Monday, July 11, 2016

Sejarah, Asal – Usul, dan Kekuatan Superman

Superman-Man-of-Steel

Hampir semua orang mengenal siapa Superman. Superman adalah salah satu tokoh superhero komik pertama. Keberadaannya menginspirasi kemunculan berbagai karakter superhero lain. Kini, setelah berumur lebih dari 70 tahun, Superman bukan hanya menjadi salah karakter superhero paling populer, namun juga merupakan salah satu karakter fiksi paling dikenal publik. Meski sudah cukup dikenal luas, kami merasa masih banyak orang yang tidak familiar dengan sejarah superman. Melalui artikel ini, kami akan mencoba mengulas berbagai hal tentang alien asal Krypton yang mungkin tidak diketahui banyak orang.

Asal - Usul Superman Dalam Komik

Asal-usul-Superman

Superman terlahir dengan nama Kal-El, anak ilmuwan Krypton Jor-El dan Lara Lor-Van. Ketika sang ayah Jor-El menyadari bahwa planet Krypton akan hancur, ia dan istrinya memutuskan mengirim Kal-El ke planet Bumi dengan roket luar angkasa.

Roket ini mendarat dengan selamat di Bumi, tepatnya di negara bagian Kansas. Bayi Kal-El ditemukan oleh pasangan suami istri Kent yang akhirnya memutuskan untuk mengadopsi dan menamai sang bayi Clark Kent.

Beranjak dewasa, berkat sinar dari Matahari kuning, Kal-El memperoleh kekuatan super, sesuatu yang memang sudah diprediksi orang tuanya di Krypton.

Lulus sekolah, Clark memutuskan pindah ke kota Smallville dan bekerja sebagai reporter untuk Daily Planet. Di kota inilah, Clark aktif melakukan aktifitas kepahlawanannya dan orang – orang mulai mengenalnya dengan nama “Superman”.

Sejauh ini, kisah origin Superman beberapa kali ditulis ulang. Inti cerita tidak banyak berubah, yang dilakukan para penulis komik hanya menambahkan beberapa detail baru dalam kisahnya, demi menjaga relevansi Superman dengan perkembangan jaman.

Superman-Secret-origin-B

Ada tiga cerita asal – usul Superman yang paling menonjol : “The Man of Steel” terbit tahun 1986 karya John Byrne, “Superman: Birthright” terbit tahun 2003 karya Mark Waid, dan “Superman: Secret Origin” terbit tahun 2009 karya Geoff John.

Dalam cerita “The Man of Steel”, cerita Superman tidak banyak berubah. Sedangkan dalam “Superman: Birthright”, ia dikisahkan sudah mengenal Lex Luthor sejak masih di Smallville, bahkan berteman baik, mirip dengan kisah serial TV Smallville yang dibintangi Tom Welling.

Superman-Secret-origin-A

“Superman: Secret Origin” mengembangkan cerita Smallville lebih jauh. Clark sudah mengenakan kostum khasnya dan menggunakan nama Superboy sebelum menjadi Superman. Ia berteman baik dengan Lana Lang dan Lex Luthor. Lana bahkan mengetahui rahasia kekuatan alien Clark.

Selain itu, dalam cerita origin karangan Geoff John di atas, Superboy juga sempat dikunjungi Cosmic Boy, Lightning Lad, dan Saturn Girl dari tim Legion of Super-Heros, sebuah tim beranggotakan superhero remaja yang terinspirasi aksi heroiknya, yang datang dari abad ke-30. Superboy juga kedatangan tamu lain dari Krypton, yaitu anjing super bernama Krypto.

Sejarah Penciptaan Karakter Superman

Reign_of_the_Superman

Superman diciptakan oleh penulis Amerika Jerry Siegel dan Artist Amerika kelahiran Kanada Joe Shuster pada tahun 1933.

