Wednesday, January 27, 2016

Daftar Film Action Terbaik Donnie Yen

Donnie Yen adalah salah satu aktor laga yang cukup diperhitungan beberapa tahun terakhir. Hal ini bukan tanpa sebab, aktor asal Hongkong yang mahir beberapa jenis bela diri ini diketahui sudah membintangi beberapa film action atau kungfu  yang diakui memiliki adegan aksi bela diri terbaik. Yang paling menarik perhatian adalah penampilannya sebagai Yip Man, sang legenda  Wing Chun yang dikenal sebagai guru aktor bela diri ternama Bruce Lee. Kagum dengan penampilan sang aktor dalam film Ip Man, banyak orang mulai mencari film Donnie  lainnya guna meredakan rasa haus mereka akan film bela diri berkualitas.

Diupdate : 07-Agustus-2016

 

Artikel Terkait : Daftar Film Bela Diri Terbaik Tahun 2015

Jika anda baru saja mengenal atau menjadi penggemar  aktor ini dan belum banyak menonton film – filmnya, maka anda telah datang ke tempat yang tepat. Karena disini penulis akan memberikan kumpulan  film laga terbaik yang pernah dibintangi oleh Donnie Yen. Kami menyusun daftar film ini dengan urutan terlama sampai terbaru, bukan berdasarkan kualitas.

1. In The Line of Duty 4 (1989)

Imdb Rating : 7.1 / 10

Durasi : 94 menit

Sinopsis / Jalan Cerita

Seorang polisi Hongkong dan dua polisi amerika tengah mengejar seorang pekerja pelabuhan, mereka terpaksa bekerjasama setelah mengetahui bahwa target operasi mereka adalah seorang saksi yang sedang dalam pengejaran Agency CIA dan  schemer mereka.

Alasan film ini layak ditonton

Dari segi cerita, film ini adalah tipikal film polisi mengejar penjahat - yang mana menggunakan formula yang sudah sering digunakan film - film Hongkong kala itu. Dari segi adegan laga, Film ini memiliki beberapa adegan yang cukup bagus. Faktanya, adegan berkelahi dalam film ini dibimbing oleh Master Yuen Woo Ping - maka wajar jika adegannya terlihat ciamik.

2. Iron Monkey (1993)

Imdb Rating : 7.6 / 10

Durasi : 85 menit

Sinopsis / Jalan Cerita

Seorang ahli bela diri sekaligus dokter menyamar sebagai pencuri bertopeng yang mencuri dari pejabat  korup lalu diberikan kepada orang - orang miskin, menariknya seorang ahli bela diri lain yang kebetulan juga seorang dokter dipaksa untuk memburu sang pencuri tersebut. Namun ketika ancaman lain datang, mereka berdua akhirnya bersatu untuk menghentikannya.

Alasan film ini layak ditonton

Film ini adalah salah satu dari beberapa film yang dibintangi Donnie Yen pada masa awal karirnya. Dalam film ini, Donnie  menampilkan gaya bertarung Old School yang intens dan populer saat itu. Selain itu, adegan bertarung dengan bantuan tali dalam film ini adalah salah satu yang terbaik karena tidak dilakukan secara berlebihan dan membosankan.

3. Tiger Cage 2 (1990)

Imdb Rating : 7.1 / 10

Durasi : 95 menit

Sinopsis / Jalan Cerita

Seorang mantan polisi dan pengacara perceraian bekerjasama denga seorang anggota geng guna membersihkan nama mereka setelah sempat terlibat kasus pencucian uang yang dipimpin oleh seorang pelaku pencucian uang yang bermaksud mengembangkan bisnisnya dan tidak segan - segan membunuh siapa pun yang berani menghalangi.

Alasan film ini layak ditonton

Film ini menampilkan gaya bertarung Old School seperti Line of Duty 4. Bedanya, adegan laga dalam film ini terasa lebih emosional dan menegangkan. Donnie juga memperlihatkan skillnya dalam memainkan pedang dalam film ini.

4. Kill Zone (aka SPL) (2005)

Imdb Rating : 7.1 / 10

Durasi : 93 menit

Sinopsis / Jalan Cerita

Seorang polisi yang hampir pensiun beserta unitnya bertekad menangkap seorang boss penjahat dengan segala daya upaya sambil meladeni pengganti atasan mereka yang cukup merepotkan. Sementara itu, sang Boss penjahat pun mengirim para pembunuh Top untuk menghabisi si polisi.

