Tuesday, May 24, 2016

Daftar Film Bela Diri Terbaik Tahun 2015

Film-Bela-Diri-Terbaru-dan-Terbaik-2015

Tahun 2015 ditutup dengan kehadiran film Ip Man 3, film ketiga legenda wing chun, Yip Man, yang sudah ditunggu – tunggu para penggemarnya. Adegan laga dalam film yang masih dibintangi Donnie Yen ini tidak kalah bagus dengan dua film pendahulunya, apalagi dengan kemunculan Mike Tyson, yang mana merupakan salah satu highlight. Kendati begitu, Ip Man 3 bukanlah satu – satunya film bela diri di tahun 2015 yang patut diacungi jempol. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa film lain yang tidak kalah keren dari film bertema seni bela diri wing chun tersebut.

Yang menjadi fokus kami di sini adalah adegan laganya, jadi anda akan melihat beberapa film dengan cerita kurang bagus namun memiliki adegan laga apik berada di urutan atas. Film - film berikut adalah 10 film dengan adegan laga / pertarungan terbaik yang dirilis tahun 2015.

 

10. Kung Fury

Kung-Fury-Movie

Imdb Rating : 8.1 / 10

Durasi : 31 Menit

Sutradara : David Sandberg

Pemeran : David Sandberg, Jorma Taccone, Steven Chew

Sinopsis Film Kung Fury :

Pada suatu hari, sahabat Kung Fury dibunuh oleh penjahat ahli kungfu paling berbahaya dalam sejarah bernama Adolf Hitler alias Kung Fuhrer. Kung Fury memutuskan kembali ke masa lalu, masa Nazi German, guna membunuh Hitler dan meruntuhkan kejayaan Nazi untuk selamanya.

Pendapat Kami :

Adegan-Kung-Fury

Selain sebagai penulis dan sutradara, David Sandberg juga berperan sebagai tokoh utama, Kung Fury, seorang pahlawan penegak keadilan. Kung Fury harus melawan ahli kungfu terkejam dalam sejarah, Adolf Hitler alias ‘Kung Fuhrer’, yang diperankan oleh aktor Jorma Taccone.

Kung Fury adalah film action nostalgia tahun 80-an, lengkap dengan tampilan yang dibuat seperti kaset VHS usang karena terlalu sering diputar.

Adegan action-nya sendiri cenderung konyol dan agak berlebihan, yang tentunya memang disengaja dan merupakan daya tarik utama. Menurut kami, film ini sangat layak ditonton, apalagi jika anda termasuk generasi 80-an yang tahu banyak tentang film action era itu.

Film ini tersedia di youtube. Jadi, anda tidak perlu repot – repot mencarinya.

 

9. Skin Trade

Tony-Jaa-Michael-Jai-white-Dolph-Lundgren-skin-trade

Imdb Rating : 5.7 / 10

Durasi : 1 Jam 36 Menit

Sutradara : Ekachai Uekrongtham

Pemeran : Dolph Lundgren, Tony Jaa, Ron Perlman

Sinopsis Film Skin Trade :

Nick, polisi tangguh New York, bersitegang dan mengganggu kelancaran bisnis mafia Rusia pelaku perdagangan manusia. Tidak senang, mafia ini pun membunuh keluarga Nick. Bertekad membalas dendam, Nick mengikuti sang bos mafia ke Bangkok, pusat aktifitas bisnis haram mereka. Di Bangkok, Nick bekerja sama dengan detektif setempat. Berdua, mereka memutuskan menghancurkan organisasi dan bisnis mafia Rusia seluruhnya.

Pendapat Kami :

Tony-Jaa-berlaga-dalam-skin-trade

Tony Jaa kembali berlaga dalam film ‘berbahasa inggris’ berjudul Skin Trade, bersanding dengan aktor kawakan Dolph Lundgren dan Michael Jai White. Memadukan adegan aksi intens dengan masalah nyata perdagangan manusia, Skin Trade tidak hanya menampilkan adegan laga ciamik, tapi juga berhasil meningkatkan kesadaran kita akan masalah serius ‘jual-beli’ manusia.

