Monday, August 29, 2016

Asal-Usul dan Kekuatan Kid Flash (Wally West)

Siapa-sebenarnya-Kid-Flash-Wally-West-DC

Kid Flash ( Wally West ) adalah keponakan Irish West, pacar Barry Allen, yang mendapatkan kecepatan super setelah mengalami kejadian yang sama persis seperti Barry. Ia dan Flash akhirnya memutuskan bekerja sama : meringkus para penjahat di Central City. Wally awalnya mendapat kostum yang sama dengan Flash, namun belakangan berubah menjadi dominan warna kuning. Dalam artikel ini, kami akan mengulas siapa Kid Flash, serta berbagai kekuatan super yang ia miliki.

Asal-Usul Kid Flash (Wally West) Dalam Komik

Cerita-tentang-Kid-Flash

Wallace Rudolph “Wally” West adalah anak pasangan Rudolph dan Marry West. Ia dan orang tuanya tinggal di Blue Valley, Nebraska. Sejak kecil, Wally bermimpi bisa menjadi seperti idolanya, Flash. Ia adalah ketua sekaligus satu-satunya anggota Blue Valley Flash Fan Club.

Orang tua Wally merasa obsesi sang anak terhadap sosok Flash tidak baik bagi masa depannya. Keduanya berusaha menasehati Wally agar mencari mimpi yang lebih realistis. Beberapa cara dilakukan demi mengalihkan perhatian Wally dari mimpinya, seperti ajakan bekerja di tempat sang ayah, namun Wally semakin lama semakin frustasi karena merasa kedua orang tuanya tidak percaya akan kemampuannya.

Suatu hari, saat musim panas, Irish mengajak Wally tinggal bersamanya di Central City selama beberapa hari. Irish adalah saudara perempuan ayahnya, dan salah satu anggota keluaraga yang paling dekat dengan Wally. Tentu saja Wally tidak menyianyiakan kesempatan ini: datang ke kota besar tempat tinggal Flash.

 

Artikel Terkait :

*) Asal-Usul dan Kekuatan Savitar

*) Asal-Usul dan Kekuatan Doctor Alchemy

*) Asal-Usul dan Kekuatan Jesse Quick

 

Di Central City, Wally berkenalan dengan pacar Irish, Barry Allen, yang awalnya ia anggap agak membosankan sampai akhirnya Barry menawarkan kesempatan untuk bertemu Flash. Mendapat tawaran bertemu sang idola, Wally senang bukan kepalang.

Barry menggunakan trik super-speed sederhana untuk menggandakan dirinya, dan memberikan kejutan terbesar dalam hidup Wally. Mereka berdua, yang saat itu sedang berada di Lab Barry, berbincang-bincang mengenai banyak hal, termasuk bagaimana Flash mendapatkan kekuatannya.

Flash bercerita bahwa ia mendapatkan kecepatan supernya setelah terkena cairan kimia yang tersambar petir di lab tempat mereka berada sekarang. Mendengar cerita ini, Wally berharap hal yang sama bisa terjadi padanya, namun Flash berkata bahwa keinginan Wally kemungkinan besar tidak akan terwujud.

Tiba-tiba, sesuatu yang tidak pernah dibayangkan Flash terjadi, petir menyambar rak cairan kimia yang kemudian mengenai tubuh Wally. Kejadiannya sama persis seperti yang terjadi pada Flash. Efeknya pun sama, Wally mendapat kecepatan super.

Flash menyuruh Wally merahasiakan apa yang telah terjadi padanya, bahkan dari Irish. Flash lalu memberikan kostum cadangan milknya kepada Wally dan mengajarkan keponakan pacarnya itu bagaimana menggunakan kekuatan barunya dengan benar. Berbekal kostum Flash dan kecepatan super, Wally pun menjadi Kid Flash dan memulai aksinya sebagai pembasmi kejahatan.

Beberapa lama kemudian, Flash akhirnya memberitahu Wally tentang identitas rahasianya, yang tidak lain adalah Barry Allen. Wally terkejut dan tidak menyangka bahwa orang yang selama ini ia anggap membosankan ternyata adalah idolanya.

Singkat cerita, Wally pun menjadi superhero pendamping Flash, ia membantu idolanya meringkus para penjahat di Central City. Awalnya, Wally menggunakan kostum yang sama dengan Flash, namun akhirnya dirubah dalam komik The Flash #135, kostumnya menjadi dominan warna kuning.

Selain Flash, Wally West juga berinteraksi dengan karakter lain, seperti Dick Grayson alias Robin alias Nightwing, bahkan ia adalah salah satu anggota awal grup superhero muda Teen Titans.

