Saturday, February 20, 2016

9 Hal Tentang Kostum Batman Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

Batfleck Suit

Sejak memutuskan menjadi pembasmi kejahatan di kota kelahirannya Gotham, Bruce Wayne menggunakan kostum mirip kelalawar dan dikenal orang dengan nama Batman. Menariknya, kostum Batman ternyata lebih dari sekedar alat untuk melindungi identitasnya ketika beraksi. Ada banyak fitur atau fasilitas yang disematkan pada kostum ini, sesuatu yang memang sangat diperlukan Bruce mengingat ia hanyalah manusia biasa tanpa kekuatan super.

Artikel Terkait :

*) 25 Fakta Menarik Film ‘Batman V Superman: Dawn of Justice’

*) Ini Dia Penampakan Bat-Cowl, Bat-Gadget dan Bat-Armor Dalam Film 'Batman V Superman'

*) Begini Cara Batman Kalahkan Para Superhero Anggota Justice League

*) Batman V Superman : 10 Pertarungan Terbaik Dalam Komik

*) 5 Perbedaan Batman Versi Ben Affleck Dengan Batman Versi Sebelumnya

 

Sebagai karakter superhero yang sudah ada sejak lama, tentunya ada banyak versi kostum yang digunakan Batman. Namun begitu, walaupun bentuk dan kegunaanya selalu berubah - ubah, ada beberapa hal mendasar yang selalu ada pada setiap versinya. Selain itu, walaupun Batman adalah salah satu karakter superhero terpopuler di dunia, ternyata ada beberapa fakta menarik yang tidak diketahui orang  tentang kostum kelalawarnya. Berikut kami hadirkan 9 hal tentang batsuit yang mungkin saja tidak kamu ketahui :

1. Desain awalnya ternyata sangat berbeda dengan yang ada sekarang

Bob-Kane-Batman

Walaupun dirinya cukup lama diakui sebagai satu - satunya pencipta karakter Batman (Namun akhirnya kontribusi Bill Finger diakui juga oleh DC), desain awal kostum Batman yang dibuat Bob Kane ternyata sangat berbeda dengan yang ada sekarang. Belakangan diketahui bahwa Bill Finger lah yang mencetuskan ide desain kostum Batman dengan topeng dan baju hitam, walaupun mungkin tidak persis seperti desain saat ini, namun setidaknya ia memberikan gambaran awal desain kostum Batman yang akhirnya dikembangkan hingga menjadi seperti sekarang.

Dalam desain Bob Kane, Batman digambarkan sebagai karakter berbaju  merah, topeng ala 'Lone Ranger' dan rambut pirang. Dari desain Bob Kane, hanya Jubah mirip sayap kelalawar saja yang tetap dipertahankan oleh Bill Finger.

2. Bukan topeng biasa

Batfleck-Cowl

Fungsi utama topeng adalah menyembunyikan identitas si pemakai. Namun bagi Batman, topeng atau biasa disebut 'Cowl' tentunya bukan sekedar topeng. Topeng ini dilengkapi beberapa fitur tambahan. Fitur yang sering kita lihat adalah kejutan listrik bagi orang - orang yang mencoba melepaskan topeng secara paksa dan alat komunikasi pada bagian telinga. Untuk keperluan penyelidikan dan taktik, topeng Batman memiliki 'Detective Mode' yaitu berupa fasilitas  ultraviolet scanner, night vision dan sensor panas tubuh. Selain itu, demi menjaga identitasnya dari jangkauan orang - orang yang memiliki penglihatan x-ray seperti Superman, beberapa versi topeng Batman dibuat dari bahan khusus yang mampu memblok sinar x-ray.

3. Jubah multifungsi

Batmans-Cape-Fireproof

Entah karena alasan terlihat keren atau apa, karakter - karakter superhero komik banyak yang menggunakan jubah dan Batman termasuk di antaranya. Namun sama seperti topeng, jubah Batman pun ternyata punya fungsi tambahan. Yang sering kita lihat adalah penggunaan jubah untuk aksi 'gliding' atau melayang di udara, dalam beberapa versi, jubah Batman ternyata tahan api dan anti peluru.

