelah melihat keberhasilan istrinya secara akademis, di saat para wanita tidak banyak yang berhasil. Itulah mengapa beberapa seri awal komik Wonder Woman banyak berisi panduan bagi wanita, seperti panduan memilih karir yang tepat.

Selain itu, komik sang puteri Amazon juga menghadirkan seri cerita wanita – wanita sukses yang diberi judul “Wonder Woman of History”.

Marston memperkenalkan karakter Wonder Woman dalam All Star Comics #8 tahun 1941. Wonder Woman menjadi tokoh utama dalam Sensation Comics tahun 1941, dan akhirnya mendapatkan komik solonya tahun 1942.

Kekuatan dan Kemampuan Wonder Woman

wonder-woman-bertarung

Dalam versi klasiknya, kekuatan super Wonder Woman adalah pemberian para dewi yunani. Sedangkan dalam versi modern, kemungkinan karena ia adalah anak dewa. Kemampuan atau skill yang dimiliki sang puteri Amazon sebagian besar ia dapatkan dari para ksatria wanita Amazon di pulau Themyscira. Berikut daftar lengkap kekuatan dan kemampuan Wonder Woman :

Kekuatan Fisik Super – Kekuatan fisik Wonder Woman berada pada level yang sama dengan Superman dan Captain Marvel alias Shazam. Meski ini tidak berarti Wonder Woman sekuat Superman, tapi setidaknya ia bisa mengimbangi kekuatan fisik sang manusia baja. Ketika Power Girl berada dalam pengaruh kendali pikiran, Wonder Woman terlihat mampu mengimbanginya dalam pertarungan tangan kosong. Wonder Woman adalah lawan sepadan untuk Captain Marvel.

Saking kuatnya, Wonder Woman pernah menggeser posisi planet Bumi, meski tidak sendiri karena dibantu oleh Superman dan Martian Manhunter. Dalam seri new 52, Wonder Woman diperlihatkan mengamuk saat bertarung melawan dewa ketika gelangnya dilepas. Belakangan diketahui bahwa gelang yang selalu ia pakai berfungsi melindungi lawannya dari kekuatan dahsyat Wonder Woman.

Kecepatan Super – Diberikan oleh Hermes (dewa pembawa pesan), kecepatan maksimumnya belum pernah diungkap, namun ia pernah diperlihatkan bisa lebih cepat dari setengah kecepatan cahaya. Flash pernah berkata bahwa Wonder Woman bisa mengimbangi kecepatan normalnya. Ia juga pernah terlihat mengimbangi kecepatan Jesse Quick. Wonder Woman memiliki refleks yang sangat terlatih dalam pertarungan, bahkan bisa melebihi kecepatan refleks Superman.

Ketahanan Fisik – Kekuatan yang satu ini diberikan oleh Demeter. Wonder Woman kebal terhadap radiasi dan dinginnya luar angkasa. Ia juga tahan api dan segala sesuatu bersuhu tinggi, bahkan tahan serangan heat vision. Ia mampu bertahan dari berbagai serangan fisik dalam pertarungan dengan lawan - lawan kuat, seperti Superman dan para dewa. Selain serangan fisik, Wonder Woman juga memiliki ketahanan yang tinggi terhadap serangan sihir.

Wonder Woman bisa bertahan lama tanpa tidur dan makan, serta bisa menahan napas dalam air selama berjam – jam.

Meski kebal dan tahan berbagai serangan fisik, Wonder Woman ternyata lemah jika berhadapan dengan senjata tajam.

Terbang – Kekuatan ini juga merupakan hadiah dari Hermes. Pada masa silver age, Wonder Woman tidak bisa terbang dan harus mengandalkan kemampuan gliding-nya dan jet tak terlihat untuk transportasi. Ia dapat terbang dengan kecepatan hyper-sonic dan mampu mengimbangi kecepatan Superman.

Faktor Penyembuhan – Kekuatan ini diberikan oleh Demeter (dewi Bumi). Ketika Wonder Woman terluka, lukanya akan sembuh dalam waktu singkat tanpa meninggalkan bekas.

Kebijaksanaan – Athena (dewi kebijaksanaan) memberikan Wonder Woman kebijaksanaan melebihi manusia dan kesadaran moral yang kuat. Hal ini juga membantunya saat pertempuran, karena membuatnya memiliki kecerdasan taktis yang mumpuni. Wonder Woman adalah salah satu anggota Justice League yang paling bijak dan cerdas.