Tampilan awal Superman sangat berbeda dengan yang ada sekarang. Siegel dan Shuster awalnya menamai karakter ciptaannya tersebut “Super-Man” dan menampilkannya sebagai sosok penjahat botak berkekuatan telepati yang berniat menguasai dunia. Kisah karakter ini diterbitkan dalam sebuah cerita science fiction berjudul “The Reign of the Super-Man” pada tahun 1933.

pencipta-superman-Siegel-Shuster

Karena karakter ini tidak berhasil menarik perhatian para pembaca, Siegel dan Shuster akhirnya merombak ulang rancangan karakternya : menghilangkan tanda hypen dalam namanya, merubah total penampilan, dan menjadikannya seorang pahlawan bernama “Superman”. Sedangkan desain awal karakter Superman (penjahat botak yang ingin menguasai dunia) menjelma menjadi karakter musuh bebuyutannya, Lex Luthor.

Meski sudah dirombak, usaha menjual konsep karakter Superman pada awalnya cukup sulit. Contohnya adalah ketika Siegel berusaha menjualnya pada Tip Top Comics, namun ditolak karena terlalu aneh dan dianggap tidak akan menarik perhatian para pembaca komik.

Duo pencipta superman terinspirasi oleh para Superhero dari berbagai cerita dan mitologi, seperti Samson, Hercules, Moses, dan beberapa Superhero modern, di antaranya Doc Savage dan Buck Rogers. Mereka berniat membuat tampilan karakter ciptaannya penuh warna dan unik, dengan mencontek desain kostum karakter luar angkasa dari majalah Pulp (majalah fiksi murah yang terbit tahun 1896 – 1950) dan pakaian tradisional para orang kuat sirkus (terutama penggunaan celana dalam / trunk di luar).

Karena keduanya merupakan penggemar berat film, Siegel dan Shuster mengambil nama Clark Kent dari nama aktor Clark Gable dan Kent Taylor. Dan nama kota Metropolis berasal dari film Fritz Lang (Metropolis, tahun 1927).

Singkat cerita, mereka berdua menerbitkan cerita Superman dalam bentuk komik strip sebelum akhirnya berhasil menjualnya kepada penerbit Detective Comic alias DC Comics yang beberapa tahun setelah itu, rutin menerbitkan cerita komik Superman.

la-et-jc-first-superman-comic-book-record-price-3-point-2-million-20140825

Bulan juni tahun 1938, Superman memulai debutnya dalam Action Comic #1. Sejak saat itu, Superman tidak hanya menjadi salah satu tokoh superhero paling ikonik dan terkenal, namun juga menjadi salah satu tokoh fiksi terpopuler sepanjang masa.

Para pengamat dan sejarawan komik menyatakan bahwa karakter Superman sendiri terinspirasi banyak elemen agama dan mitologi. Tidak mengherankan mengingat Siegel dan Shuster adalah anak imigran Yahudi, keduanya banyak terpengaruh elemen agama Yahudi, seperti tokoh Musa dan mahluk penjaga dari cerita rakyat Yahudi, Golem.

Selain itu, keduanya juga menggemari cerita fiksi ilmiah, terlihat dari Supeman yang pada awal kemunculannya memiliki beberapa kemiripan dengan karakter John Carter.

Layaknya beberapa karakter Superhero pada masanya, Superman juga sempat digunakan pemerintah Amerika sebagai alat propoganda perang dunia kedua. Saat ini, Superman digambarkan sebagai simbol kebenaran, keadilan, kebebasan ala negara Amerika.

Kekuatan dan Kemampuan Superman

Superman-Powers

Superman adalah salah satu superhero terkuat DC Universe, memiliki berbagai kekuatan super dan kemampuan yang membuatnya disegani lawan maupun kawan. Berikut daftar lengkap kekuatan Superman :

Tubuh Mampu Menyerap dan Menyimpan Energi Matahari – Sebagai penduduk asli Krypton, Tubuh Superman mampu menyerap energi sinar Matahari kuning. Tubuhnya secara terus – menerus menyerap dan menyimpan energi dari Matahari, yang mana memberikannya berbagai kekuatan super, seperti kekuatan fisik luar biasa, panca indera super, dan kemampuan untuk menangkal gravitasi.

