Monday, July 18, 2016

Daftar Film Kartun dan Animasi Terbaik Versi Academy Awards (2010 – 2016)

Film-animasi-terbaik-oscar

Saat ini, film – film animasi tidak hanya bisa dinikmati anak – anak, tetapi juga orang dewasa. Rangkaian cerita yang lebih universal dengan balutan pesan – pesan kehidupan membuat film animasi mampu menghibur semua umur. Belakangan, kualitas film yang dihasilkan berbagai studio animasi pun kian meningkat. Buktinya, ada beberapa film animasi yang dinominasikan sebagai film terbaik dalam ajang Academy Awards. Wow.

Kehadiran film animasi “Beauty and The Beast”, yang rilis tahun 1992, merubah pandangan banyak orang tentang film animasi. Bagaimana tidak, Film animasi produksi Walt Disney tersebut punya potensi memenangkan penghargaan film terbaik, sesuatu yang tidak pernah dibayangkan para pengamat filmnya sebelumnya. Kesuksesan film yag berkisah tentang si cantik dan si buruk rupa ini mendorong lahirnya sebuah penghargaan untuk film animasi terbaik, yang diberikan pertama kali pada perhelatan Academy Award yang ke – 74 tahun 2002.

Film animasi pertama yang mendapatkan piala oscar (sebutan untuk piala Academy Awards) adalah Shrek, yang diproduksi studio animasi Dreamworks. Sejak saat itu, sudah ada banyak film animasi yang dilempar ke pasaran dengan kualitas (dari segi tampilan dan cerita) yang semakin lama semakin meningkat. Studio animasi baru pun mulai bermunculan, menambah ragam jenis genre dan cerita yang dihasilkan.

Bagi Anda yang menggemari film animasi, pasti sudah tidak sabar untuk mengetahui film apa saja yang pernah mendapatkan penghargaan bergengsi Academy Awards. Berikut daftar film animasi terbaik versi Academy Awards tahun 2010 – 2016 :

Film Animasi Terbaik Tahun 2010

Pemenang oscar kategori film animasi terbaik pada tahun 2010 adalah film “Up” produksi studio animasi Pixar. Kemenangan ini membuat Pixar, yang telah dibeli Disney pada tahun 2006 silam, menjadi studio animasi dengan piala oscar terbanyak, yaitu total 5 piala oscar. Film “Up” sendiri berhasil meraup lebih dari 700 juta dolar di seluruh dunia. Film ini juga dinominasikan untuk kategori Best Picture, Best original Screenplay, Best Original Score, dan Best Sound Editing.

Selain mendapat Oscar, “Up” juga berhasil meraih penghargaan Annie Award kategori best feature film, Golden Globe, dan slew of critics' choice awards. Film “Up” bukan satu – satunya film animasi berkualitas di tahun 2010. Meski tidak mendapat penghargaan film animasi terbaik, namun empat film animasi yang menjadi nominasi juga tidak kalah bagus. Berikut daftar lengkap pemenang dan nominasi film animasi terbaik versi Academy Awards tahun 2010 lalu :

1. Up (pemenang)

Up

Studio : Pixar

Sutradara : Pete Docter and Bob Peterson

Sinopsis

Carl Fredricksen, seorang kakek tua berumur 78 tahun, berkelana menuju Paradise Falls beserta rumahnya yang dipasangkan banyak balon sebagai kendaraan. Tak disangka, selain Carl, ternyata ada orang lain dalam perjalanan tersebut.

2. Coraline (Nominasi)

Coraline

Studio : Focus Features, Laika Entertainment

Sutradara : Henry Selick

Sinopsis

Seorang gadis petualang menemukan sebuah dunia lain di rumahnya, yang ternyata merupakan versi ideal dari rumahnya, namun memiliki rahasia yang menyeramkan.

3. Fantastic Mr. Fox (Nominasi)

fantastic-mr-fox

Studio : Blue Sky Studios

Sutradara : Wes Anderson

Sinopsis

Mr. Fox, seekor rubah yang sudah insyaf, ingin melakukan tindakan liarnya sekali lagi, yaitu mencuri dari para petani. Tindakannya ini memicu masalah, ia pun harus membela kaumnya dari pembalasan para petani.

