Wednesday, April 29, 2015

Alasan Kenapa Clark Tidak Dikenali Sebagai Superman

 

Siapa yang tidak kenal Superman. Karakter superhero paling populer sepanjang masa. Keberadaannya membuka keran genre superhero dalam dunia komik. Karakter ini juga dianggap sebagai simbol budaya negara Amerika Serikat. Sikap kepahlawanannya banyak menginspirasi orang untuk terus berbuat baik kepada sesama dan mau membantu tanpa pamrih.

Namun ada satu hal yang sering dirasa aneh dari cerita Superman, Superman tidak menggunakan topeng untuk melindungi identitasnya seperti yang dilakukan karakter superhero lain. Superman hanya menggunakan kacamata dan sedikit pergantian gaya rambut. Anehnya orang - orang seperti tak mampu mengenali Superman ketika ia menjadi Clark Kent, seorang wartawan berkacamata yang kelihatan sedikit culun dan bertingkah agak kaku.

 

Artikel Terkait :

*) 25 Fakta Menarik Film ‘Batman V Superman: Dawn of Justice’

*) Ini Dia Penampakan Bat-Cowl, Bat-Gadget dan Bat-Armor Dalam Film 'Batman V Superman'

*) Begini Cara Batman Kalahkan Para Superhero Anggota Justice League

*) Batman V Superman : 10 Pertarungan Terbaik Dalam Komik

*) 5 Perbedaan Batman Versi Ben Affleck Dengan Batman Versi Sebelumnya

 

Ada apa sebenarnya ? Apa ini kesalahan si pembuat karakter superman ? Kesalahan yang sudah terlanjur mengakar dari awal. cukup sulit memang menyembunyikan identitas superhero yang sudah terlanjur dibuat tidak bertopeng ketika bertugas.

Superman #330

Masalah ini bukannya tidak pernah dibahas dalam komik Superman, DC komik sempat menerbitkan komik Superman #330 yang memberikan penjelasan perihal kejanggalan ini. Dalam komik itu dijelaskan bahwa Superman memancarkan  hypno-beam (semacam sinar yang memiliki efek hipnotis) yang difokuskan melalui kacamata yang terbuat dari batu asal Krypton  kepada orang - orang yang ditemuinya. Efeknya orang - orang melihat Clark sebagai orang yang sama sekali tidak mirip dengan Superman, tidak mirip dari segi postur, tingkah laku, bahkan dari sisi ketampanan.

Selain penjelasan yang diberikan DC komik di atas, Ada banyak teknik yang digunakan Superman untuk menyempurnakan penyamarannya. Mulai dari teknik yang sifatnya sederhana saja sampai yang sifatnya lumayan rumit. Berikut beberapa teknik yang yang penulis kumpulkan :

Berakting dengan cukup baik - Dalam komiknya, Superman juga pernah diceritakan mengambil kelas akting demi menyempurnakan penyamarannya sebagai Clark.

Merubah postur tubuh - Sebagai orang kripton yang tinggal dibumi, Superman memang mempunyai banyak kelebihan dibanding penduduk pribumi. Perbedaan keadaaan antara bumi dengan planet kripton disebut sebut sebagai penyebabnya. Kelebihan ini ternyata juga termasuk kemampuannya untuk merubah postur tubuh Clark agar tidak terlalu mirip dengan Superman.

Merubah Suara - Demi menyempurnakan penyamarannya Superman juga merubah suaranya ketika berbicara dengan orang. Dia menggunakan suara yang berat dan maskulin ketika sedang menjadi Superman, sedangkan suara tinggi dan halus ketika menjadi Clark.

Kacamata yang terbuat dari bahan yang berasal dari Krypton menyamarkan warna bola     matanya - Masih terus mencoba menyempurnakan penyamarannya, Superman juga menggunakan kacamata yang terbuat dari kapal yang mengirimnya ke bumi ketika bayi. Kacamata ini mampu menyamarkan warna matanya yang biru menjadi abu - abu.

Tentunya semua upaya penyamaran di atas tidaklah terlalu sulit untuk dipecahkan. Hal ini juga sepertinya disadari oleh Superman, itulah mengapa pada edisi komik - komik selanjutnya, Superman terus melakukan upaya - upaya untuk melindungi identitas rahasianya.

Menghindari Pengambilan Foto jarak dekat - Superman jarang berinteraksi dengan orang dalam jarak dekat ketika ia sedang berperan menjadi Superman kecuali memang terdesak. Ini dilakukan agar tidak banyak orang yang familiar dengan wajahnya. Para Wartawan juga jarang diberi kesempatan untuk mengambil foto secara close up.

Menggetarkan wajah dengan cepat untuk menyamarkan bentuk wajah - Bagi anda yang pernah menonton serial TV "The Flash" pasti pernah melihat Barry Allen menggetarkan wajahnya ketika berhadapan dengan orang dalam jarak dekat. Ya, Barry bukan satu - satunya orang yang pernah melakukan ini untuk menyembunyikan identitasnya.

Batman menyamar menjadi Superman - Dalam beberapa kesempatan, Superman juga pernah mendapatkan bantuan Batman untuk memerankan dirinya. Hal ini untuk membuktikan bahwa Superman dan Clark bisa berada dalam satu ruangan yang sama.

 

Teknik - teknik di atas memang dapat mengelabui orang - orang disekitar Superman untuk tidak menyadari penyamarannya, namun bagi penulis efek psikologis dari keputusan Superman untuk tidak menggunakan Topeng sama sekali ketika bertugas sebagai superhero lah yang paling menarik. Tidak seperti kebanyakan superhero yang memerlukan topeng untuk menyembunyikan identitasnya, Superman justru tenang - tenang saja berkeliaran tanpa topeng. Melihat hal ini orang - orang akan berpikir bahwa Superman adalah Superman, Superman tidak mempunyai identitas lain, dia tinggal di negeri entah berantah yang sesekali datang ke bumi untuk menyelamatkan orang - orang, dia tidak sama dengan kita manusia, dia adalah sang dewa  pembela orang - orang lemah. Efek psikologis yang menarik kan ? orang tidak akan mengira anda menyembunyikan sesuatu jika anda terlihat terbuka dan santai - santai saja.

 

1 comment: