Tuesday, August 23, 2016

8 Fakta Menarik Tentang Doctor Strange

Fakta-Unik-Menarik-Doctor-Strange

Kedatangan Doctor Strange membawa angin segar. Karakter ini akan memperkenalkan konsep sihir, sesuatu yang belum banyak dieksplor di Marvel Cinematic Universe. Sebagai karakter yang telah ada cukup lama dan jarang muncul di luar media komik, ada beberapa hal menarik tentang Doctor Strange yang mungkin tidak Anda ketahui. Dalam artikel ini, kami akan membahas 8 fakta menarik tentang Doctor Strange yang sayang untuk Anda lewatkan.

Artikel Terkait :

*) Ini 8 Benda Sakti Yang Sering Digunakan Doctor Strange

*) Asal-Usul dan Kekuatan Doctor Strange

 

Berikut 8 hal menarik tentang Doctor Strange yang sebaiknya anda tahu sebelum menonton filmnya yang akan dirilis bulan November tahun ini :

1. Bukan Anggota Avengers

Sudah menjadi kebiasaan, bahwa setiap karakter superhero yang muncul di MCU, cepat atau lambat akan bergabung dengan Avengers. Dirilisnya film Doctor Strange tahun ini tentunya membuat kita bertanya-tanya, apakah sang Sorcerer Supreme juga akan ikut bergabung. Karena kalau mau merujuk pada komik, superhero berkekuatan sihir ini bisa dibilang bukan anggota Avengers. Pada tahun 2008, ia memang pernah menjadi anggota tim “New Avengers”, tapi tim ini bukanlah tim Avengers utama. Kendati demikian, ia sering berjuang bersama para anggota Avengers dalam beberapa kesempatan.

Doctor Strange lebih sering bekerja sendiri. Ia biasanya menghadang berbagai ancaman mistis dari dimensi lain, sesuatu yang mungkin tidak bisa dihandle kebanyakan superhero Marvel.

Walaupun bukan anggota Avengers, bukan berarti Doctor Strange tidak suka kerja sama tim. Buktinya, ia membentuk tim “The Defender” bersama Hulk, Namor, dan Silver Surfer. Ia juga merupakan anggota organisasi “Illuminati”, sebuah grup beranggotakan para superhero cerdas, macam Iron Man, Mr. Fantastic, dan Professor X, yang bekerja di balik layar untuk melindungi dunia dari berbagai ancaman.

2. Komik Pertamanya Terjual Dengan Harga Fantastis

Komik-komik jadul legendaris memang punya penggemar sendiri. Maka jangan heran jika mendengar komik lusuh dibeli dengan harga mahal. Karena selama lembar-lembarnya masih lengkap dan masih bisa dibaca, komik-komik ini setidaknya bisa terjual dengan harga $150. Apalagi kalau kondisinya masih bagus, harganya bisa bikin anda kaget.

Karakter Doctor Stange muncul pertama kali dalam komik Strange Tales #110. Komik ini terjual dengan harga fantastis, yaitu $61.000. Tidak hanya itu, beberapa issue tertentu juga terjual dengan harga yang lumayan. Seperti komik yang menampilkan kali pertama Baron Mordo menjadi musuh Doctor Strange, yang terjual dengan harga $9.800. Lalu, komik yang memperlihatkan Doctor Strange menerima Cloak of Levitation dan Eye of Agamotto, terjual dengan harga $2.500.

3. Karakter Doctor Strange Diinspirasi Oleh Sebuah Acara Radio

Karakter Doctor Strange diciptakan oleh Steve Ditko dan sang legenda Stan Lee. Stan Lee pernah mengatakan bahwa karakter Doctor Strange awalnya adalah ide Ditko, namun ia juga punya andil dalam pengembangan karakter.

Stan Lee juga mengatakan bahwa karakter Doctor Strange banyak diinspirasi oleh acara radio “Chandu The Magician” yang disiarkan Mutual Broadcasting System pada tahun 1930 dan kemudian menjadi film di tahun 1932. Filmnya sendiri bercerita tentang petualangan seorang penyihir merangkap agen rahasia.

4. Jatuh Cinta Kepada Wanita Yang Pernah Ingin Membunuhnya

Setiap superhero pasti punya love interest. Superman punya Lois Lane, Spiderman punya Mary Jane, Tony Stark punya Pepper Pots, dan masih banyak lagi. Selain menjadi pemanis, kehadiran kekasih bagi para superhero, membuat mereka lebih relateable dan manusiawi.

Doctor Strange sendiri juga memiliki seorang kekasih. Namanya Clea, ia adalah seorang penyihir dari Dark Dimension. Mereka membina hubungan asmara setelah Clea diselamatkan oleh Ancient One.

