Monday, September 5, 2016

Asal-Usul dan Kekuatan Doctor Alchemy

Siapa-Dr-Alchemy

Doctor Alchemy adalah Albert Desmond, seorang ahli kimia berkepribadian ganda yang melakukan aksi kejahatan bersenjatakan Philosopher’s Stone, sebuah batu ajaib yang bisa merubah wujud benda. Ia adalah anggota “Rogues”, tim penjahat pimpinan Captain Cold yang beranggotakan para musuh Flash. Selain dikenal sebagai Doctor Alchemy, ia juga pernah menggunakan nama Mister Element. Dalam Artikel ini, kami akan mengulas siapa Doctor Alchemy sebenarnya, dan berbagai kekuatan super yang ia miliki.

Asal-Usul Doctor Alchemy Dalam Komik

Cerita-Tentang-Doctor-Alchemy

Karakter Dr. Alchemy diciptakan oleh John Broome dan Carmine Infantino. Karakter ini muncul pertama kali dalam komik Showcase #13 (1958).

Albert Desmond adalah seorang ahli kimia yang menderita gangguan kepribadian ganda. Ia memiliki dua kepribadian yang bertolak belakang. Satu kepribadian adalah orang yang taat hukum, sedangkan kepribadian lain cenderung melakukan tindak kriminal. Memanfaatkan keahliannya di bidang kimia, Albert memulai aksi kejahatannya dengan menggunakan nama “Mister Element”.

Setelah beberapa lama berkarir sebagai Mister Element, Albert akhirnya ditangkap dan dijebloskan ke penjara oleh Flash. Di penjara, ia menemukan sebuah batu yang dikenal dengan nama “Philosopher’s Stone”, yang memiliki kemampuan merubah wujud benda. Albert menggunakan batu temuannya itu untuk melarikan diri dari penjara, kemudian kembali melakukan aksi kejahatan dengan nama baru, “Doctor Alchemy”.

Sebagai Dr. Alchemy, Albert sering berhadapan dengan Flash, yang selalu berhasil menggagalkan rencana jahatnya.

 

Artikel Terkait :

*) Asal-Usul dan Kekuatan Kid Flash (Wally West)

*) Asal-Usul dan Kekuatan Savitar

*) Asal-Usul dan Kekuatan Jesse Quick

 

Suatu hari, sisi baik Albert mengemuka dan mendominasi kepribadian buruk dalam dirinya. Hal ini membuat Albert memutuskan untuk berhenti menjadi penjahat dan kemudian menyembunyikan Philosopher’s Stone. Namun tidak disangka, seseorang yang mengaku sebagai Dr. Alchemy muncul.

Usut punya usut, Dr. Alchemy yang baru ternyata adalah saudara kembar Albert bernama Alvin Desmond, yang memiliki hubungan telepati dengannya. Selang beberapa lama, fakta lain terungkap, bahwa Alvin bukanlah saudara kembar melainkan sosok ciptaan kepribadian jahat Albert dengan menggunakan Philosopher’s Stone. Ketika Alvin menghilang, Albert kembali menjadi Doctor Alchemy dan bergabung dengan Rogues, geng penjahat pimpinan Captain Cold.

Apa itu Philosopher’s Stone ?

Philosopher’s Stone adalah batu yang memiliki kemampuan menyusun ulang properti molekul sebuah elemen. Sederhananya, batu ini bisa merubah wujud sebuah benda / materi menjadi benda / materi lain. Contohnya, batu ajaib ini dapat merubah besi menjadi karet, atau oksigen menjadi karbon monoksida.

Selama berabad-abad, batu ini sudah sering berpindah tangan. Philosopher’s Stone pernah dipegang oleh sang ahli kimia Galio, Zobar Zodiak, Lorelei, sampai akhirnya jatuh ke tangan Albert Desmond.

Dalam komik “Metal Men” vol 3, asal-usul Philosopher’s Stone diungkap. Dalam komik tersebut dikisahkan bahwa batu ini diciptakan oleh seorang penyihir bernama Simon Magnus dari kota Mu, dengan memanfaatkan energi dari dimensi Darkworld.

Kekuatan dan kemampuan Doctor Alchemy

Senjata-Doctor-Alchemy

Albert Desmond tidak memiliki kekuatan super apa-apa. Ia adalah penjahat cerdas yang sangat ahli dalam bidang kimia. Demi menunjang aksi kejahatannya, ia menciptakan berbagai senjata canggih.

Sebagai Mister Element, Albert Desmond menggunakan senjata bernama element gun yang bisa mempengaruhi struktur elemen.

Sebagai Doctor Alchemy, Albert Desmond memanfaatkan kemampuan Philsopher’s Stone. Dengan menekan titik-titik tertentu pada batu tersebut, ia bisa merubah wujud benda atau elemen. Contohnya, merubah besi menjadi karet, atau oksigen yang sehat menjadi karbon monokside beracun. Selain itu, Philosopher’s Stone juga bisa merubah wujud mahluk hidup. Hal ini pernah terjadi ketika Albert merubah wujud Flash menjadi uap air. Meski seringkali diceritakan tidak mempunyai kekuatan super, anehnya, ketika berperan sebagai Doctor Alchemy, Albert diperlihatkan bisa mengendalikan Philosopher’s Stone dari kejauhan dengan telekinesis.

Selain Albert Desmond, ada dua orang yang pernah menggunakan nama, kostum, dan senjatanya sebagai penjahat super. Mereka adalah Curtis Engstrom yang berperan sebagai “The Alchemist”, dan Alexander Petrov yang menghidupkan kembali nama “Mister Element”.

Mr. Element (Alexander Petrov)

Mister-Element-2

Alexander Petrov, seorang asisten di lab forensik kepolisian kota Keystone, berperan menjadi Mr. Element sebagai upaya mendapatkan promosi di tempat kerjanya. Ia mencuri senjata Mr. Element dari loker penyimpanan barang bukti kepolisian dan menggunakannya untuk membekukan sekaligus membunuh kepala lab. Setelah kejadian ini, ia dipromosikan menggantikan sang atasan. Meski sudah mendapatkan apa yang diinginkan, Petrov tetap meneruskan perannya sebagai Mister Element dan membunuh anggota polisi lain. Akibat aksinya ini, ia akhirnya harus berhadapan dengan Flash dan Captain Cold. Dalam kasus Captain Cold, ia tidak senang karena Petrov mencoba menjadikannya kambing hitam.

Alchemist (Dr. Curtis Engstrom)

Alchemist

Setelah Albert Desmond tidak lagi menjadi Dr. Alchemy, S.T.A.R Labs memperoleh Philosopher’s Stone dan berencana menggunakan salah satu fragmennya untuk membuat semacam komputer medis berukuran mikroskopis. Komputer dan fragmennya lalu dicuri oleh Dr. Curtis Engstrom, seorang penasihat dalam proyek pembuatan komputer medis tersebut. Meski sempat dipenjara akibat perbuatannya ini, ia berhasil kabur dan akhirnya menjadi penjahat berjuluk “The Alchemist”. Setelah ia dikalahkan Flash, Engstrom tidak pernah terlihat lagi.

No comments:

Post a Comment