Berbeda dengan Barry Allen, Wally mendapat kekuatan supernya ketika masih remaja, hal ini ternyata mempunyai efek negatif yang awalnya tidak terasa. Beberapa lama setelah mendapatkan kekuatan super, Wally mulai merasakan keanehan pada tubuhnya. Semakin sering ia gunakan kekuatannya, semakin cepat kondisi tubuhnya memburuk. Tumbuh dewasa, penyakit misterius ini semakin menjadi-jadi, bahkan sempat membuat Wally berhenti menjadi Kid Flash untuk sementara.

Latar Belakang Penciptaan Karakter Kid Flash (Wally West)

Sejarah-Kid-Flash

Karakter Kid Flash diciptakan oleh John Broome dan Carmine Infantino, sebagai rekan / partner junior superhero Flash. Nama Kid Flash sendiri digunakan lebih dari satu orang dalam komik DC. Orang pertama yang menggunakan nama Kid Flash adalah Wally West, ia melakukan debutnya dalam komik The Flash (vol. 1) #110 tahun 1959. Wally, bersama beberapa superhero muda lainnya, seperti Wonder Girl, Aqualad, dan Speedy, diciptakan sebagai respon dari kesuksesan karakter Robin, yang sudah lebih dulu berperan sebagai pendamping Superhero senior. Dalam perjalanannya, para superhero muda ini diceritakan berkumpul dan membentuk tim mereka sendiri, Teen Titans.

Sebagai Kid Flash, Wally West secara rutin tampil di komik The Flash dan komik DC lain dari tahun 1959 hingga pertengahan tahun 1980-an, sebelum akhirnya diceritakan menjadi Flash yang baru.

Kekuatan dan Kemampuan Kid Flash (Wally West)

kekuatan-Kid-Flash

Kecepatan Super – Sejauh ini, Wally bisa mencapai batas kecepatan yang ia anggap mungkin. Wally alias Kid Flash adalah salah satu manusia tercepat di dunia. Secara teori, orang yang bergerak lebih cepat dari Mach 10, bisa membahayakan dirinya dan lingkungan sekitar.

Jika mau dibayangkan, kecepatan di atas Mach 10 sama dengan kira-kira 2 mil per detik, yang memungkinkan seseorang melewati keseluruhan negara Amerika hanya dalam 23 menit, dan mengelilingi Bumi dalam 3 jam.

Namun, kerusakan akibat kecepatan tinggi ini tidak terjadi, berkat aura Speed Force, inilah mengapa Kid flash mampu berlari jauh melebihi kecepatan cahaya tanpa menimbulkan efek buruk sedikit pun.

Kecepatan Wally West memang luar biasa. Ia bisa berlari di atas air atau di tembok gedung secara vertikal. Ia bisa bergerak lebih cepat dari kecepatan berpikir. Ia bisa mengamati ekspresi wajah 500 ribu orang hanya dalam waktu satu picodetik (1 picodetik = sepertriliun detik). Kid Flash bisa dengan mudah menyelamatkan dan membawa lebih dari setengah juta orang sejauh 35 mil dari bom nuklir yang sudah meledak, termasuk orang yang berada di titik ledakan, dalam wktu 100 picodetik. Ia bisa dengan mudah bergerak 500 kali lebih cepat dari kecepatan cahaya, ini berarti ia dapat berada di mana saja, hampir secara bersamaan, kapan saja.

Hubungan Kuat Dengan Speed Force – Layaknya para Speedster, Wally juga mendapatkan kekuatannya dari Speed Force. Bedanya, ia langsung terhubung dengan Speed Force dan hubungannya tak bisa diputus. Hal ini menjadikannya salah satu Speedster tercepat, mampu bergerak lebih cepat dari cahaya dan keluar-masuk Speed Force kapanpun ia mau.

Penuaan Melambat – Berkat hubungan dengan Speed Force, Kid Flash dan para Speedster lain tidak cepat tua alias awet muda. Selain itu, orang-orang terdekat mereka, seperti istri atau kekasih, juga mengalami hal yang sama.

Menciptakan Sesuatu Dari Energi – Ketika Wally berkonsentrasi, ia bisa menggunakan energi dari Speed Force untuk menciptakan benda atau objek solid. Ia pertama kali mencobanya ketika membuat semacam armor untuk berlari ketika kakinya patah. Selain itu, ia juga pernah membuat kantong di kostumnya untuk menyimpan sesuatu dan tembok untuk melindungi suatu tempat.

Berbagi Kekuatan – Kid Flash diketahui mempu meminjamkan kecepatannya kepada orang atau objek lain.

Mencuri Kecepatan – Selain memberikan kecepatan, ternyata Kid Flash juga mampu melakukan yang sebaliknya : mencuri kecepatan atau momentum dari orang atau objek lain. Ia bahkan mampu mencuri kecepatan Superman atau superhero lain dan membuat mereka menjadi patung hidup, karena kehilangan kecepatan. Selain itu, ia juga mampu mencuri kecepatan dari peluru atau benda-benda bergerak. Ketika berhadapan dengan New Zoom, Kid Flash meminjam kecepatan dari beberapa Speedster, seperti Bart Allen, Jessie Quick, dan Jay Garrick.