4. The Princess and The Frog (Nominasi)

The-Princess-And-The-Frog

Studio : Walt Disney Pictures

Sutradara : John Musker , Ron Clements

Sinopsis

Film ini adalah versi modern dari cerita klasik puteri dan pangeran katak. Tiana, Seorang wanita pelayan restoran, yang ingin mewujudkan mimpinya memiliki restoran sendiri, berusaha merubah kembali pangeran katak menjadi manusia dengan menciumnya. Sayang, bukannya berhasil, Tiana justru ikut menjadi katak. Dimulailah petualangan keduanya demi bebas dari kutukan.

5. Brendan and The Secret of Kells (Nominasi)

secret_of_kells

Studio : Les Armateurs, Cartoon Saloon

Sutradara : Tomm Moore, Nora Twomey

Sinopsis

Brendan muda tinggal di sebuah pos pedalaman abad pertengahan di bawah kepungan orang bar – bar. Ia tergerak untuk melakukan sebuah petualangan setelah kedatangan seorang master illuminator pembawa buku kuno yang penuh dengan kebijaksanaan dan kekuatan. Demi membantu melengkapi buku magis tersebut, Brendan harus mengatasi rasa takutnya dan berkelana menuju hutan ajaib, di mana mahluk – mahluk mistis hidup.

Film Animasi Terbaik Tahun 2011

Tahun 2011 lagi – lagi menjadi tahunnya Pixar. Kali ini, studio animasi berpengalaman itu menyabet piala Oscar dengan film “Toy Story 3”. Film ini berhasil meraup pendapatan sekitar 1,1 miliar dolar Amerika di seluruh dunia. “Toy Story 3” juga dinominasikan untuk kategori Best Picture namun kalah dari film “The King’s Speech”.

“Toy Story 3” bukanlah satu – satunya film animasi berkualitas di tahun 2011. Meski tidak berhasil membawa pulang piala Oscar, film – film yang menjadi nominasi juga tidak kalah bagus. Berikut daftar lengkap film animasi yang menjadi pemenang dan nominasi Academy Awards tahun 2011 :

1. Toy Story 3 (pemenang)

Toy-Story-3

Studio : Pixar

Sutradara : Lee Unkrich

Sinopsis

Secara tidak sengaja, para mainan justru dikirim ke tempat penitipan anak, bukannya ke loteng rumah, ketika Andy pergi untuk belajar di Universitas. Woody pun harus berusaha keras meyakinkan teman – temannya bahwa mereka tidak dibuang, dan bersiap kembali pulang.

2. How To Train Your Dragon (Nominasi)

How-to-Train-Your-Dragon

Studio : DreamWorks Animation

Sutradara : Dean DeBlois, Chris Sanders

Sinopsis

Dahulu kala, di sebuah pulau bernama Berk, Hiccup, seorang Viking muda, ingin bergabung dalam pertarungan melawan naga, yang selama ini mengganggu desanya. Tetapi, sang ayah, yang juga pemimpin suku dan bertubuh kekar, tidak mengijinkan anaknya yang lemah, ceroboh, namun cerdas, untuk ikut serta.

Tanpa memperdulikan larangan sang ayah, Hiccup ikut serta dalam perburuan naga, dan secara mengejutkan berhasil menembak jatuh seekor Night Fury (salah satu jenis naga) dengan alat ciptaannya.

Hiccup yang awalnya berniat membunuh naga buruannya, malah berteman dengan hewan tersebut, dan menyadari bahwa orang – orang telah salah menilai kawanan naga.

3. L’illusionniste (Nominasi)

The-illusionist

Studio : Django Films

Sutradara : Sylvain Chomet

Sinopsis

Seorang illusionist yang kurang beruntung berteman dengan pengagum wanitanya yag cantik. Ia merasa segala usaha untuk membuat kagum wanita tersebut adalah kegagalan terbesarnya.

Saat ini, panggung dan berbagai tempat pertunjukan besar sudah diambil alih para penyanyi rock dan pop. Sang illusionist terpaksa melakukan aksinya di tempat – tempat kecil, seperti kafe, bar, dan ruang bawah tanah, demi bisa bertahan hidup.

Suatu hari, ketika sedang beraksi di pub orang skotlandia, di sebuah pulau terpencil, yang baru saja mendapatkan pasokan listrik, sang illusionist bertemu dengan seorang wanita muda bernama Alice, yang sangat kagum dengan kemampuan ilusinya.

Alice mengira bahwa sang illusionist benar – benar memiliki kemampuan supranatural, dan setuju untuk menemaninya dalam perjalanan ke Edinburgh, dimana sang illusionist akan mengadakan pertunjukannya.

Rasa kasih sayang dan antusiasme Alice menginspirasi sang illusionist, ia pun menggunakan kemampuannya untuk memberikan berbagai hadiah kapada pengagum wanitanya tersebut.