Selain itu, Superman juga ternyata mampu menyerap energi dari Matahari biru (walaupun tidak sama seperti Matahari kuning) dan beberapa sumber energi lain, seperti anti-sunlight Mageddon.

Kekuatan Fisik Luar Biasa – Superman mampu mengangkat beban seberat 100 ton tanpa kesulitan sedikitpun. Hebatnya lagi, maksimal beban yang mampu diangkat belum diketahui hingga sekarang, menandakan bahwa sang alien asal Krypton hampir mampu mengangkat benda seberat apapun (bahkan diketahui mampu mengangkat beban seberat 1 miliar ton).

Ketika terbang, kemampuan Superman mengangkat beban berat terbantu oleh medan bio-electric force yang dihasilkan tubuhnya.

Level kekuatan tubuh Superman kemungkinan berada pada level planet. Meski kekuatan Superman digambarkan berbeda antara penulis yang satu dengan yang lain, namun ia selalu dianggap sebagai salah satu superhero terkuat di planet Bumi, bahkan mungkin yang terkuat.

Kecepatan Super - Superman mampu terbang dan bergerak dengan sangat cepat. Meski mampu bergerak melebihi kecepatan cahaya, Superman hanya melakukannya di ruang vakum udara seperti luar angkasa, ia tidak pernah melakukannya di Bumi demi mencegah kerusakan yang mungkin ditimbulkan.

Batas maksimal kecepatan Superman tidak pernah diukur, yang pasti ia tidaklah secepat Flash.

Layaknya Flash, otak Superman juga mampu memproses informasi dengan sangat cepat, yang membuatnya dapat memahami banyak hal dalam waktu singkat.

Kebal – Tubuh Superman kebal terhadap berbagai serangan berkat struktur anatomi dan susunan selnya yang padat, serta aura bio-elektric yang dipancarkan tubuhnya secara terus - menerus. Aura bio-electric Superman berperan sebagai perisai tak terlihat yang terpancar beberapa milimeter dari kulitnya.

Ia mampu meningkatkan kekuatan perisai aura ini untuk menahan serangan yang lebih besar, namun hal ini dapat membahayakan nyawanya jika tidak dilakukan dengan benar.

Batas ketahanan tubuh Superman cenderung berubah – ubah. Ia pernah diperlihatkan mampu menahan serangan rudal nuklir, mendekati Matahari Bumi tanpa terluka, menahan efek dari ledakan bintang dan ledakan 50 supernova bahkan setelah dilemahkan Matahari merah sebelumnya.

Meski tubuh Superman memiliki daya tahan yang tinggi, namun masih bisa terluka jika terkena pukulan dari karakter – karakter kuat macam Darkseid, Doomsday, Mongul, dan Despero. Hal ini disebabkan karena pukulan dari karakter – karakter tersebut lebih dari sekedar pukulan fisik biasa. Selain itu, serangan dengan energi tinggi juga mampu melukai sang manusia baja.

Terbang – Berbekal energi didapat dari Matahari, tubuh Superman mampu menghasilkan medan gravitasi yang memungkinkan dirinya menangkal daya tarik Bumi tersebut – membuatnya terbang dan melayang. Ketika terbang, Superman bisa bergerak dengan lincah, berganti arah, dan membawa beban berat. Dalam Atsmosfir Bumi, Superman bisa terbang dengan kecepatan supersonic (lebih dari 2000 mil per detik); Sedangkan di luar angkasa, ia mampu bergerak dengan kecepatan superluminal (lebih cepat dari cahaya).