4. Gauntlet untuk pertahanan

Batman-Gauntlet

Baik Bob Kane ataupun Bill Finger awalnya tidak memberikan 'Gauntlet' (Sarung tangan panjang dengan semacam pisau runcing pada sisi - sisinya) pada desain awal sang kesatria malam. Bill Finger hanya memberikan sarung tangan pendek biasa yang kemudian diperpanjang hingga siku, tetapi bentuknya masih jauh dari desain yang sekarang. Gauntlet sendiri sering digunakan untuk pertahanan seperti menangkis pedang dan senjata tajam lainnya. Dalam film Batman garapan Nolan, Gauntlet diperlihatkan mampu menembakkan pisau - pisau pada sisinya layaknya shuriken milik ninja.

5. Baju terbuat dari bahan khusus

Batfleck

Membasmi kejahatan adalah kegiatan yang berbahaya. Dibutuhkan kemampuan bela diri yang mumpuni dan senjata yang tepat. Batman punya kedua hal tersebut, namun begitu, ia tidak lupa mengenakan pakaian yang dapat melindunginya dari resiko luka parah. Dalam beberapa versi, baju Batman  dibuat dari bahan khusus yang tahan sabetan senjata tajam, bahkan  tidak jarang tahan peluru.

6. Sepatu Batman juga punya fungsi tambahan

Batmans-Boots

Karena aktifitas Batman banyak berada di luar ruangan, tentunya ia memerlukan sepatu yang tahan banting. Tidak hanya kuat namun tentunya harus ringan dan nyaman dipakai. Selain fungsi dasar di atas, sepatu Batman juga memiliki fungsi lain, contohnya : tempat menyimpan senjata, memiliki alat pemanggil gerombolan kelalawar (diperlihatkan pada film 'Batman Begin'), bahkan memiliki semacam baling - baling yang bisa membantu ia bergerak lebih cepat dalam air.

7. Sabuk serba ada

Batmans-utility-belt

Sabuk Batman alias Utility Belt adalah salah satu bagian terpenting dari kostum Batman. Banyak hal yang disimpan Batman dalam sabuk ini, hal - hal yang sangat berguna pada situasi genting. Batman diketahui menyimpan cincin kryptonite dalam sabuk ini, alat bernapas dalam air, batarang, bom asap, dan masih banyak lagi. Anda bisa membayangkan kelengkapan sabuk Batman ini seperti kantong ajaib doraemon.

8. Batsuit warna - warni

Batman-rainbow-suit

Kita selalu mengenal Batman sebagai karakter serius dan siap siaga. Pakaiannya pun terkesan gelap, misterius dan mengintimidasi. Namun tahukah anda bahwa dalam komiknya Batman pernah memiliki koleksi kostum dengan berbagai warna ? terkesan aneh pastinya, namun ini memang benar - benar pernah terjadi.

9. Batsuit atau Exosuit ?

Batmans-Justice-Buster

Mungkin banyak yang merasa heran kenapa Batman tidak menciptakan armor khusus seperti Iron Man demi menunjang aktifitas vigilante-nya, mengingat ia hanyalah manusia biasa yang tak memiliki kekuatan super. Sebenarnya Batman sendiri pernah beberapa kali menggunakan armor tapi memang tidak sering, ia hanya memakai armor tersebut jika memang tidak ada cara lain untuk mengalahkan musuhnya. Contoh terbaru adalah penggunaan armor pada film 'Batman V Superman' yang mana  diinspirasi oleh komik 'The Dark Knight Returns' karya Frank Miller. Ada banyak armor khusus yang pernah digunakan Batman dalam komiknya, yang paling ekstrim adalah penggunaan armor 'Justice Buster' yang khusus didesain untuk melumpuhkan semua anggota Justice League.

No comments:

Post a Comment