Wednesday, May 6, 2015

5 Armor Terbaik Yang Pernah Digunakan Batman

Sejatinya Batman hanya seorang manusia biasa. Dia tidak memiliki kekuatan super layaknya para superhero anggota Justice League. Dia hanya mengandalkan kemampuan bela dirinya, peralatan canggihnya, dan tentunya kecerdasan yang memang di atas rata - rata. Pada hari - hari normal dalam karir kepahlawanannya, tiga hal ini sudah lebih cukup untuk meringkus para bandit dan penjahat tengik.

Namun pada hari - hari yang luar biasa, luar biasa di sini maksudnya ketika harus berhadapan dengan musuh yang terlampau kuat, Batman terpaksa harus menggunakan peralatan yang lebih canggih bahkan tidak jarang armor khusus atau biasa disebut "Exo Suit" untuk meredam ancaman yang memang berada jauh di luar kemampuan seorang manusia biasa.

 

Artikel Terkait :

*) 25 Fakta Menarik Film ‘Batman V Superman: Dawn of Justice’

*) Daftar 5 Musuh Terkuat Justice League Yang Mungkin Muncul Dalam DCEU

*) Armor Batman Ternyata Hanya Efek Komputer

 

Dalam perjalanan karirnya sebagai sang manusia kelalawar, Batman sempat beberapa kali menggunakan armor berkemampuan khusus. Sebagian besar digunakan untuk meredam para musuhnya, beberapa kali untuk menghalau superhero anggota Justice league yang terkena pengaruh jahat para musuhnya atau ketika ada perbedaan pendapat di antara mereka. Berikut daftar 5 armor khusus yang pernah digunakan Batman lengkap dengan fungsi dan latar belakang penggunaannya.

1. Thrasher

 
 

Muncul dalam cerita : Night of the Owls

Kemampuan yang dimiliki : Mampu bertahan dalam kondisi suhu ekstrim baik dingin ataupun panas. Memiliki simpanan oksigen untuk beberapa minggu. Dilengkapi dengan pengejut listrik dan EMP ( electromagnetic pulse).

Latar belakang penggunaan : Setelah beberapa kali mengalami kekalahan dalam pertarungannya dengan pasukan  mayat hidup Court of Owls, Bruce menyusun rencana untuk menghentingkan sepak terjang mereka. Sadar bahwa musuhnya mempunyai jumlah dan kekuatan lebih, Bruce mencoba memancing mereka ke dalam Batcave. Para pemimpin Court of Owls yang memang sudah lelah bermain - main dengan Batman, mengirim segenap pasukannya untuk menghabisi sang manusia kelalawar. Setelah cukup yakin bahwa para pasuka Court of Owls sudah masuk perangkap, Bruce berpura - pura melarikan diri ke sebuah panic room demi mencoba mengulur waktu untuk menjalankan rencananya. Beberapa waktu kemudian seluruh ruang terasa dingin, suhu mencapai beberapa derajat dibawah nol. Hal ini membuat para mayat hidup membeku, memperlambat pergerakan mereka, yang mana memberikan cukup waktu untuk Batman menghancurkan mereka semua dengan armor khusus yang sudah ia siapkan.

2. Anti-Superman

 
 

Muncul dalam cerita : Dark Knight Returns

Kemampuan yang dimiliki : Sonic blaster. Kekuatan Superhuman. Mampu menahan pukulan Superman. Memiliki rocket launcher pada bagian kaki.

Latar belakang penggunaan : Armor yang satu ini digunakan Batman untuk mengimbangi kekuatan Superman. Superman yang mendapatkan perintah dari presiden untuk menangkap Batman karena dianggap mengganggu kestabilan kota Gotham dengan aksi vigilante-nya, mendapatkan perlawanan yang cukup sengit. Bruce yang dikala itu sudah tua tentunya tidak mungkin mampu menghadapi kekuatan super seorang Superman. Sadar akan hal ini Bruce membuat rencana dan strategi khusus untuk setidaknya mengimbangi kekuatan si manuasia baja. Penggunaan Armor merupakan salah satu bagian dari rencana dan persiapan yang dilakukan. Armor ini cukup dapat melindungi Batman dari pukulan keras Superman dan mampu menambah kekuatan pukulannya beberapa kali lipat.

3. Anti-Predator

 
 

Muncul dalam cerita : Batman vs Predator

Kemampuan yang dimiliki : Terbuat dari bahan kevlar khusus yang tahan akan sayatan pedang atau benda tajam lainnya. Dilengkapi dengan beberapa pelindung untuk organ vital dan joint, mirip dengan jubah perang klasik, namun pengguna tetap mampu bergerak dengan lincah.

Latar belakang penggunaan : Ketika Predator datang ke Gotham, Batman  harus menghadapi musuh yang bisa dibilang jauh lebih kuat dari dirinya. Sempat mencoba untuk mengimbangi kekuatan sang alien buas tanpa persiapan khusus, sekali lagi membuktikan bahwa Batman hanya manusia biasa. Adu otot bukanlah solusi dalam situasi ini. Batman pun mundur untuk menyusun strategi dengan luka - luka yang hampir membunuhnya. Belajar dari pengalaman, ia pun menciptakan sebuah armor khusus untuk menghadapi keganasan predator.

4. Unknown Armor

 

Muncul dalam cerita : Komik Batman pasca era 52

Kemampuan yang dimiliki : Tahan peluru. Pukulannya dapat menghancurkan benda yang terbuat dari besi, kayu, atau bahan - bahan keras lainnya.

Latar belakang penggunaan : Armor ini muncul pada komik pasca era 52. Bentuknya kelihatan terinspitasi dari armor Iron Man dan Transformer. Mempunyai bentuk emblem bersinar yang terlihat sedikit aneh di bagian dada.

5. Hellbat

 
 
 

Muncul dalam cerita : Robin rises (Batman and Robin)

Kemampuan yang dimiliki : Mampu mengimbangi kekuatan musuh - musuh berkekuatan super yang sering dihadapi anggota Justice League. Armor ini diciptakan oleh Superman di pusat matahari.

Latar belakang penggunaan : Tugas berat diemban oleh segenap anggota Justice League. Mereka harus menghadapi berbagai macam ancaman dari segala penjuru galaxy. Tak jarang harus menghadang musuh - musuh dengan kemampuan dewa, dengan tingkat kekuatan yang sangat tinggi, sehingga tak mungkin rasanya untuk dihadapi kecuali dengan bekerja sama dengan anggota Justice League yang lain. Dalam situasi ini, Batman merupakan salah satu yang paling lemah dari segi kekuatan fisik. Itulah mengapa para anggota Justice League berinisiatif untuk membuatkan Batman semacam armor khusus yang nantinya bisa membantunya menghadapi musuh - musuh berkekuatan super.

No comments:

Post a Comment