Nafas Super / Nafas Es – Superman mampu menghisap udara dalam jumlah besar dan menyimpannya dalam paru – paru selama beberapa waktu. Ia bisa menggunakan udara tersebut untuk menciptakan angin ribut atau menurunkan temperaturnya hingga menjadi sangat dingin.

Panjang Umur – Dalam beberapa versi cerita, orang Krypton diperlihatkan bisa hidup lama dengan sedikit penuaan selama ia terpapar sinar Matahari kuning.

Stamina Super – Superman memiliki stamina yang tak terbatas selama ia terus terpapar sinar Matahari Kuning.

Pendengaran Super – Superman mampu mendengar berbagai suara dalam berbagai frekuensi. Ia juga mampu mendengar suara dari tempat yang sangat jauh dan memilih suara mana yang ingin didengar.

Penciuman Super – Dalam beberapa kesempatan, Superman diperlihatkan mampu menangkap bebauan dari seluruh dunia.

Tidak Butuh Makan atau Tidur – Superman tidak butuh makan atau tidur, tapi bisa melakukan keduanya. Ia juga tidak membutuhkan oksigen untuk bernapas.

Heat Vision – Superman mampu menghasilkan sinar panas dari matanya. Ia bisa membuat sinar ini tak terlihat dan menurunkan skalanya menjadi mikroskopis.

Penglihatan Super – Superman memiliki berbagai kelebihan dalam penglihatannya, seperti penglihatan X – Ray, melihat jarak jauh layaknya teleskop, melihat benda yang sangat kecil layaknya mikroskop, dan mampu melihat gelombang radio dan elektromagnetis.

Ahli Bertarung – Mempunyai kekuatan super dan sering berhadapan dengan berbagai penjahat, membuat Superman ahli dalam bertarung dan bagaimana memanfaatkan kekuatannya secara efektif. Ditambah lagi, ia pernah dilatih bela diri tinju oleh Wildcat, bela diri Gladiator oleh Mongul, gulat oleh Wonder Woman, dan bela diri tingkat lanjut oleh Batman.

Cerdas Level Jenius – Superman sering digarmbarkan memiliki kecerdasan tinggi – ia mampu berpikir dan memproses informasi lebih cepat dari manusia Bumi.

Memiliki Tekad Kuat – Superman digambarkan sebagai orang dengan tekad yang sangat kuat, bebas dari keinginan jahat dan korupsi. Sejak kecil ia diajarkan untuk berbuat baik dan membantu orang sekitar oleh kedua orang tua angkatnya. Ia dikenal optimis dan pantang menyerah meski keadaan memburuk.

Kemampuan Investigasi Yang Baik – Baik sebagai superhero atau reporter, Superman ahli dalam mengumpulkan bukti dari berbagai sumber. Kemampuan investigasi Superman juga adalah salah satu yang terbaik, bahkan mampu menyaingi istrinya Lois Lane.

Pemimpin Yang Baik - Dalam berbagai kesempatan, Superman terbukti mampu memimpin dengan baik dan menginspirasi orang – orang di sekelilingnya dengan sikap, kharisma, dan idealismenya. Tak heran, ia sering dijadikan pemimpin Justice League.

Kelemahan Superman

Kelemahan-Superman

Meski terkenal kuat dan sulit dikalahkan, layaknya superhero lain, Superman juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut kelemahan sang alien asal Krypton :

Sihir – Tubuh Superman memiliki ketahanan tinggi berkat perisai energi disekitar kulitnya. Meski mampu menahan sebagian besar serangan fisik, ternyata hal yang sama tidak berlaku pada serangan berbentuk sihir. Energi Sihir bisa melukai Superman karena memiliki komposisi yang sedikit berbeda dan mampu mengganggu kestabilan perisai energi Superman.

Kryptonite – Semua orang kemungkinan sudah tahu tentang kelemahan yang satu ini. Kryptonite adalah sisa – sisa serpihan planet Krypton yang memiliki radiasi berbahaya pasca kehancuran planet tersebut. Kryptonite hijau adalah varian yang paling umum dan memiliki efek beracun bagi Superman. Selain itu, masih ada jenis Kryptonite lain yang memiliki efek berbeda.