Duel Tony Jaa dengan Michael Jai White dalam film ini akan membuat anda berdecak kagum. Bagaimana tidak, Michael dengan santainya menangkis beberapa tendangan dan pukulan powerful Tony. Kami tidak akan menjelaskan adegan keren ini lebih jauh. Silahkan anda tonton sendiri.

 

8. Close Range

Close-Range-movie

Imdb Rating : 4.9 / 10

Durasi : 1 Jam 20 Menit

Sutradara : Isaac Florentine

Pemeran : Scott Adkins, Nick Chinlund, Caitlin Keats

Sinopsis Film Close Range :

Seorang mantan tentara, yang menjadi buronan, terlibat dalam pertarungan brutal dengan sheriff yang korup, anak buahnya, dan pengedar narkoba berbahaya, demi melindungi saudara perempuan dan anak perempuan saudaranya tersebut.

Pendapat Kami :

close-range-scott-adkins

Scott Adkins kembali berkolaborasi dengan Isaac Florentine untuk yang ketujuh kalinya dalam film ‘Close Range’. Sebagai salah satu sutradara action terbaik saat ini, Isaac menonjolkan kesan minimalis dalam film ini. Di lain pihak, Scott berusaha mengadaptasi berbagai tekniknya agar bisa beraksi dalam berbagai tempat sempit dan pertarungan ‘jarak dekat’ (Close Range).

Salah satu highlight dalam film ini adalah adegan laga pembuka yang memperlihatkan karakter yang diperankan Scott menerobos masuk ke dalam kediaman seorang mafia guna menyelamatkan keponakan perempuannya. Adegan yang direkam secara terus menerus tanpa cut ini ditata dengan sangat bagus, baik dari segi choreography ataupun cinematography.

 

7. Creed

Creed-Movie-poster

Imdb Rating : 7.7 / 10

Durasi : 2 Jam 13 Menit

Sutradara : Ryan Coogler

Pemeran : Michael B. Jordan, Sylvester Stallone, Tessa Thompson

Sinopsis Film Creed :

Adonis Johnson adalah anak juara tinju terkenal, Apollo Creed, yang meninggal pada pertandingan tinju dalam film Rocky IV (1985). Adonis lahir setelah ayahnya meninggal. Ingin mengikuti jejak sang ayah sebagai petinju professional, Ia meminta bimbingan Rocky Balboa, mantan juara tinju kelas berat yang juga teman ayahnya. Rocky pun akhirnya setuju melatih anak temannya tersebut. Di bawah bimbingan Rocky, Adonis berlatih keras untuk menjadi petinju hebat seperti ayahnya.

Pendapat Kami :

Adegan-Creed

Rocky is back !!! Walaupun tidak kembali berperan sebagai petinju, Rocky tidak kalah karismatik ketika menjadi seorang trainer. Sempat diragukan kualitasnya dan dianggap hanya akan menjadi proyek ‘ego’ Sylvester Stallone, film ini membungkam mulut para haters dengan tinjunya.

Bukan hanya itu, film ini dengan cerdas membuka peluang untuk franchise baru tentang petinju bernama Donnie, anak Apollo Creed yang notabenenya adalah sahabat sekaligus rival Rocky.

Dalam film ini, anda akan menyaksikan salah satu adegan tinju terbaik. Contohnya, adegan pertandingan tinju pro pertama Donnie, yang direkam secara terus menerus tanpa cut, wow !!

Setelah film ini, kami tertarik melihat perjalanan karir tinju Donnie, yang tentunya akan dilatih Rocky.

 

6. Brothers

Brothers-movie

Imdb Rating : 6.7 / 10

Durasi : 2 Jam 36 Menit

Sutradara : Karan Malhotra

Pemeran : Akshay Kumar, Jackie Shroff, Sidharth Malhotra

Sinopsis Film Brothers :

Dua saudara kandung ahli bela diri jalanan yang tak lagi dekat, memutuskan untuk menyelesaikan masalah mereka di dalam ring turnamen bela diri campuran (MMA Tournament).

Pendapat Kami :

brothers-fight

Jika anda pernah menonton film ‘Warrior’ yang rilis tahun 2011 lalu, kemungkinan akan merasa deja vu ketika menonton film ‘Brothers’. Ya, Brothers adalah remake film Warrior.

Brothers adalah film Bollywood yang dibintangi Akshay Kumar, alias Jean-Claude Van Damme-nya India, dan Sidharth Malhotra.

Sebagai sebuah film remake, film ini lebih dari mampu mengimbangi kualitas film aslinya sekaligus menyajikan kelebihan dan gayanya sendiri. Brothers merupakan film bela diri dengan adegan laga spektakuler lengkap dengan soundtrack menggeloranya.

 

5. One Million K(l)icks

OneMillion

Imdb Rating : 8.0 / 10

Durasi : 1 Jam 38 Menit

Sutradara : Alex Padrutt, Oliver Juhrs

Pemeran : Martin Baden, Michael Bornhütter, Anna Brandstetter

Sinopsis Film One Million K(l)icks :

Seorang petarung berhati emas mendapati dirinya tertarik dengan turnamen bela diri bawah tanah yang disiarkan di Internet.

Pendapat Kami :

Adegan-one-million-kicks

Pernah membayangkan bagaimana jika manusia bisa bergerak seperti karakter ‘Street Fighter’ ? Kabar baiknya, anda sama sekali tidak perlu membayangkannya, karena Mike Moeller sudah melakukannya dalam film ‘One Million K(l)icks’.

Dalam film ini, anda akan melihat sang tokoh utama melanggar berbagai hukum fisika dengan melakukan berbagai gerakan yang mungkin hanya anda lihat dalam video game.

Jerman memang bukan negara yang terkenal dengan film bela dirinya, namun dengan dirilisnya film ini, hal itu bisa saja berubah.

 

4. Unlucky Stars

Unlucky-Stars-Poster

Imdb Rating : 6.3 / 10

Durasi : 1 Jam 40 Menit

Sutradara : Dennis Ruel

Pemeran : Dennis Ruel, Ken Quitugua, Sari Sabella

Sinopsis Film Unlucky Stars :

Ketika bintang film action Peru dan aktor pendatang baru Jordan dikejar – kejar bandar jahat, sepasang penyelidik swasta harus memilih antara pekerjaan atau rasa kemanusiaan mereka.

Pendapat Kami :

adegan-unlucky-stars

Apa jadinya jika sekelompok stunt (aktor pengganti adegan berbahaya) berkumpul dan membuat sebuah film ? Mereka kemungkinan akan membuat film ‘Unlucky Stars’, sebuah film yang penuh dengan adegan laga mengagumkan dan berbagai aksi berbahaya yang dilakukan aktornya sendiri.

Unlucky Stars adalah ‘surat cinta’ untuk film laga hongkong tahun 80-an. Dan layaknya film – film pada era tersebut, film ini punya adegan laga yang berimbang, unsur komedi pengocok perut, serta adegan stunt menarik.

Untuk ceritanya sendiri, unlucky Stars menampilkan berbagai potongan kisah yang awalnya terlihat tak berhubungan, menjadi satu kisah besar pada akhir film.

 

3. Redeemer

redeemer-movie

Imdb Rating : 5.4 / 10

Durasi : 1 Jam 28 Menit

Sutradara : Ernesto Díaz Espinoza

Pemeran : Marko Zaror, José Luís Mósca, Loreto Aravena

Sinopsis Film Redeemer :

Mantan pembunuh bayaran mafia pengedar narkoba memutuskan menjadi vigilante (pembasmi kejahatan) demi menebus dosanya.