Tak mampu berkata jujur kepada Alice tentang kemampuannya, sang illusionist terus memberikan hadiah sampai tidak ada yang tersisa lagi.

Film Animasi Terbaik Tahun 2012

Penghargaan film animasi terbaik Oscar tahun 2012 dimenangkan oleh “Rango”. Selain Oscar, film ini juga berhasil meraih penghargaan BAFTA dan People’s Choice Award untuk kategori “Favorite Animated Movie Voice”. “Rango” berhasil meraih pendapatan lebih dari 245 juta dolar Amerika di seluruh dunia.

Dengan budget sekita 135 juta dolar, “Rango” adalah salah satu film animasi termahal yang pernah diproduksi studio Nickelodeon Movies.

“Rango” bukanlah satu – satunya film animasi berkualitas di tahun 2012. Film – film yang menjadi nominasi film animasi terbaik juga memiliki kualitas yang tak kalah bagus. Berikut daftar lengkap pemenang dan nominasi film animasi terbaik piala Oscar tahun 2012 :

1. Rango (pemenang)

Rango

Studio : Nickelodeon Movies

Sutradara : Gore Verbinski

Sinopsis

Ranggo adalah bunglon peliharaan yang tengah mengalami krisis identitas. Sebagai seorang bunglon, tujuan hidupnya tidak lebih dari bagaimana berbaur dengan lingkungan sekitar. Suatu hari, ia terdampar di sebuah kota kecil di tengah padang pasir, tempat di mana para mahluk licik dan aneh tinggal. Secara kebetulan, penduduk kota menyangka Rango adalah seorang pahlawan, lalu memintanya menjadi sherif baru mereka. Sempat ragu, Rango akhirnya setuju mengemban jabatan barunya, sambil menyimpan pergolakan batin.

2. A Cat in Paris (Nominasi)

A-Cat-in-Paris

Studio : Folimage

Sutradara : Alain Gagnol, Jean-Loup Felicioli

Sinopsis

Dino adalah seekor kucing peliharaan yang menjalani dua kehidupan berbeda. Siang hari, ia hidup dengan Zoe, seorang gadis kecil bisu, yang ibunya bekerja sebagai detektif di kepolisian Paris. Malam harinya, ia keluar dari rumah untuk bekerja dengan Nico, seorang pencuri baik hati, yang mampu bergerak dengan sangat lincah, dari satu gedung ke gedung lain.

Dua kehidupan ini harus berbenturan ketika suatu hari Zoe mengikuti Dino dalam aktifitas malamnya. Tak disangka, Zoe malah ditangkap oleh Victor Costa, seorang gangster yang berencana mencuri sebuah patung langka.

Dino dan Nico akhirnya harus bekerja sama untuk menyelamatkan Zoe dari cengkraman para gangster yang serakah dan kejam.

3. Chico & Rita (Nominasi)

chicoandrita

Studio : Magic Light Pictures

Sutradara : Fernando Trueba, Javier Mariscal

Sinopsis

Kuba, 1948. Chico adalah seorang pianist dengan mimpi yang besar. Rita adalah seorang penyanyi dengan suara yang indah. Musik dan romantisme menyatukan mereka, namun perjalanan mereka – dalam tradisi latin Balad, Balero, penuh dengan rasa sakit hati dan kesedihan. Dari Havana hingga New York, Paris, Hollywood, dan Las Vegas, mereka berdua berjuang melawan berbagai rintangan guna bersatu dalam musik dan cinta.

4. Kung Fu Panda 2 (Nominasi)

kung_fu_panda_2

Studio : DreamWorks Animation

Sutradara : Jennifer Yuh Nelson

Sinopsis

Dalam Kung fu Panda 2, sesuai dengan impiannya, Po berperan sebagai sang pendekar naga. Ia melindungi lembah kedamaian bersama lima temannya yang juga ahli kungfu, “The Furious Five”. Namun, hidup damai Po harus diusik oleh kemunculan penjahat hebat, yang berencana menggunakan senjata rahasia sakti untuk menaklukkan cina dan menghancurkan kungfu. Bertekad menghentikan sang penjahat, Po melihat ke masa lalu dan mencoba mengungkap misteri asal – usulnya, guna mendapatkan kekuatan tersembunyi untuk menyelamatkan teman – temannya.