Menggunakan Energi Secara Berlebihan – Meski memiliki stamina tinggi dan tidak mudah lelah, ternyata Superman juga bisa melemah jika bekerja terlalu keras tanpa ada waktu istirahat sedikit pun untuk mengisi ulang tenaga dari sinar Matahari. Contoh nyata adalah ketika ia bertarung sengit dengan Doomsday yang berakhir dengan tewasnya sang manusia baja.

Timah – Penglihatan super Superman tidak bisa menembus timah. Timah juga diketahui mampu melindungi Superman dari radiasi Kryptonite.

Radiasi Matahari Merah – Efek sinar Matahari merah pada tubuh Superman bertolak belakang dengan Matahari kuning. Tubuh Superman akan kehilangan berbagai kekuatan Supernya jika terpapar Matahari jenis ini.

Penyamaran Superman

Penyamaran-Superman

Penyamaran Superman sebagai Clark Kent memang sering menjadi perbincangan di kalangan para fans. Banyak yang mempertanyakan mengapa orang – orang tidak mengenali Clark Kent sebagai Superman, padahal mereka berdua jelas – jelas mirip dan Superman tidak pernah menggunakan topeng.

Apakah Anda juga bertanya – tanya tentang hal ini ?

Intinya, keputusan Superman untuk tidak menggunakan topeng membuat orang – orang berpikir Superman tidak mempunyai identitas rahasia. Superman adalah Superman, ia hanya punya satu identitas, dan selalu menjadi Superman. Ia adalah alien yang tinggal entah di mana, mana mungkin mahluk sehebat Superman hidup di tengah – tengah manusia biasa seperti kita ?

Jadi, ini semacam efek psikologis yang ditimbulkan dari keengganan Superman menggunakan topeng. Ia jadi terlihat apa adanya dan tidak menyembunyikan rahasia. Lagi pula, alasan Superman tidak menutupi wajahnya dari awal memang supaya orang – orang lebih mudah mempercayai niat baiknya.

Mengenai penyamaran menggunakan kaca mata, sebenarnya hanya bagian kecil dari usaha Superman menyembunyikan identitasnya. Ada beberapa hal lain lagi yang ia lakukan demi melindungi identitasnya sebagai Superman. Anda bisa membaca penjelasan lebih lengkapnya di sini : Alasan Clark Tidak Dikenali Sebagai Superman

Umur dan Tanggal Ulang Tahun Superman

superman-birthday2-social

Informasi tentang umur Superman sering berubah sepanjang penerbitan komiknya. Awalnya, umur Superman jarang disebutkan, namun belakangan mulai sering muncul dalam beberapa edisi komik. Dalam komik yang terbit tahun 1970 – an sampai awal 1990 –an, umur Superman adalah 29 tahun. Sedangkan dalam cerita “The Death of Superman”, umur sang manusia baja adalah 34 tahun. Dalam cerita “Zero Hour” yang terbit tahun 1994, diceritakan umurnya adalah 35 tahun.

Action Comics #149 (terbit Oktober 1950) menjadikan Oktober sebagai bulan ulang tahun Superman. Komik – komik yang terbit tahun 1960 –an sampai 1980-an menetapkan 29 February sebagai tanggal ulang tahun Superman. Berbeda dengan Superman, Clark Kent merayakan ulang tahunnya pada tanggal 18 Juni, tanggal pertama kali ia ditemukan oleh pasangan Kent.

Namun, hari ulang tahun Clark sempat dirubah menjadi tanggal 29 February menyusul peristiwa “Crisis on Infinite Earths”, dan dirubah lagi menjadi tanggal 1 Desember pada cerita “Superman: Secret Origin”.

