Tuesday, September 6, 2016

Asal-Usul dan Kekuatan Jesse Quick

siapa-Jesse-Quick

Jesse Quick adalah anak pasangan superhero masa golden age, Johnny Quick dan Liberty Belle. Ia mewarisi kekuatan super kedua orang tuanya. Jesse mengakses energi dari Speed Force dengan mengucapkan semacam mantra / formula milik ayahnya. Sempat menjadi anggota Justice Society of America dan Titans, saat ini Jesse adalah anggota Justice League of America. Dalam artikel ini, kami akan mengulas siapa Jesse Quick sebenarnya dan berbagai kekuatan super yang ia miliki.

Asal-Usul Jesse Quick Dalam Komik

cerita-tentang-Jesse-Quick

Jesse Chambers lahir di Queens, New York. Ia adalah anak pasangan superhero masa golden age, Johnny Quick dan Liberty Belle.

Johnny Quick mengajarkan Jesse formula untuk memperoleh energi dari Speed Force, yaitu 3x2(9yz)4a, dengan harapan suatu saat sang anak akan mengikuti jejaknya menjadi superhero. Tetapi, Jesse lebih memilih mempelajari sejarah superhero di masa lalu, daripada menjadi seorang superhero.

Ketika Jesse sedang belajar di Gotham University, Justice Society of America (JSA), tim superhero yang pernah dikuti ayahnya, muncul kembali setelah menghilang cukup lama. Ia pun merubah judul tesisnya menjadi “The Impact of Superheroes on Society” (yang kurang lebih artinya : dampak keberadaan para superhero bagi masyarakat), serta mulai mengikuti dan mencatat petualangan para superhero ini.

Ketika ayahnya menyuruh Jesse mengantar beberapa dokumen ke markas JSA, ia terpaksa harus membantu tim yang sedang dalam masalah dengan menjadi Jesse Quick, memanfaatkan formula yang diajarkan ayahnya. Dengan ini, Jesse telah mengabulkan keinginan sang ayah yang ingin melihatnya menjadi seorang superhero.

 

Artikel Terkait :

*) Asal-Usul dan Kekuatan Kid Flash (Wally West)

*) Asal-Usul dan Kekuatan Savitar

*) Asal-Usul dan Kekuatan Doctor Alchemy

 

Suatu hari, Wally West dan Max Mercury meminta bantuan Jesse untuk mengajari Bart Allen menggunakan super-speed. Wally, yang khawatir mungkin tidak kembali dengan selamat dari Speed Force, meminta Jesse menggantikannya sebagai Flash jika hal itu terjadi. Namun, Jesse menyadari bahwa permintaan Wally tersebut hanya kedok untuk memprovokasi Bart Allen agar lebih serius. Sebenarnya, Wally ingin Bart yang mengambil alih tugasnya sebagai Flash. Jesse agak tersinggung karena merasa dimanfaatkan oleh Wally.

Ketika Wally mencoba menyelamatkan Linda Park dari serangan laser Kobra, Jesse berhasil menyelamatkan Wally, namun tidak mampu meyelamatkan dirinya sendiri. Serangan laser tersebut hampir membuat kakinya putus. Ia berusaha mematobolisme lukanya dengan kecepatan tinggi tapi tak berhasil. Untungnya, Wally bisa menyembuhkan luka Jesse sekembalinya dari Speed Force.

Meski berjasa menyembuhkan kakinya, Jesse masih meyimpan dendam terhadap Wally karena telah memanfaatkannya.

Beberapa lama kemudian, saat Jesse kehilangan kecepatannya, orang pertama yang ia salahkan adalah Wally. Jesse curiga, hilangnya kontak antara dirinya dan Speed Force disebabkan karena Wally mengakses energi Speed Force secara langsung, sesuatu yang tidak dilakukan oleh Speedster lain.

Ternyata, dugaan Jesse selama ini salah. Savitar lah yang menjadi penyebabnya, ia tidak hanya memutus hubungan Jesse dengan Speed Force, tapi juga Speedster-Speedster lain.

Guna mengalahkan Savitar, Wally memberikan Jesse kekuatan sementara. Mereka berdua datang ke markas sang Speedster jahat, di mana Jesse akhirnya berhasil mendapatkan kekuatannya kembali.

Ketika sedang bertarung sengit dengan Savitar, Johnny Quick mengorbankan diri untuk melindungi anak perempuannya. Ayah Jesse meninggal dan bersatu dengan Speed Force. Meski Wally akhirnya berhasil mengalahkan Savitar, Jesse harus berduka karena kehilangan ayahnya.

Menyusul kematian sang ayah, Jesse mengambil alih kendali perusahaan yang didirikan ayahnya, Quickstart Enterprises.

Sejarah Karakter Jesse Quick

Liberty-Belle-JSA

Pada tahun 1992, komik seri terbatas Armageddon: Inferno kembali menghadirkan Justice Society of America setelah menghilang lama. Tim superhero pertama DC ini kembali dari dimensi Ragnarok, di mana mereka terperangkap sejak tahun 1986. Tidak berselang lama, komik baru Justice Socety of America (vol. 2) pun terbit. Isu pertama dari seri baru ini memperkenalkan karakter Jesse Chambers. Setelah itu, Jesse juga menjadi karakter pendukung dalam komik The Flash (vol. 2). Ia berperan sebagai partner Wally West dan menggunakan nama Jesse Quick.