Alasan film ini layak ditonton

Alur cerita film ini memang terasa agak lambat di bagian awal, namun bagian paruh kedua membayar kebosanan yang yang kita rasakan dengan beberapa adegan laga terbaik. Contohnya,  adegan pertarungan terakhir Sammo Hung dengan Donnie Yen adalah salah satu highlight dari film ini. Selain itu, adegan pertarungan baton - pisau antara Wu Jing dan Donnie juga tidak kalah memukau.

5. Dragon Tiger Gate (2006)

Imdb Rating : 6.2 / 10

Durasi : 94 menit

Sinopsis / Jalan Cerita

Tiga pemuda ahli bela diri  muncul dari jalanan kota Hongkong untuk membantu yang lemah melawan ketidakadilan.

Alasan film ini layak ditonton

Film ini menampilkan gaya visual yang cukup unik. Ditambah lagi dengan adegan laga yang ditampilkan oleh Donnie Yen, Shawn Yue, dan Nicholas Tse, film ini memberikan anda bukan hanya penampilan satu aktor laga hebat, namun tiga sekaligus, Wow.

6. Flash Point (2007)

Imdb Rating : 6.8 / 10

Durasi : 88 menit

Sinopsis / Jalan Cerita

Seorang inspektur yang terkenal tempramental nekad menantang sebuah geng Vietnam-china karena jengah dengan beberapa tindakan kriminal dan percobaan pembunuhan yang mereka lakukan. Ditambah lagi aksi mereka yang membahayakan nasib seorang polisi yang sedang menyamar dan pacarnya yang sedang hamil.

Alasan film ini layak ditonton

Dalam Film ini, Donnie Yen menampilkan keahliannya dalam seni bela diri campuran (Mix Martial Arts) seperti Brazilian Jiu Jitsu yang mana sang aktor adalah pemegang sabuk ungu. Adegan seni bela diri campuran dalam film ini adalah salah satu yang terbaik, memang tidak terlalu realistis tapi sangat menarik untuk disaksikan.

7. Ip Man (2008)

Imdb Rating : 8.1 / 10

Durasi : 106 menit

Sinopsis / Jalan Cerita

Ip Man menceritakan tentang  Yip Man sang legenda bela diri Wing Chun. diawali dengan kisah hidupnya yang sederhana dan bersahaja sambil sesekali diselingi dengan tantangan bertarung dari beberapa guru bela diri di Foshan yang memang ingin melihat langsung kehebatan sang master Wing Chun. Namun semuanya berubah ketika Jepang menginvasi China. Yip Man dan keluarga harus pindah dari kediamannya dan hidup susah. Puncaknya adalah ketika salah seorang guru bela diri kenalannya mati dibunuh jepang, Yip Man tidak bisa lagi tinggal diam,  ia memutuskan untuk melakukan perlawanan atas penindasan tentara Jepang.

Alasan film ini layak ditonton

Adegan bertarung dalam film ini adalah salah satu bahkan mungkin bisa dikatakan penampilan terbaik Donnie Yen sebagai aktor laga. Dalam film ini, Donnie Yen membuat bela diri Wing Chun terlihat hebat dan indah secara teknik maupun visual. Bukan hanya itu, berkat film Ip Man banyak orang tertarik untuk mempelajari bela diri yang disebut - sebut diciptakan seorang wanita ini. Dari segi cerita, Ip Man tidak lah istimewa namun tidak juga buruk, film ini memiliki cerita yang sederhana dan mudah dicerna, sehingga anda bisa lebih santai dalam menonton film ini sambil tentunya menikmati adegan laga yang memang menjadi daya tarik utama.

8. Ip Man 2 (2010)

Imdb Rating : 7.6 / 10

Durasi : 108 menit

Sinopsis / Jalan Cerita

Menyusul meredanya kekacauan yang diakibatkan invasi Jepang ke China, kehidupan Yip Man dan keluarga berangsur - angsur membaik. Dalam lanjutan film Ip Man ini, Yip Man dikisahkan pindah ke Hongkong. Karena keadaan ekonomi keluarga  kurang baik, sang master Wing Chun yang kebetulan tidak memiliki keahlian lain selain bela diri ini akhirnya memutuskan membuka sekolah kungfu. Masalah pun muncul ketika sekolah kungfu yang dibuka Yip Man harus mengikuti aturan - aturan dan tradisi yang dibuat persatuan sekolah kungfu di Hongkong. Konflik pun tak berhenti sampai di situ, ketika seorang petinju asal inggris  menghina tradisi kungfu china, Yip Man dan para guru sekolah kungfu bersatu untuk memberikan pelajaran kepada petinju arogan ini.

