Wednesday, August 31, 2016

Asal-Usul dan Kekuatan Savitar

Siapa-Savitar-Sebenarnya

Savitar adalah Speedster yang sangat terobsesi dengan kecepatan dan Speed Force. Ia mendapatkan kekuatannya setelah tersambar petir ketika sedang menerbangkan jet supersonic. Obsesinya terhadap kekuatan dan kecepatan memicu konflik antara Savitar dan Speedster lain. Ia memiliki pengikut yang memuja dirinya bak dewa. Nama Savitar sendiri diambil dari nama dewa kecepatan dalam agama hindu. Dalam artikel ini, kami akan membahas siapa Savitar dan berbagai kekuatan super yang ia miliki.

Asal-Usul Savitar Dalam Komik

Kisah-tentang-Savitar

Savitar adalah penjahat super ciptaan Mark Waid dan Oscar Jimenez. Karakter ini muncul pertama kali dalam komik Flash volume 2, #108, Desember 1995.

Sebelum mendapatkan kekuatannya, Savitar adalah seorang pilot jet tempur dari negara blok timur pada masa perang dingin. Selain info di atas, tidak ada keterangan lagi tentang diri Savitar, baik nama asli atau daerah asalnya.

Ketika sedang melakukan percobaan kecepatan maksimal jet tempur, ia disambar petir dan akhirnya terjatuh di daerah musuh. Di luar dugaan, kejadian yang menimpanya membuat sang pilot bisa bergerak sangat cepat dan mengalahkan musuh-musuhnya dengan mudah. Percaya bahwa kekuatan yang ia dapatkan adalah anugerah tuhan, sang pilot mengganti namanya menjadi Savitar, diambil dari nama dewa kecepatan agama hindu, Savitr.

Lama-kelamaan, Savitar semakin terobsesi dengan kecepatan dan terus berusaha menggali lebih banyak informasi tentang kekuatannya itu. Ia menemukan beberapa kekuatan baru yang tidak dimiliki Speedster lain. Ia bisa melindungi dirinya dalam “null-Inertia Force Field”, memberikan kecepatan atau energi kinetik kepada orang atau benda lain, dan menyembuhkan lukanya dalam sekejap.

 

Artikel Terkait :

*) Asal-Usul dan Kekuatan Kid Flash (Wally West)

*) Asal-Usul dan Kekuatan Doctor Alchemy

*) Asal-Usul dan Kekuatan Jesse Quick

 

Obsesi Savitar akan kecepatan tidak hanya memberikannya kekuatan baru, namun juga pengikut yang memujanya bak dewa.

Belum puas dengan kekuatan yang sudah ia miliki, Savitar mencari satu-satunya Speedster yang beroperasi pada masanya: Johnny Quick. Pertemuan mereka dengan cepat berubah menjadi pertempuran. Kedatangan Max Mercury merubah keadaan. Bersama Johnny Quick, ia berhasil mengalahkan Savitar dan mengirimnya ke dalam Speed Force.

Savitar yang masuk ke dalam Speed Force terpental beberapa dekade ke masa depan, sampai akhirnya muncul di zaman modern.

Di masa depan, Savitar menemukan para pengikutnya telah berkembang pesat dan menamai diri mereka “Thunderbolt Agents”. Ia kemudian mendirikan markas di Tibet dan merekrut seorang Speedster bernama Lady Flash. Savitar menggunakan Lady Flash sebagai pemutus hubungan para Speedster lain dengan Speed Force, dan mentransfer kecepatan mereka kepada para anggota Thunderbolt Agents. Savitar lalu mengirim para pengikutnya tersebut untuk menghabisi para Speedster, seperti Wally West, Impulse, Jay Garrick, Johnny Quick, Jesse Quick, XS, dan Max Mercury.

Untungnya, Savitar tidak bisa mencuri kecepatan Wally West karena ia terhubung langsung dengan Speed Force. Tidak hanya itu, rencana Savitar akhirnya berantakan setelah semua Speedster yang ia incar bekerja sama menentangnya.

Merasa jengkel, Savitar mangamuk. Ia bertekad setidaknya bisa menghancurkan dunia Flash, meski rencananya tidak berhasil.

Sadar apa yang dilakukan Savitar bisa merugikan banyak orang, Wally dan Flash akhirnya memutuskan untuk mengikuti keinginan Savitar: membantunya bersatu dengan Speed Force. Kembalinya Savitar ke dimensi Speed Force, membuatnya terperangkap di sana untuk waktu yang lama.

Kekuatan dan Kemampuan Savitar

Kekuatan-Savitar

Setelah disambar petir ketika menerbangkan jet tempur, Savitar mampu mengakses energi dari Speed Force. Ia memiliki kekuatan super yang hampir sama dengan para Speedster lain. Berikut daftar kemampuan dan kekuatan Savitar :

Kecepatan Super - Dampak utama dari hubungan Savitar dengan Speed Force adalah ia mampu bergerak dalam kecepatan tinggi.

Terhubung Dengan Speed Force – Layaknya Speedster lain, Savitar terhubung dan terikat dengan Speed Force.

Cepat Sembuh Dari Luka – Berkat hubungan dengan Speed Force, tubuh Savitar bisa sembuh dari luka lebih cepat.

Peningkatan Persepsi – Speed Force meningkatkan persepsi Savitar terhadap dunia dan waktu. Semakin cepat tubuhnya bergerak melalui ruang dan waktu, semakin lambat waktu berjalan baginya.

Menembus Benda Padat – Savitar bisa menggetarkan molekul-molekul dalam tubuhya sedemikian rupa hingga memungkinkannya menembus benda padat.

Aura Speed Force – Tubuh Savitar dilindungi oleh semacam perisai energi atau biasa disebut “Speed Force Aura”. Aura inilah yang melindungi dirinya dan orang atau objek yang ia bawa dari dampak buruk kecepatan tinggi, seperti gesekan dengan udara.

Ketahanan Tinggi – Berkat Speed Force Aura, tubuh Savitar terlindungi dari serangan fisik atau energi. Hal ini juga membuat tubuhnya memiliki ketahanan yang lebih tinggi dari manusia biasa.

Stamina Tinggi – Meski masih terbatas, hubungan dengan Speed Force, membuat Savitar memiliki stamina yang jauh melebihi manusia normal.

Menciptakan Vortex – Dengan berlari berkeliling dalam kecepatan tertentu, Savitar dapat menciptakan vortex atau pusaran udara yang memiliki banyak fungsi. Salah satunya adalah membuat musuhnya kehabisan oksigen.

Menyerap Speed Force – Savitar bisa menyerap Speed Force dan mencegah orang lain mengaksesnya.

Electrokinesis – Savitar mampu menghasilkan energi listrik Speed Force dari tubuhnya, terutama ketika bergerak dalam kecepatan tinggi.

Distribusi Kekuatan – Savitar bisa memberikan kekuatannya kepada orang atau objek lain. Ia pernah melakukannya ketika memberi kecepatan kepada para pengikutnya.

Pemimpin Yang Berkarisma – Savitar adalah seorang pemimpin yang disegani dan dikagumi para pengikutnya.

No comments:

Post a Comment