Sifat dan Perilaku Superman

Superman awalnya digambarkan cukup agresif dan kasar ketika menumpas kejahatan. Ia pernah diceritakan memukul dan menteror para penjahat dengan cukup kejam, dan memiliki nilai moral yang agak longgar. Meski tidak sebrutal Batman, Superman yang muncul dalam komik tahun 1930-an seringkali terlihat tak peduli dengan akibat fatal yang ditimbulkan kekerasan yang ia lakukan.

Hal ini berubah setelah seorang editor bernama Whitney Ellsworth memberlakukan semacam kode moral pada karakter Superman : Superman tidak boleh membunuh. Superman juga dibuat lebih lembut dan memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi.

Logo “S” Superman

Superman-simbol-logo

Logo “S” di dada Superman tidak kalah populer dengan karakter Superman sendiri. Logo ini begitu ikonik dan melekat pada karakter sang alien.

Logo “S” Superman juga turut menginspirasi maraknya penggunaan simbol representatif di dada berbagai karakter Superhero setelah Superman, sebut saja Batman, Spider-Man, Fantastic Four, Green Lantern, The Flash, dan masih banyak lagi.

Banyak orang beranggapan huruf “S” pada simbol Superman adalah singkatan dari “Superman”. Anggapan ini memang tidak salah, hanya saja makna simbol ini tidaklah sesederhana itu.

Dalam film “Superman: The Movie”, diperlihatkan bahwa logo “S” Superman bukanlah huruf “S” biasa, melainkan sebuah simbol “House of El” (Keluarga El) yang kebetulan mirip huruf “S”.

Dalam kisah asal – usul Superman “The Man of Steel”, karya John Byrne, logo “S” adalah hasil karya Jonathan Kent. Ayah angkat Superman tersebut terinspirasi bentuk simbol pada selimut yang diberikan oleh sebuah suku Indian yang pernah membantu menyembuhkan wabah penyakit yang diderita keluarga Kent di masa lalu.

Lagi – lagi, bentuk logo tersebut bukanlah huruf “S”, tetapi bentuk ular, yang dalam kepercayaan suku tersebut adalah hewan penyembuh. Jadi, dengan menggunakan simbol ini, Superman digambarkan sebagai seorang penyembuh.

Dalam kisah asal – usul Superman yang lain, “Superman: Birthright”, karangan Mark Waid, Simbol ikonik Superman ini kembali diakui sebagai simbol keluarga El. Selain itu, simbol ini juga bermakna “Harapan”, sebuah kata yang menggambarkan misi hidup keluarga El, yang dilanjutkan oleh Superman.

Logo “S” Superman yang bermakna “Harapan” diperkuat oleh film layar lebar “Man of Steel” yang rilis tahun 2013 lalu. Dalam film tersebut, Jor-El menjelaskan makna simbol tersebut pada Kal-El. Sang ayah berharap anaknya bisa menjadi representasi simbol tersebut bagi penduduk Bumi.

Namun, serial TV Supergirl sepertinya tidak sependapat dengan makna logo “S” tersebut. Pada episode kedua serial ini, Kara mengatakan bahwa simbol tesebut adalah simbol keluarga yang bermakna “Stronger Together” (lebih kuat jika bersama). Kok nggak kompak ya ? Entahlah.

Mengenai bentuk desain logo ini sendiri, sudah sangat sering berganti – ganti. Meski hingga saat ini, masih saja terus diperbaharui, namun perubahan bentuknya tidak terlalu mencolok.

Awalnya, bentuk logo “S” Superman sangat mirip dengan logo Shield milik polisi. Belakangan terus berubah dari bentuk tersebut menjadi bentuk segi tiga terbalik, hingga sekarang bentuk berlian.

Anda bisa melihat perubahan bentuknya secara lebih jelas melalui gambar Infografik yang dibuat oleh Kate Willaert dari situs HalloweenCostume.com berikut :

Perubahan-logo-s-superman-dari-masa-ke-masa

No comments:

Post a Comment