Stamina tinggi – Wonder Woman memiliki stamina yang hebat, ia bahkan tidak perlu istirahat ketika sedang bertarung.

Kelincahan dan Koordinasi Tubuh Super – Koordinasi tubuh dan kelincahan Wonder Woman melebihi atlit olimpiade terhebat sekalipun.

Panca Indera Super – Kekuatan ini diberikan oleh dewi pemburu Artemis. Indera penglihatan, pendengaran, rasa, sentuhan, dan penciuman Wonder Woman berada pada level manusia super. Wonder Woman memiliki mata pemburu (Hunters Eyes) yang memugkinkannya membidik dengan tepat dan melihat jarak jauh.

Komunikasi Dengan Hewan – Kekuatan ini juga diberikan oleh Artemis. Wonder Woman bisa berkomunikasi dengan semua jenis hewan, termasuk dinosaurus, bahkan tanpa berbicara pun, keberadaannya bisa membuat tenang hewan yang sedang mengamuk. Ia juga mampu memerintah hewan ketika diperlukan.

Teleportasi antar dimensi – Wonder Woman beberapa kali terlihat bisa melakukan teleportasi meninggalkan planet Bumi dengan meditasi. Ia pernah melakukannya ketika berusaha menyelamatkan Artemis dari neraka. Wonder Woman juga melakukannya untuk berbicara langsung dengan para dewa yunani.

Kemampuan Bela Diri Tinggi – Wonder Woman menguasai berbagai teknik bela diri baik dengan senjata maupun tangan kosong. Sebelum Flashpoint , Batman mengakui Wonder Woman sebagai petarung terbaik, bahkan lebih baik dari Superman, berkat kombinasi kekuatan super dan kemampuan bela dirinya yang hebat. Meski tanpa kekuatan super, ia bisa mengimbangi petarung terhebat di DC Universe.

Dalam seri New 52, diceritakan bahwa Wonder Woman mendapatkan pelatihan bertarung langsung dari Ares. Hal ini membuat Wonder Woman memiliki kemampuan bertarung jauh melebihi wanita Amazon lain. Berkat kemampuan hebatnya ini, Wonder Woman akhirnya menggantikan peran Ares sebagai dewa perang.

Daftar Senjata Yang Pernah Digunakan Wonder Woman

wonder-woman-jim-lee

Dalam berbagai aksinya, Wonder Woman sering terlihat menggunakan berbagai jenis senjata. Berikut daftar senjata yang pernah digunakan sang puteri Amazon :

Lasso of Truth – Senjata ini mampu memaksa orang untuk berkata jujur, mengembalikan ingatan yang hilang, menghilangkan ilusi, menyebabkan ilusi, dan melindungi orang di sekitarnya dari serangan sihir.

Gelang (Bracelets of Victory) – Senjata ini berupa sepasang gelang yang tidak bisa hancur karena terbuat dari sisa – sisa perisai Zeus. Dengan gelang ini, ditambah refleks yang menakjubkan, Wonder Woman menagkal berbagai serangan dan tembakan.

Royal Tiara – Senjata ini berupa pisau tajam yang bisa kembali jika dilempar seperti boomerang.

Armor Perang – Ketika menghadapi lawan yang sangat kuat, Wonder Woman akan memakai armor perang untuk perlindungan ekstra.

Pedang Magis – Wonder Woman beberapa kali terlihat menggunakan pedang dalam pertarungannya, terutama menghadapi lawan yang kebal serangan biasa. Dengan pedang ini, yang kebetulan memiliki aura magis, lawan seperti Superman pun harus berhati – hati.

Sandal Hermes – Alas kaki ini sudah tidak termasuk dalam cerita canon, namun dulu ketika Wonder Woman masih menggunakannya, sandal ini memungkinkan Diana melakukan perjalanan yang sangat jauh.

Sarung Tangan Atlas – Sarung tangan ini membuat kekuatan pemakainya meningkat sepuluh kali lipat. Wonder Woman menggunakan senjata ini ketika melawan White Magician dalam form demon-nya dan Doomsday. Saat mengenakan sarung tangan ini, Wonder Woman sering kesulitan mengendalikan kekuatannya yang tiba – tiba meningkat.

Anting – Walaupun sekilas terlihat seperti perhiasan biasa, anting Wonder Woman ternyata juga memiliki fungsi luar biasa. Dalam beberapa cerita, anting ini membuat Wonder Woman bisa bernapas di luar angkasa.

No comments:

Post a Comment