5. Puss in Boots (Nominasi)

puss-in-boots

Studio : DreamWorks Animation

Sutradara : Chris Miller

Sinopsis

Bertahun – tahun sebelum bertemu Shrek dan Donkey, si kucing bersepatu, yang imut dan cerdas, harus membersihkan namanya dari segala tuduhan yang menjadikannya buronan. Ketika sedang berusaha mencuri buncis ajaib dari penjahat terkenal Jack dan Jill, ia bertemu dengan kucing betina (yang mirip dirinya dari segi gaya) bernama Kitty Softpaws, yang menuntunnya menuju teman lama, Humpty Dumpty, yang sekarang menjadi musuhnya. Kenangan persahabatan dan pengkhianatan membuat sang kucing ragu, namun akhirnya setuju membantu teman lamanya tersebut mencuri buncis ajaib. Bersama - sama, mereka bertiga berencana mencuri buncis ajaib, menuju ke kastil raksasa, menangkap angsa emas, dan membersihkan nama baik sang kucing.

Film Animasi Terbaik Tahun 2013

Penghargaan film animasi terbaik Oscar tahun 2013 dimenangkan oleh Brave, film ketujuh produksi Pixar yang mendapatkan Oscar. Film ini berhasil meraih pendapatan lebih dari 535 juta dolar dan menjadi hits di seluruh dunia. Bagi Pixar, “Brave” adalah film yang cukup penting, karena merupakan film animasi pertama yang mereka buat dengan tokoh utama wanita.

“Brave” adalah satu dari tiga film animasi keluaran Disney yang dinominasikan untuk kategori film animasi terbaik Academy Awards. Selain Oscar, film ini juga meraih penghargaan film animasi terbaik di ajang Golden Globe dan BAFTAs. Berikut daftar lengkap pemenang dan nominasi film animasi terbaik Academy Awards tahun 2013 :

1. Brave (Pemenang)

brave

Studio : Pixar

Sutradara : Mark Andrews dan Brenda Chapman

Sinopsis

Merida, seorang puteri skotlandia, memiliki kegemaran yang tidak biasa, yaitu menunggang kuda dan memanah. Sang ibu melarang Merida melakukan hobinya tersebut, dan justru menyuruhnya untuk menikah. Merida menentang keinginan ibunya. Ketika ia dan ibunya bertengkar hebat, Merida pergi menemui seorang penyihir dan meminta sebuah mantra untuk merubah ibunya. Ketika perubahan ibunya tidak seperti yang diinginkan, Merida harus mencari cara untuk memperbaiki keadaan.

2. Frankenweenie (Nominasi)

FRANKENWEENIE

Studio : Walt Disney Pictures

Sutradara : Tim Burton

Sinopsis

Di New Holland, hiduplah Victor Frankenstein, seorang anak yang cerdas namun penyendiri, tak memiliki teman kecuali anjing bernama Sparky. Suatu hari, Victor ingin mengikuti lomba Science, tapi ayahnya tidak akan mengijinkan kecuali ia mau ikut bermain baseball. Victor pun terpaksa ikut bermain baseball. Saat sedang bermain, Sparky mengejar bola dan secara tragis tertabrak mobil.

Victor ingat kata – kata gurunya tentang efek listrik dan berhasil membangkitkan anjingnya dengan bantuan petir. Victor menyembunyikan Sparky di loteng, tapi si aneh Edgar melihatnya dan memaksa Victor untuk memberitahunya bagaimana membangkitkan orang yang sudah mati.

Edgar tidak menepati janji untuk tidak membocorkan rahasia Victor, dan malah membangkitkan berbagai mahluk demi memenangkan kontes science. Ketika keadaan memburuk dan kota dikepung berbagai monster yang bangkit dari kematian, Victor dan Sparky adalah satu – satunya harapan untuk menyelamatkan Elsa Van Helsing dari cengkraman Mr. Whiskers.

3. ParaNorman (Nominasi)

paranorman

Studio : Laika Entertainment

Sutradara : Sam Fell, Chris Butler

Sinopsis

Di Blithe Hollow, seorang anak penyendiri Norman Babcock hidup bersama ayahnya, Perry, ibunya, Sandra, dan kakak perempuannya, Courtney. Norman dianggap orang aneh oleh teman sekolahnya karena kemampuannya berbicara dengan arwah orang yang sudah mati. Paman Norman yang sering dianggap gila, Mr. Prenderghast menemui Norman dan menyuruh keponakannya tersebut melindungi kota dari kutukan penyihir. Tidak lama kemudian, Mr. Prenderghast meninggal dan hantunya menjelaskan bahwa Norman harus mengambil bukunya dan melakukan sebuah ritual di kuburan penyihir.