Menariknya, sebelum menjadi kekasih Strange, Clea pernah ditugaskan untuk membunuh mantan dokter bedah itu oleh sang paman, Dormammu. Awalnya, Dormammu menyuruh Clea untuk mengawasi gerak-gerik Strange, namun setelah merasa kagum dengan sosok murid Ancient One itu, Clea mencoba memperingatkannya tentang niat jahat Dormammu. Mengetahui hal ini, Dormammu mengurung keponakannya tersebut sebagai hukuman. Untungnya, Ancient One berhasil menyelamatkan Clea dan mengirimnya ke Bumi.

5. Doctor Strange Tidak Lagi Sekuat Dulu

Dulu, sekitar tahun 80-an, Doctor Strange adalah salah satu superhero terkuat di Marvel Universe. Ia bisa mengimbangi berbagai karakter Marvel berkekuatan tinggi. Doctor Strange diketahui pernah bertarung dan mengimbangi Adam Warlock, yang kala itu memegang Infinity Gauntlet, salah satu senjata terkuat di seluruh alam semesta.

Sedangkan sekarang, kekuatan Doctor Strange sudah jauh menurun. Ia bahkan bisa dikalahkan segerombolan ninja “Hand”. Sesuatu yang tidak mungkin terjadi pada Doctor Strange versi klasik, yang selalu dilindungi perisai mistisnya.

6. Film Doctor Strange Versi MCU Bukanlah Film Pertamanya

Banyak orang di luar sana, mungkin juga termasuk anda, tidak tahu bahwa film Doctor Strange versi MCU bukan film pertama yang mengangkat kisah petualangan sang Sorcerer Supreme.

Faktanya, Karakter Doctor Strange pernah tampil dalam sebuah episode pilot berdurasi 93 menit di stasiun TV CBS, yang juga menayangkan serial The Incredible Hulk dan The Amazing Spiderman. Doctor Strange rencananya akan dibuat serial TV dan episode pertama tersebut berperan sebagai pengenalan karakter. Sayangnya, serial TV Doctor Strange tak kunjung terealisasi. Ada yang bilang karena kostumnya terlalu mirip dengan film porno era itu, entahlah...

Selain itu, Doctor Strange juga pernah tampil dalam sebuah film animasi berjudul “Doctor Strange: The Sorcerer Supreme” yang dirilis langsung ke bentuk DVD pada tahun 2007. Film berdurasi 95 menit ini bercerita tentang asal-usul Doctor Strange hingga menjadi seorang Sorcerer Supreme.

7. Punya Asisten Pribadi Merangkap Guru Bela Diri

Salah satu karakter pendukung yang punya peran penting dalam kisah Doctor Strange adalah Wong. Ia berperan sebagai asisten pribadi sang Sorcerer Supreme. Namanya sudah disebut dalam komik pertama Doctor Strange, Strange Tales #110, namun baru muncul dalam komik Strange Tales #147. Ayahnya, Hamir, adalah asisten pribadi guru Strange sekaligus pemegang titel Sorcerer Supreme sebelumnya, Ancient One. Menjadi pembantu Sorcerer Supreme sepertinya sudah menjadi tugas turun-temurun ayah dan anak ini.

Menariknya, selain bertugas membantu dan melayani keperluan Doctor Strange, Wong juga bertugas mengajarkan ilmu bela diri kepada tuannya itu. Kemampuan bertarung Wong tidak perlu diragukan lagi. Ia banyak berjasa menjadikannya Doctor Strange petarung yang cukup disegani.

8. Lebih Mirip Cenayang Daripada Superhero

Kehadiran Doctor Strange membawa angin segar di tengah kerumunan para superhero mainstream. Karakter ini akan mengenalkan konsep sihir, sesuatu yang hingga saat ini belum banyak dieksplor di Marvel Cinematic Universe.

Meski bisa dikategorikan Superhero, sebenarnya Doctor Strange lebih mirip cenayang. Dibanding superhero macam Captain America, Spider-Man, dan Iron Man, yang kesemuanya berdasar pada science, sosok Doctor Strange akan kelihatan lain daripada yang lain. Karakter ini lebih banyak bergelut dengan hal-hal mistis atau gaib. Ia bertarung melawan iblis dan monster dari dimensi atau realita lain. Aksinya seringkali tidak bisa dilihat mata telanjang.

Pendapat Anda ?

Bagaimana pendapat Anda ? Apa ada hal menarik tentang Doctor Strange yang terlewat ? Beritahu kami lewat kolom komentar ya.

No comments:

Post a Comment