Tuesday, February 16, 2016

Begini Cara Batman Kalahkan Para Superhero Anggota Justice League

Justice-League-Doom

Bagai pisau dengan dua mata sisi yang tajam, Kekuatan Tim Justice League bukan hanya bisa melindungi Bumi, tapi juga menghancurkannya jikalau  beberapa atau bahkan semua anggota Justice League memutuskan untuk membelot. Kalaupun tidak, mereka bisa saja menjadi korban hipnotis atau berbagai teknik pengendalian pikiran yang dilakukan orang - orang yang ingin memanfaatkan kekuatan mereka untuk tujuan jahat.

Artikel Terkait :

*) 10 Anggota Justice League Terkuat

*) Daftar Lengkap Anggota Justice League dan Kekuatan Mereka

*) Batman V Superman : 10 Pertarungan Terbaik Dalam Komik

*) 9 Hal Tentang Kostum Batman Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

*) Alasan Kenapa Clark Tidak Dikenali Sebagai Superman

 

Maka wajar, jika orang seperti Batman yang notabenenya adalah orang yang hati – hati dan selalu punya rencana untuk setiap situasi merasakan ancaman ini - memutuskan untuk melakukan sebuah penelitian terhadap rekan setimnya guna mempelajari kekuatan dan kelemahan yang nantinya akan dijadikan bahan dasar  rencana melumpuhkan mereka. Namun sekali lagi, layaknya pisau dengan dua mata sisi, rencana yang disusun Batman bukan hanya bisa menyelamatkan dunia dari anggota Justice League yang membelot tapi juga bisa digunakan sebagai senjata untuk mengalahkan mereka jika jatuh ke tangan yang salah.

Hal ini pernah diceritakan dalam komik Justice League seri 'JLA: Tower of Babel', dalam seri ini dikisahkan Ra's Al Ghul berhasil mencuri file 'Contingency Plan' milik Batman yang berisi informasi  tentang kekuatan dan kelemahan anggota Justice league lengkap dengan cara menaklukkan mereka. Ra's Al Ghul menggunakan informasi tersebut untuk mengalahkan anggota Justice League melalui serangkain serangan terkoordinasi agar mereka tidak mengganggu rencananya yang lain, yaitu : mengurangi jumlah populasi manusia di dunia.

Dalam artikel ini, kami tidak akan membahas bagaimana Batman mengalahkan semua anggota Justice League, melainkan hanya 7 anggota Justice League (termasuk Batman sendiri) yang kebetulan berperan dalam seri komik ‘JLA: tower of babel’. Berikut 7 anggota Justice League tersebut :

Martian Manhunter

Martian-Manhunter

Profil Singkat : J’onn J’onzz melakukan teleportasi dari Mars ke Bumi beberapa dekade lalu. Karena alasan yang tidak begitu jelas, ia tidak bisa kembali ke planet asalnya dan akhirnya terdampar di Bumi. Di planet asalnya, ia adalah seorang polisi penjaga perdamaian yang dikenal dengan nama Manhunter. Sebagai seorang Manhunter, ia terlatih menggunakan kekuatan aliennya dan memiliki kemampuan penyelidikan (detektif) yang mumpuni.

Cara Melumpuhkannya : tubuh Martian Manhunter ditaburi dengan Nanites (semacam robot berukuran nano) yang merubah sisi luar kulitnya menjadi magnesium - ini menyebabkan kulitnya terbakar jika terpapar udara.

Aquaman

Aquaman

Profil Singkat : Aquaman adalah penguasa Atlantis dan seluruh lautan di Bumi. Orang Atlantis dengan kekuatan dan kecepatan luar biasa yang mampu memerintah semua mahluk laut. Anatomi tubuhnya yang unik memungkinkan dirinya untuk bertahan di darat dan bawah laut di mana tekanan udara dan suhu kurang bersahabat. Dikenal dengan nama Orin dalam lingkungan kerajaan Atlantis, dan Arthur Curry dalam kehidupan manusia Bumi, ia bertekad menggunakan kekuatan super dan pengaruh politiknya untuk melindungi dua dunia tersebut.

Cara Melumpuhkannya : Aquaman diberikan semacam gas beracun hasil modifikasi racun peningkat rasa takut milik Scarecrow yang membuat ia takut air (Aquaphobic). Tanpa air, Aquaman bisa mati hanya dalam hitungan jam.

Green Lantern

Green-Lantern

Profil Singkat : Sempat mengira dirinya terpilih secara tidak sengaja, Ganthet (Seorang penjaga galaxy atau biasa disebut Guardian of the universe) memilih Kyle Rayner karena ia mampu memanfaatkan kekuatan dari spektrum emosi. Menjadi pembawa perubahan bagi Green Lantern Corps, Kyle melebihi ekspektasi awal Ganthet dan menjadi seorang White Lantern. Kyle adalah Lantern terkuat.