Norman pergi mencari buku tersebut dan bergegas menuju kuburan tujuh orang yang pernah mengutuk sang penyihir. Sayang, ritual yang dilakukan Norman terganggu oleh kemunculan Alvin, orang yang sering mengganggunya di sekolah, dan akhirnya menyebabkan bangkitnya para mayat, yang kemudian menyerang kota.

Norman bermimpi bertemu dengan sang penyihir, yang ternyata adalah seorang gadis bernama Agatha, yang dihukum mati karena kemampuan supranaturalnya. Sekarang, Norman harus berusaha meyakinkan Agatha bahwa aksi balas dendamnya akan membuatnya sama seperti orang – orang yang telah membunuhnya.

4. The Pirates! Band of Misfits (Nominasi)

The-Pirates-Band-of-Misfits

Studio : Aardman Animations

Sutradara : Peter Lord

Sinopsis

Dalam “The Pirates! Band of Misfits”, Hugh Grant Berperan sebagai sang bajak laut yang tidak terlalu sukses di lautan. Bersama kru kapal yang tidak kompeten dan berbagai tantangan di depannya, Sang kaptem bajak laut bermimpi memenangkan penghargaan “bajak laut terbaik”, mengalahkan dua pesaingnya, Black Bellamy (Jeremy Piven) dan Cutlass Liz (Salma Hayek).

Ini adalah sebuah perjalanan yang membawa sang kapten dari pulau yang eksotis sampai jalanan berkabut kota London. Sepanjang perjalanan, kita akan disuguhi pertarungan dengan ratu yang kejam (Imelda Staunton) dan kerja sama dengan iluwan muda (David Tennant). Bersiaplah menyaksikan petualangan terhebat sang bajak laut.

5. Wreck-It Ralph (Nominasi)

Wreck-It-Ralph

Studio : Walt Disney Pictures

Sutradara : Rich Moore

Sinopsis

Wreck-it Ralph ingin dicintai layaknya karakter baik dalam game-nya, Fix-it Felix. Masalahnya, orang tidak mencintai penjahat seperti dirinya dan lebih menyukai pahlawan. Maka ketika sebuah game modern datang, Ralph melihatnya sebagai kesempatan menjadi seorang pahlawan. Ia berpikir untuk mendapatkan medali dari game tersebut. Namun sayang, niat ingin mendapatkan medali malah berubah menjadi malapetaka, ketika usaha Ralph malah membebaskan musuh yang mengancam keberadaan game.

Satu – satunya harapan untuk menyelamatkan game adalah Venellope Von Schweetz, seorang gadis kecil pembuat masalah dari sebuah game balap permen dan kue, yang mungkin saja adalah orang yang akan mengajari Ralph arti menjadi “Orang Baik”. Akankah keinginan Ralph menjadi pahlawan akhirnya terwujud ? Bisakah ia menyelamatkan Game dari bahaya yang mengintai ?

Film Animasi Terbaik Tahun 2014

Frozen berhasil meraih penghargaan film animasi terbaik di ajang Academy Awards tahun 2014. Diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios, berdasarkan cerita Snow Queen karya Hans Christian Andersen, dan disutradarai oleh Chris Buck, Frozen sukses besar di seluruh dunia dengan pendapatan lebih dari 980 juta dolar Amerika dan merupakan film animasi tersukses kedua produksi Disney.

Frozen tentunya bukan satu – satunya film animasi berkualitas yang dirilis tahun 2014. Film – film yang menjadi nominasi film animasi terbaik Oscar juga tidak kalah berkualitas. Berikut daftar lengkap pemenang dan nominasi film animasi terbaik Academy Awards tahun 2014 :

1. Frozen (Pemenang)

Frozen

Studio : Walt Disney Pictures

Sutradara : Chris Buck, Jennifer Lee, Peter Del Vecho

Sinopsis

Anna, gadis pemberani dan optimis, melakukan perjalanan hebat bersama orang hutan yang kasar, Kristoff, beserta rusa kutubnya yang setia, Sven, untuk mencari saudara perempuannya, Elsa, yang kekuatan sihir es-nya telah membuat kerajaan Arendelle berada dalam musim dingin yang abadi. Dalam perjalanan, Anna dan Kristoff bertemu dengan mahluk mistis troll dan orang – orangan salju bernama Olaf. Mereka berdua harus berpacu dengan cuaca yang kurang bersahabat demi menyelamatkan kerajaan.