Aura / Perisai Speed Force – Tubuh Wally dilindungi oleh semacam aura, yang ia sebut “Speed Force Aura”. Aura ini melindungi dirinya dan orang-orang yang bergerak bersamanya dari efek berbahaya kecepatan tinggi. Aura ini juga melindungi Wally dari dampak buruk serangan fisik yang ia berikan atau terima.

Petir Dari Speed Force – Berkat hubungan kuat dengan Speed Force, Kid Flash bisa menghasilkan energi Speed Force dari tubuhnya dalam bentuk kejutan listrik atau petir. Ia pernah terlihat mengeluarkan kilat dari tangannya.

Stamina Tinggi – Wally memiliki stamina yang sangat tinggi. Ia mampu berlari selama 10 hari non-stop tanpa merasa kelelahan.

Ketahanan Tinggi – Kid Flash diketahui bisa bertahan di lingkungan keras tanpa kesulitan sama sekali. Dalam kasus tertentu, ia juga bisa mendapat energi dari simpanan energi tak terbatas Speed Force.

Massa Tinju Tak Terbatas – Bergerak mendekati kecepatan cahaya mempengaruhi massa tubuh Kid Flash. Hal ini juga berimbas pada massa tinjunya yang jadi tak terhingga. Dengan tinju ini, ia bisa membuat Martian Manhunter tak sadarkan diri, dan membuat Superman terlempar dari gunung Rushmore ke negara Afrika.

Perjalanan Waktu dan Dimensi – Wally beberapa kali terlihat melakukan perjalanan waktu dan dimensi. Hebatnya, tidak seperti kebanyakan Speedster, ia bisa melakukannya dengan mudah dan hanya berbekal kekuatannya sendiri. Tak hanya itu, kecepatan Wally membuatnya mampu mendekati dimensi Speed Force, bahkan beberapa kali memasukinya. Untuk bisa melakukan semua ini, ia harus bergerak melebihi kecepatan cahaya, sesuatu yang mudah buat Wally.

Regenerasi Sel Super Cepat – Dengan mempercepat penyembuhan sambil mengakses energi dari Speed Force, Wally bisa sembuh dari luka apapun dalam sekejap.

Menembus Benda Padat – Kid Flash mampu mengendalikan kecepatan, momentum, dan interaksi molekul-molekul dalam tubuhnya. Kemampuan unik ini memungkinkannya menembus benda padat. Selain itu, Tubuhnya juga bisa bergetar sangat cepat hingga cahaya pun tidak memantul darinya, yang mana membuatnya tak terlihat.

Terbang – Dengan berputar layaknya baling-baling helikopter, Wally bisa terbang, meski dengan manuver yang agak terbatas. Namun, ia jarang memanfaatkan kemampuannya ini, karena lebih suka berlari.

Persepsi Waktu – Kid Flash mempunyai kemampuan memanipulasi persepsinya sendiri terhadap waktu. Jika ia mau, ia bisa melihat setiap detiknya berjalan selama jutaan tahun, bahkan membuat alam semesta seperti tidak berjalan sama sekali. Semakin lambat persepsinya terhadap waktu, semakin cepat tubuhnya bergerak melintasi waktu dan dimensi.

Aktifitas Otak Super Cepat – Selain mampu bergerak sangat cepat, ternyata, Otak Wally juga dapat bekerja dengan kecepatan tinggi. Perhitungan rumit dapat ia selesaikan dalam sekejap. Selain itu, ia mampu membangun generator dalam hitungan menit, bahkan mencari benda sekecil penjepit kertas di area luas dalam waktu singkat. Wally juga mampu membaca dan belajar dengan sangat cepat, namun jarang ia lakukan. Lain halnya dengan Jay Garrick yang memanfaatkan kelebihan ini untuk menguasai berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Menciptakan Vortex – Dengan berlari berputar dalam kecepatan tertentu, Kid Flash bisa menciptakan semacam vortek (pusaran udara) yang memiliki berbagai efek. Salah satunya adalah menghisap oksigen sehingga membuat musuhnya kehabisan nafas. Efek lain termasuk membuat orang atau objek yang berada di tengah vortex melayang, atau mengirimnya ke dimensi lain.

Selain dengan berlari, Kid Flash juga mampu menciptakan vortex dengan tangannya. Vortex yang dihasilkan dari gerakan tangannya mampu menghancurkan benda padat, atau mengurangi kecepatan orang atau objek yang terjatuh dari tempat tinggi.

Bela Diri Tangan Kosong (Tingkat Lanjut) – Wally menguasai beberapa teknik bela diri.

Menguasai Hal-Hal Mekanis – Wally bisa dengan cepat memahami cara kerja alat-alat mekanis, dan dengan mudah membayangkan skemanya.

No comments:

Post a Comment