Pada tahun 1999, Jesse Quick menjadi karakter utama dalam komik seri Titans buah tangan Devin Grayson. Seri ini dihentikan pada tahun 2002 setelah terbit sebanyak 50 isu. Tim Titans sendiri kembali muncul dalam seri terbatas Titans / Young Justice: Graduation Day karya Judd Winick, tapi karakter Jesse Quick tidak lagi menjadi anggota tim superhero muda ini.

Setelah itu, dalam seri JSA karya Geoff Johns dan David Goyer, Jesse menjadi karakter pendukung, berperan sebagai love interest Rick Tyler. Ketika seri ini diterbitkan kembali tahun 2006 dengan nama Justice Society of America (vol. 3), Jesse kembali menjadi salah satu karakter utama, dengan menyandang nama Liberty Belle. Jesse hanya menggunakan nama superhero ibunya hingga seri komik Flash: Rebirth tahun 2009, setelah seri ini, ia menggunakan nama Jesse Quick lagi. Ia meneruskan perannya sebagai salah satu karakter utama dalam seri Justice Society of America sampai akhir tahun 2010. Ia juga hadir dalam seri Justice League of America (vol. 2) yang ditulis oleh James Robinson.

Selain itu, Jesse Quick adalah karakter utama dalam Liberty Belle & Hourman back-up feature dari seri JSA All-Stars. Ditulis oleh Jen Van Meter dan digambar oleh Travis Moore, seri ini bergenre action / romance yang mengisahkan petualangan Jesse dan suaminya, Rick, bertarung melawan pasangan penjahat Tigress dan Icicle. Seri ini tamat dalam JSA All-Stars #10 pada bulan Oktober tahun 2010.

Menjadi Liberty Belle Yang Baru

Liberty-Belle

Sepeninggal ayahnya, Jesse merasa tidak pantas menyandang nama Jesse Quick, dan ketika ia kehilangan kekuatannya akibat perbuatan Zoom, ia mengaku tidak lagi ingin menjadi superhero.

Sebelum ia dan Rick menikah, Jesse mulai berbicara lagi dengan sang ibu. Selama ini, hubungan Jesse dan ibunya, Liberty Belle, memang kurang bagus akibat konflik personal antara mereka. Libby (panggilan Liberty Belle) juga pernah mempertanyakan kenapa Jesse memilih berhenti menjadi superhero.

Johnny Quick merasa Jesse seharusnya bisa menggunakan formula kedua orang tuanya secara bersamaan, namun Libby tidak sependapat. Setelah melepas nama Jesse Quick, Jesse menjadi Liberty Belle yang baru untuk beberapa lama. Dan saat salah satu teman baiknya hendak dibunuh Zoom, ia kembali menggunakan formula ayahnya untuk mendapatkan kecepatannya kembali.

Apa yang diyakini sang ayah selama ini terbukti benar. Jesse bisa menggunakan formula kekuatan Johnny Quick dan Liberty Belle secara bersamaan.

Kekuatan dan Kemampuan Jesse Quick

Kemampuan-Jesse-Quick

Dengan mengucapkan formula ayah dan ibunya, Jesse mendapatkan dua jenis kekuatan sekaligus. Berikut daftar kekuatan dan kemampuan Jesse Quick :

Kekuatan Fisik Super – Jesse Quick memperoleh kekuatan ini dari formula ibunya.

Kecepatan Super - Jesse Quick bisa mengakses Speed Force dengan menggunakan semacam Speed-Formula: 3x2(9YZ)4A. Formula ini bekerja layaknya mantra yang menghubungkan Jesse dengan Speed Force, dan selain dirinya, ada beberapa orang lagi yang bisa menggunakannya. Jesse Quick bisa bergerak dengan kecepatan kira-kira setengah kecepatan cahaya.

Terhubung Dengan Speed Force – Layaknya Speedster lain, Jesse Quick terhubung dan terikat dengan Speed Force.

Cepat Sembuh Dari Luka – Berkat hubungan dengan Speed Force, tubuh Jesse Quick bisa sembuh dari luka lebih cepat.

Peningkatan Persepsi – Speed Force meningkatkan persepsi Jesse Quick terhadap dunia dan waktu. Semakin cepat tubuhnya bergerak melalui ruang dan waktu, semakin lambat waktu berjalan baginya.

Menembus Benda Padat – Jesse Quick bisa menggetarkan molekul-molekul dalam tubuhya sedemikian rupa hingga memungkinkannya menembus benda padat.

Aura Speed Force – Tubuh Jesse Quick dilindungi oleh semacam perisai energi atau biasa disebut “Speed Force Aura”. Aura inilah yang melindungi dirinya dan orang atau objek yang ia bawa dari dampak buruk kecepatan tinggi, seperti gesekan dengan udara.

Ketahanan Tinggi – Berkat Speed Force Aura, tubuh Jesse Quick terlindungi dari serangan fisik atau energi. Hal ini juga membuat tubuhnya memiliki ketahanan yang lebih tinggi dari manusia biasa.

Stamina Tinggi – Meski masih terbatas, hubungan dengan Speed Force, membuat Jesse Quick memiliki stamina yang jauh melebihi manusia normal.

Menciptakan Vortex – Dengan berlari berkeliling dalam kecepatan tertentu, Jesse Quick dapat menciptakan vortex atau pusaran udara yang memiliki banyak fungsi. Salah satunya adalah membuat musuhnya kehabisan oksigen.

Manajemen Bisnis – Jesse Quick memiliki kemampuan manajerial yang cukup baik, berkat pengalamannya mengelola perusahaan sang ayah.

Kemampuan Bela Diri – Jesse memiliki kemampuan bela diri tingkat dasar.

No comments:

Post a Comment