Dari luar, Elsa keliatan anggun dan tegar. Padahal, setiap hari ia hidup dalam ketakutan karena kekuatan sihir yang ia miliki, sihir untuk menciptakan salju dan es. Sebuah kekuatan sihir yang indah sekaligus berbahaya. Dihantui perasaan bersalah ketika ia hampir membunuh adik perempuannya dengan kekuatan sihir tersebut, Elsa mengurung diri, dan selalu berusaha meredam kekuatannya yang terus tumbuh. Perasaan terpendamnya secara tidak sengaja telah memicu kemampuan sihirnya untuk menciptakan musim dingin abadi yang tidak bisa ia hentikan. Elsa khawatir ia telah menjelma menjadi monster yang tidak bisa dihentikan, bahkan oleh adiknya sendiri.

2. The Croods (Nominasi)

The-Croods

Studio : DreamWorks Animation

Sutradara : Chris Sanders, Kirk DeMicco, Kristine Belson

Sinopsis

Sebuah keluarga Neanderthal Croods hidup di gua, dilindungi oleh sang ayah, Grug, berdasarkan cara – cara bertahan hidup yang telah lama ia pelajari. Anak perempuannya yang masih remaja, Eep, adalah seorang pemberontak yang selalu mempertanyakan mengapa mereka hidup dalam kegelapan. Suatu malam, Eep melihat sebuah cahaya, yang ternyata bersumber dari api yang diciptakan oleh manusia Homosapien bernama Guy, yang berkata bahwa dunia akan hancur.

Ketika gua yang mereka tinggali runtuh, Eep pergi mencari Guy, dan berniat mengikutinya mencari dunia baru. Namun sang ayah Grug tidak bisa menerima perubahan dan lebih memilih mencari gua baru untuk mereka tinggali.

3. Despicable Me 2 (Nominasi)

Despicable-me-2

Studio : Illumination Entertainment

Sutradara : Pierre Coffin, Chris Renaud, Chris Meledandri

Sinopsis

Ketika Gru, yang mantan penjahat super sedang berusaha beradaptasi dengan kehidupan normal dan mencoba hidup jujur dengan keluarganya, sebuah senjata rahasia dari kutub utara dicuri orang. Sebuah organisasi Anti-Penjahat The Anti-Villain League membutuhkan info “orang dalam” dan akhirnya merekrut Gru dalam penyelidikan mereka.

Bersama dengan agen eksentrik, Lucy Wilde, Gru berkesimpulan bahwa tersangka utamanya adalah seorang penjahat yang disangka sudah mati, El Macho, yang kebetulan anak laki – lakinya juga sedang mendekati anak perempuan tertua Gru, Margo.

Namun penyelidikan Gru sepertinya berjalan ke arah yang salah karena terpengaruh kekhawatirannya terhadap Margo dan ketertarikannya kepada Lucy. Di lain pihak, para minion pelayan Gru diculik untuk tujuan jahat.

4. Ernest And Celestine (Nominasi)

Ernest_Celestine

Studio : Les Armateurs

Sutradara : Benjamin Renner, Didier Brunner

Sinopsis

Ada sebuah dunia di mana para beruang hidup di permukaan tanah dan tikus di bawah tanah. Kedua jenis hewan ini hidup dengan ketakutan dan kebencian satu sama lain. Anehnya, Celestine, yang merupakan seekor tikus asisten dokter gigi, merasakan sebuah kesamaan dengan Ernest, seekor beruang pemain musik miskin, yaitu perasaan ditolak oleh dunia mereka masing – masing. Terlepas dari kemalangan yang mereka alami, dua mahluk terasing ini semakin lama semakin dekat dan berteman baik.

Tentu saja, hubungan ini ditentang keras penduduk kota. Ernest dan Celestine harus memperjuangkan persahabatan mereka dan berusaha merubah pandangan negatif orang – orang.

5. The Wind Rises (Nominasi)

The-Wind-Rises

Studio : Studio Ghibli

Sutradara : Hayao Miyazaki, Toshio Suzuki

Sinopsis

Jiro bermimpi terbang dan mendesain pesawat terbang, terinspirasi oleh desainer aeronautika italia, Caproni. Menderita rabun dekat sejak kecil dan tidak bisa menjadi pilot, Jiro bergabung dengan perusahaan engineering jepang dan menjadi salah satu desainer pesawat terbang paling sukses dan inovatif.