Cara Melumpuhkannya : Green Lantern dibuat buta oleh cincinnya sendiri, karena alam bawah sadarnya terkena sugesti hipnotis saat ia tidur yang membuat otaknya mengira matanya buta. Tanpa penglihatannya, Green lantern tidak mampu mengarahkan kekuatan cincinnya.

Wonder Woman

Wonder-Woman

Profil Singkat : Wonder Woman adalah salah satu pembela kedamaian dan kesetaraan terkuat di Bumi. Putri Amazon yang juga merupakan anggota Justice League ini, sering dijadikan contoh ideal superhero wanita. Awalnya, ia digambarkan lahir dari tanah liat yang diberi nyawa oleh para dewa, namun beberapa tahun terakhir, asal usulnya berganti menjadi anak dewa Zeus dan ratu Hippolyta.

Cara Melumpuhkannya : Wonder Woman adalah wanita tangguh yang pantang menyerah, ia dilumpuhkan dengan suntikan nanite yang membuatnya terjebak dalam halusinasi pertarungan dengan lawan yang sepadan. Semangat pantang menyerah inilah yang membuat ia terus bertarung dan pada akhirnya dapat membahayakan jiwanya karena kelelahan yang ekstrim.

Flash

The-Flash

Profil Singkat : Setelah terkena cairan kimia dan tersambar petir, seorang peneliti forensik bernama Barry Allen mendapatkan kekuatan super berupa kecepatan. Berbekal kekuatan ini, Ia menjadi superhero Flash yang melindungi kota tempat tinggalnya, Central City. Flash adalah pendiri Justice League sekaligus manusia tercepat di dunia.

Cara Melumpuhkannya : Flash terkena tembakan peluru khusus bernama 'Vibra-Bullet' pada bagian belakang lehernya yang membuat ia kejang - kejang ketika bergerak dengan kecepatan cahaya.

Superman

Superman

Profil Singkat : Ketika planet Krypton berada di ambang kehancuran, Kal-El yang masih bayi dikirim ke Bumi menggunakan roket oleh kedua orang tuanya. Di Bumi (tepatnya Amerika), ia diadopsi oleh keluarga Kent dan diberi nama Clark Kent. Sebagai seorang alien asal Krypton, sinar matahari Bumi memberikannya kekuatan super. Clark menggunakan kekuatan besar yang ia miliki untuk melindungi Bumi dari berbagai ancaman. Penduduk Bumi pun memanggilnya dengan nama ‘Superman’.

Cara Melumpuhkannya : Kulit Superman berubah menjadi transparan karena terkena sinar  kryptonite merah, hal ini membuat ia merasakan sakit yang teramat sangat dan membuat tubuhnya menyerap sinar matahari secara berlebihan. Lebih parah lagi, efek kriptonite merah juga membuat kemampuan super  semua inderanya sulit dikendalikan. Kryptonite merah sendiri adalah ciptaan Batman, dihasilkan dari Kryptonite hijau yang terpapar radiasi, yang rencananya  digunakan untuk melumpuhkan Superman bukan untuk membunuhnya.

Batman

Batman

Profil Singkat : Setelah menyaksikan kedua orang tuanya dibunuh, Bruce Wayne bertekad membalas dendam dengan cara membasmi semua tindak kejahatan di kota kelahirannya, Gotham. Ia berlatih keras demi mencapai kesempurnaan mental dan fisik, mempelajari berbagai jenis teknik bela diri, ilmu penyelidikan detektif, dan cara berpikir para pelaku kejahatan. Menggunakan kostum mirip kelalawar serta berbagai senjata canggih, ia memburu para penjahat dan dikenal sebagai sosok legendaris Batman.

Cara Melumpuhkannya : Walaupun Batman dikenal sebagai salah satu anggota Justice League yang paling cerdas dan selalu siaga, ternyata jika sudah menyangkut masalah kedua orang tuanya, ia masih sangat rapuh. Perhatiannya berhasil dialihkan ketika mendengar bahwa jenazah kedua orang tuanya hilang dicuri orang, jika sudah begitu, Batman rentan terhadap berbagai perangkap dan serangan mendadak.

Penutup

Jika anda tertarik dengan cerita seri ‘JLA: Tower of babel’ ini namun malas membaca komiknya, anda bisa menonton film animasi Justice League berjudul ‘Justice League: Doom’ yang dirilis pada tahun 2012 lalu. Dalam film tersebut, ada beberapa elemen cerita yang dirubah seperti tokoh Ra’s Al Ghul diganti dengan Vandal Savage, teknik melumpuhkan para anggota Justice League juga mengalami beberapa perubahan, bahkan Martian Manhunter tidak muncul dalam film tersebut dan digantikan oleh Cyborg. Namun secara garis besar  ide cerita masih tetap sama.


No comments:

Post a Comment