Pendapat Kami :

redeemer-scott-adkins

Seseorang dengan masa lalu yang brutal dan kelam memutuskan menjadi penegak keadilan dalam film ‘Redeemer’. Film ini adalah kolaborasi keempat dan yang terbaik, antara Ernesto Diaz Espinoza dan bintang laga asal chili, Marko Zaror. Adegan laga dalam Redeemer tergolong ‘sadis’, namun tetap patut ditonton karena kualitasnya yang apik.

Setiap adegan laga dalam film ini selalu lebih baik dari adegan sebelumnya, yang tentunya membuat kami tak henti – hentinya berdecak kagum.

 

2. Ip Man 3

Ip-Man-3-movie

Imdb Rating : 7.3 / 10

Durasi : 1 Jam 45 Menit

Sutradara : Wilson Yip

Pemeran : Donnie Yen, Lynn Hung, Jin Zhang

Sinopsis Film Ip Man 3 :

Ketika sekelompok gangster brutal yang dipimpin pengusaha property licik berusaha mengambil alih kota, master Yip terpaksa turun tangan.

Pendapat Kami :

Adegan-ip-man-3_

Kami sempat berpikir kehadiran Mike Tyson adalah pertanda akan hadirnya pertarungan hebat antara legenda tinju tersebut dengan Donnie Yen dalam film Ip Man 3. Ternyata, Mike Tyson hanya menjadi cameo. Meskipun begitu, kita tetap berkesempatan menyaksikan Donnie Yen menahan pukulan – pukulan keras Mike Tyson, walaupun tidak seintens yang diharapkan.

Yang justru menjadi highlight dalam film Ip Man 3 adalah pertarungan terakhir antara Yip Man (Donnie Yen) dan Cheung Tin-chi (Jin Zhang). Untuk pertama kalinya, kita melihat master Yip mendapat lawan sepadan, yang juga merupakan ahli wing chun.

 

1. SPL 2: A Time For Consequences

SPL-2-movie

Imdb Rating : 6.8 / 10

Durasi : 2 Jam

Sutradara : Pou-Soi Cheang

Pemeran : Tony Jaa, Jing Wu, Simon Yam

Sinopsis Film SPL 2: A Time For Consequences :

Seorang polisi hongkong, Kit ( Wu Jing), menyamar guna menangkap Mr. Hung (Louis Koo), dalang sebuah sindikat kejahatan.

Pendapat Kami :

Adegan-SPL-2

Meskipun judulnya mengesankan sebuah sequel, film ‘SPL 2: A Time For Consequenses’ sama sekali tidak melanjutkan kisah film pertamanya. Penggunaan nama SPL sepertinya hanya aksi ‘numpang tenar’- memanfaatkan kepopuleran film pendahulunya. Padahal, film ini tidak buruk. Adegan laganya (yang memang menjadi highlight film SPL 1 & 2) tidak kalah bagus dengan film SPL 1.

Sebagian besar aktor yang bermain dalam film pertamanya, terutama Donnie Yen dan Sammo Hung, tidak muncul dalam SPL 2.

Wu Jing adalah salah satu aktor film sebelumnya yang kembali hadir dalam film ini. Menariknya, jika sebelumnya Wu Jing menjadi karakter antagonist, dalam film ini, ia adalah salah satu tokoh utama berduet dengan Tony Jaa.

Kualitas adegan laga dalam film ini tidak perlu diragukan, benar – benar keren. Efek ‘The Raid’ cukup terasa dalam beberapa bagian, dan itu tidaklah buruk. Pertarungan terakhir Wu Jing dan Tony Jaa melawan Jin Zhang merupakan sajian ‘lezat’ bagi para penikmat film bela diri di luar sana.

No comments:

Post a Comment