Film ini banyak menceritakan tentang kisah hidupnya, memperlihatkan momen – momen penting, termasuk gempa bumi dahsyat di Kanto tahun 1923, masa depresi berat, masa epidemik penyakit TBC, dan masa perang Jepang. Jiro bertemu dan akhirnya jatuh cinta pada Nahoko, dan membina hubungan pertemanan dengan koleganya, Honjo.

Film Animasi Terbaik Tahun 2015

Piala Oscar untuk kategori film animasi terbaik tahun 2015 dimenangkan oleh film “Big Hero 6”. Film ini terinspirasi komik tim Superhero karangan Don Hall, yang menceritakan kisah anak ahli pembuat robot membentuk tim Superhero untuk melawan penjahat bertopeng. Big Hero meraih pendapatan lebih dari 540 juta dolar di seluruh dunia. Berikut daftar lengkap pemenang dan nominasi film animasi terbaik ajang Academy Awards tahun 2015 :

1. Big Hero 6 (Pemenang)

Big-Hero-6

Studio : Walt Disney Pictures

Sutradara : Don Hall, Chris Williams and Roy Conli

Sinopsis

Seorang anak jenius ahli membuat robot bernama Hiro Hamada menemukan robot balon udara Baymax yang diciptakan oleh kakaknya, Tedashi. Setelah mengalami musibah (kakaknya meninggal dalam sebuah kebakaran), Hiro, Baymax, dan empat sahabat kakaknya bekerja sama untuk menyelamatkan kotanya, San Fransokyo, dari penjahat super yang berusaha mengambil alih teknologi ciptaan Hiro.

2. The Boxtrolls (Nominasi)

the-boxtrolls

Studio : Laika Entertainment

Sutradara : Anthony Stacchi, Graham Annable and Travis Knight

Sinopsis

“THE BOXTROLLS” adalah sebuah perkumpulan mahluk usil dan nakal yang membesarkan seorang anak manusia yatim piatu bernama Eggs di sebuah rumah bawah tanah yang dibangun di bawah jalan – jalan kota Cheesebridge. Film ini berkisah tentang usaha Eggs menyelamatkan temannya dari penjahat The Town’s Villain, Archibald Snatcher. Ketika Snatcher berencana membasmi The Boxtrolls, Eggs memutuskan untuk naik ke permukaan dan membuat rencana berbahaya untuk menyelamatkan keluarga The Boxtrolls. Film ini berdasarkan novel cerita anak – anak berjudul “Here Be Monsters” karya Alan Snow.

3. How to Train Your Dragon 2 (Nominasi)

How_To_Train_Your_Dragon_2

Studio : DreamWorks Animation

Sutradara : Dean DeBlois and Bonnie Arnold

Sinopsis

Sudah lima tahun lamanya sejak Hiccup dan Toothless berhasil menyatukan kawanan naga dan para Viking. Ketika Astrid, Snotlout, dan teman – teman asyik bersaing dalam lomba naga, Hiccup dan Toothless lebih memilih terbang mengunjungi berbagai daerah yang belum dijamah banyak orang. Ketika petualangan mereka itu menuntun ke sebuah gua es yang dihuni kumpulan naga dan seorang pengendara naga misterius, Hiccup dan Toothless mendapati diri mereka di tengah - tengah pertarungan melindungi perdamaian. Dua sahabat baik ini pun tak tinggal diam, mereka bertekad berjuang untuk apa yang diyakini dan berusaha memperjuangkan masa depan manusia dan naga.

4. Song of the Sea (Nominasi)

song-main

Studio : Cartoon Saloon

Sutradara : Tomm Moore and Paul Young

Sinopsis

Saoirse adalah anak terakhir golongan Selkies, wanita yang dalam legenda Irlandia dan Skotlandia mampu berubah bentuk dari anjing laut menjadi manusia. Ia melarikan diri dari rumah neneknya dan melakukan perjalanan mengarungi lautan namun akhirnya malah terjebak dalam dunia modern.

5. The Tale of the Princess Kaguya (Nominasi)

tale-of-princess-kaguya-1

Studio : Studio Ghibli

Sutradara : Isao Takahata and Yoshiaki Nishimura

Sinopsis

Seorang lelaki tua yang hidup dengan berjualan bambu menemukan seorang puteri dalam sebuah bambu. Puteri itu bernama Kaguya dan tubuhnya hanya seukuran jari. Ketika sang puteri tumbuh besar, lima laki – laki dari keluarga terhormat melamarnya. Kaguya meminta mereka mencarikan hadiah pernikahan yang bagus dan mengesankan tapi mereka tidak sanggup. Kemudian, kaisar Jepang melamar Kaguya...