Alasan film ini layak ditonton

Adegan laga dalam film ini tidak kalah bagus dengan film pertamanya. Jadi bagi anda masih ingin menyaksikan Donnie Yen mempertontonkan keahlian Wing Chunnya, maka film ini wajib anda disaksikan. Masih seperti film pertamanya, dari segi alur cerita film kedua Ip Man ini masih sederhana dan mudah dicerna.

9. Legend of The Fist: The Return of Chen Zhen (2010)

Imdb Rating : 6.3 / 10

Durasi : 106 menit

Sinopsis / Jalan Cerita

Tujuh tahun setelah tersiarnya kabar kematian Chen Zhen yang ditembak setelah mengetahui siapa pembunuh gurunya (Huo Yuanjia) di kota Shanghai yang kala itu dikuasai Jepang. Seorang laki - laki misterius datang dari luar negeri dan berteman denga boss mafia setempat. Laki - laki tersebut adalan Chen Zhen yang sedang menyamar, ia berniat menyusup ke dalam organisasi mafia yang diketahui bekerjasama dengan Jepang. Dengan menyamar sebagai pejuang bertopeng pada malam hari, ia berniat menghabisi setiap orang yang terlibat dan mendapatkan daftar nama orang - orang yang akan dibunuh Jepang.

Alasan film ini layak ditonton

Film ini menampilkan adegan laga  yang menawan, dengan beberapa gerakan - gerakan  acrobatik, yang mana memberikan kesan bahwa anda sedang menonton film superhero, dan ini bukanlah hal yang buruk, malah sebaliknya memberikan pengalaman yang sedikit berbeda bagi anda yang terbiasa menonton film superhero Hollywood.

10. Dragon (aka Wuxia) (2011)

Imdb Rating : 7.1 / 10

Durasi : 98 menit

Sinopsis / Jalan Cerita

Seorang pembuat kertas bersahaja tak sengaja terlibat kasus pembunuhan dua penjahat di kampungnya. Seorang detective cerdas yang menangani kasus tersebut mendapati beberapa keanehan yang membuat ia curiga bahwa si pembuat kertas bukanlah orang sembarangan. Sementara itu, ayah  si pembuat kertas akhirnya datang menemui anaknya yang lama hilang.

Alasan film ini layak ditonton

Film ini memang tidak memiliki adegan laga sebanyak film - film lain dalam daftar, namun jika bicara kualitas, adegan aksinya tidak kalah hebat dengan film - film Donnie yang lain. Dari segi cerita, film yang satu ini mampu membuat anda menebak - nebak selama menonton.

 

11. Ip Man 3

Ip-Man-3-movie_thumb1

Imdb Rating : 7.3 / 10

Durasi : 1 Jam 45 Menit

Sinopsis / Jalan Cerita

Ketika sekelompok gangster brutal yang dipimpin pengusaha property licik berusaha mengambil alih kota, master Yip terpaksa turun tangan.

Alasan film ini layak ditonton

Adegan-ip-man-3__thumb3

Kami sempat berpikir kehadiran Mike Tyson adalah pertanda akan hadirnya pertarungan hebat antara legenda tinju tersebut dengan Donnie Yen dalam film Ip Man 3. Ternyata, Mike Tyson hanya menjadi cameo. Meskipun begitu, kita tetap berkesempatan menyaksikan Donnie Yen menahan pukulan – pukulan keras Mike Tyson, walaupun tidak seintens yang diharapkan.

Yang justru menjadi highlight dalam film Ip Man 3 adalah pertarungan terakhir antara Yip Man (Donnie Yen) dan Cheung Tin-chi (Jin Zhang). Untuk pertama kalinya, kita melihat master Yip mendapat lawan sepadan, yang juga merupakan ahli wing chun.

4 comments:

  1. Wah... keren artikelnya. Saya penggemar Donnie Yen, seingat saya mungkin cuma In The Line of Duty 4 yang belum saya tonton. Selain filmnya, serial TV-nya seperti Kungfu Master dan Fist of Fury juga bagus menurut saya.

    ReplyDelete