Wednesday, February 24, 2016

5 Perbedaan Batman Versi Ben Affleck Dengan Batman Versi Sebelumnya

batfleck-white

Batman adalah karakter superhero yang paling sering dibuat film layar lebarnya. Sejauh ini, tercatat sudah ada 8 film layar lebar Batman yang telah dirilis. Adalah wajar jika setiap film Batman  ingin menampilkan  versi Batman yang berbeda dengan versi sebelumnya - sebagai bagian dari inovasi dan demi menghindari kebosanan penonton. Contoh terbaru adalah bagaimana Batfleck (Batman versi Ben Affleck) terlihat sangat berbeda dengan Batman versi terdahulu. Lalu pertanyaannya, apa beda Batman versi Ben Affleck dengan versi sebelumnya ?

Artikel Terkait :

*) 25 Fakta Menarik Film ‘Batman V Superman: Dawn of Justice’

*) Ini Dia Penampakan Bat-Cowl, Bat-Gadget dan Bat-Armor Dalam Film 'Batman V Superman'

*) Begini Cara Batman Kalahkan Para Superhero Anggota Justice League

*) Batman V Superman : 10 Pertarungan Terbaik Dalam Komik

 

Dari sekian banyak versi Batman, tidak ada satupun yang sama dengan versi sebelumnya. Baik dari segi kostum, Batmobile, perlengkapan, bahkan batarang (pisau lempar berbentuk simbol Batman) yang digunakan pun selalu berbeda dengan versi sebelumnya. Melanjutkan tradisi ini, Batman versi Ben Affleck juga memiliki perbedaan yang cukup kontras dengan versi pendahulunya. Berikut 5 perbedaan Batman ala Ben Affleck dengan Batman ala aktor lain :

 

1. Batman yang paling tua

Batfleck-tua

Biasanya film - film yang mengangkat  sepak terjang Batman selalu dimulai dari masa - masa awal kiprahnya membasmi kejahatan di kota Gotham. Sebut saja film Batman karya Tim Burton dan Christopher Nolan, kedua film ini mengisahkan bagaimana Bruce Wayne menjadi Batman. Sedangkan film - film Batman lain kalaupun tidak dimulai dari kisah awal sang kesatria malam, toh, masih tetap mengangkat tema petualangan Batman yang masih tergolong 'muda'. Sangat berbeda dengan Batman dalam film 'Batman V Superman', dalam film ini, Batman dikisahkan sudah memakai kostum Batman selama kurang lebih 20 tahun. Wow, waktu yang cukup lama, bukan ? beberapa sumber juga mengatakan bahwa Bruce Wayne dalam film ini berumur 40 tahunan yang mana mirip dengan umur Ben Affleck sendiri. Jadi, bisa dibilang Batman versi Ben Affleck adalah versi Batman paling tua sejauh ini.

2. Batman dengan Kostum yang paling mirip dengan versi komik

Batfleck-comic-Batsuit

Berdasarkan apa yang kami lihat sejauh ini, Ketika kisah superhero dari komik diadaptasi ke film layar lebar, maka sudah bisa dipastikan kostum sang superhero akan disesuaikan sedemikian rupa sehingga terlihat sedikit bahkan kadang sangat berbeda dengan versi komiknya. Perubahan desain kostum tidak sepenuhnya buruk, namun adalah sesuatu yang menyenangkan bisa melihat karakter superhero favorit kita menggunakan kostum yang mirip dengan versi komik. Berbicara tentang kostum Batman sendiri, perubahan memang tidak terlalu berlebihan, Namun jika mau membandingkan kostum Batman mana yang paling mirip dengan komik, maka Batman versi Ben Affleck lah jawabannya. Sejauh ini, hanya Batfleck yang menggunakan baju berbentuk 'body suit' (Batman - Batman sebelumnya menggunakan semacam armor-kevlar anti peluru) yang memiliki warna berbeda dengan jubah dan topengnya - sangat mirip dengan warna kostum dalam komik. Sedangkan Batman versi sebelumnya selalu menggunakan warna yang sama antara Body suit, cowl (topeng) dan jubahnya.

3. Batman yang paling Tech-Savvy

Batman-tech-savvy

Tech-Savvy adalah istilah untuk menggambarkan orang yang cukup ahli dan banyak menggunakan teknologi modern. Nah, dari semua versi Batman yang pernah ada, Batman versi Ben Affleck adalah yang paling tech-savvy. Ini bisa dilihat dari teknologi pada Bat-Cowl (topeng Batman) - yang dilengkapi berbagai sensor, microchip, lensa dan microphone. Selain itu, Batman ini adalah yang pertama menggunakan Bat-Armor dalam aksinya, sebuah teknologi canggih yang tidak pernah digunakan Batman pendahulunya.

4. Batman yang dilatih dan banyak dibantu Alfred

Bruce-Alfred

Dalam kebanyakan film - film Batman sebelumnya, karakter Alfred Pennyworth, pelayan setia Bruce Wayne, jarang mendapatkan peran lebih dari sekedar 'pelayan'. Baru dalam film Batman karya Nolan, karakter Alfred mendapatkan porsi peran yang lebih besar. Dalam trilogi Batman Nolan, Alfred yang diperankan oleh Michael Caine, diperlihatkan cukup banyak membantu aksi vigilante Batman. Dalam film 'Batman V Superman', Alfred akan mendapat porsi peran yang lebih besar lagi, dikisahkan bahwa Alfred yang kali ini diperankan Jeremy Irons adalah seorang mantan tentara inggris. Bagi keluarga Wayne, Alfred versi Jeremy Irons bukanlah seorang pelayan tapi seorang bodyguard. Ketika kedua orang tua Bruce meninggal, Alfred memutuskan menjadi pengasuh Bruce Wayne muda. Berbekal semua kemampuan yang didapat ketika menjadi seorang tentara SAS (Special Air Service), Alfred ala Jeremy Irons melatih dan membantu Bruce dalam menjalankan aksinya sebagai Batman.

5. Batman ini adalah bagian dari Justice League

Batman-Justice-League

Poin terakhir ini mungkin merupakan perbedaan paling mencolok antara Batman versi Ben Affleck dengan Batman versi sebelumnya. Batman ala Ben Affleck adalah Batman pertama dan satu - satunya yang dikisahkan berada pada universe / dunia yang sama dengan Superman dan anggota Justice League yang lain. Sebenarnya ide tentang film Batman dan anggota Justice League pernah dicetuskan beberapa tahun silam, tepatnya pada tahun 2007, George Miller (sutradara 'Mad Max: Fury Road') dikabarkan ingin membuat film Justice league yang diberi judul 'Justice League: Mortal' yang rencananya akan dirilis tahun 2009. Namun, film ini akhirnya gagal diproduksi akibat aksi protes para penulis dan  beberapa hambatan lainnya.

Penutup

Bagaimana menurut pembaca sekalian ? apakah ada perbedaan yang terlewat ? Jika teman – teman merasa ada yang kurang atau perlu dikoreksi, beritahu kami lewat kolom komentar ya.

No comments:

Post a Comment