Film Animasi Terbaik Tahun 2016

Film animasi “Inside Out” berhasil menyabet penghargaan film animasi terbaik Oscar tahun 2016. Kemenangan ini memang sudah banyak diprediksi orang karena kualitas filmnya yang memang di atas rata – rata. Film ini adalah film kedelapan produksi Pixar yang mendapatkan piala Oscar. Selain Oscar, “Inside Out” juga berhasil unggul dalam 10 kategori di ajang Annie Awards dan mendapat trofi film animasi terbaik dalam ajang BAFTAs. Film ini berhasil meraih pendapatan 356 juta dolar di Amerika dan 500 juta dolar di luar Amerika. Berikut daftar lengkap pemenang dan nominasi film animasi terbaik Academy Awards tahun 2016 :

1. Inside Out (Pemenang)

inside-out

Studio : Pixar Animation Studios, Walt Disney Pictures

Sutradara : Pete Docter, Jonas Rivera

Sinopsis

Tumbuh dewasa bisa menjadi proses yang penuh rintangan, tidak terkecuali untuk Riley, apalagi ia harus pindah ke lingkungan baru ketika ayahnya mendapatkan pekerjaan di San Fransisco. Seperti kebanyakan orang, Riley dipandu oleh emosinya – bahagia, takut, marah, dan sedih. Empat emosi ini tinggal di ruang kendali, pusat kontrol di pikiran Riley, tempat semua keputusan dibuat. Ketika Riley sedang berusaha beradaptasi dengan lingkungan barunya, kekacauan terjadi di ruang kendali emosi. Meski bahagia, emosi utama dan paling penting Riley, berusaha sekuat tenaga menjaga segalanya agar tetap positif, para emosi tak kompak dalam menentukan cara terbaik bersikap di kota, rumah, dan sekolah baru.

2. Anomalisa (Nominasi)

Anomalisa

Studio : Paramount Pictures, Starburns Industries

Sutradara : Duke Johnson, Charlie Kaufman, Rosa Tran

Sinopsis

Michael Stone adalah orang yang tidak banyak bergaul dengan orang lain. Hidupnya jadi membosankan dan monoton karena ia kurang sensitif dan tidak punya ketertarikan pada apapun. Namun semua berubah ketika dalam sebuah perjalanan bisnis, ia bertemu dengan orang asing – orang asing yang luar biasa, yang sedikit demi sedikit merubah pandangan negatifnya akan hidup dan kemungkinan akan merubah hidupnya yang selama ini membosankan.

3. Boy & The World (Nominasi)

boyandtheworld

Studio : Filme de Papel

Sutradara : Alê Abreu

Sinopsis

Cuca adalah anak laki – laki yang hidup di sebuah dunia yang jauh, di sebuah negeri dongeng. Suatu hari, ayahnya pergi mencari kerja, menaiki kereta menuju kota entah berantah. Beberapa minggu setelahnya adalah kenangan yang menyedihkan lagi membingungkan. Sampai suatu hari, hembusan angin malam mendobrak jendela dan membawa sang anak kecil menuju ke tempat yang jauh dan ajaib.

4. When Marnie Was There (Nominasi)

Anna-and-Marnie-boat

Studio : Studio Ghibli

Sutradara : Yoshiaki Nishimura, Toshio Suzuki, Hiromasa Yonebayashi

Sinopsis

Seorang gadis kecil, yang dikirim ke sebuah desa untuk hidup dengan kerabatnya, terobsesi dengan sebuah rumah besar tak berpenghuni dan anak perempuan yang tinggal di dalamnya.

5. Shaun the Sheep Movie (Nominasi)

shaun-the-sheep-movie

Studio : Aardman Animations

Sutradara : Mark Burton, Richard Starzak

Sinopsis

Shaun, si domba nakal, bosan dengan pekerjaan sehari – hari di ladang dan ingin berlibur. Untuk itu, ia pun membuat sang pemilik ladang tertidur. Tak disangka, karavan tempat tidur pemilik ladang tiba – tiba berjalan sendiri dan membawanya ke kota. Bitzer, si anjing penjaga, mengejar tuannya dan menyuruh para domba tetap di ladang selama ia pergi. Ketika sang pemilik ladang dan anjing penjaga tak kunjung kembali, Shaun dan para domba berpikir untuk menyusul mereka. Dimulailah petualangan seru Shaun dan para domba di kota besar...

No comments:

Post a Comment