Thursday, January 14, 2016

Asal - Usul dan Kekuatan Deadpool

Biografi-Profil-Siapa-Deadpool-Adalah

Akhirnya setelah sekian lama berada dalam fase pra produksi yang berjalan alot, Fox Studio memberikan lampu hijau untuk produksi film Deadpool. Tak terasa tanggal rilis film anti-hero kocak dari Marvel ini sudah kian dekat, bulan depan Deadpool akan menyapa para penggemar yang memang sudah sangat menantikan kehadiran film layar lebarnya. Karakter Deadpool sendiri akan diperankan oleh aktor Ryan Reynolds yang sebelumnya juga pernah memerankan karakter Deadpool pada film X-Men.  Bagi pembaca komik marvel, karakter prajurit bayaran ini kemungkinan sudah tidak asing lagi. Namun bagi kebanyakan Casual Moviegoers di luar sana nama Deadpool terdengar cukup asing di telinga. Jadi, Siapa sebenarnya Deadpool ?

Artikel Terkait :

*) 7 Karakter Pendukung Dalam Film Deadpool Yang Perlu Kamu Ketahui

*) Kostum Deadpool Adalah Kostum Superhero Terbaik yang Pernah Ada ?

*) Hubungan Antara Deadpool Dengan Dunia X-MEN Terungkap

*) Bagaimana Konsep 'Breaking the Fourth Wall' Dalam Film Deadpool ?

 

Latar belakang penciptaan karakter

Sejarah-Tentang-Awal-Kisah-Deadpool-Marvel

Karakter Deadpool diciptakan oleh artist Rob Liefeld dan penulis Fabian Nicieza. Deadpool pertama kali muncul dalam komik The New Mutant #98 (1991). Desain karakter Deadpool terinpirasi dari karakter Spiderman, hal ini terlihat dari kemiripan bentuk desain Topeng dan kostum Deadpool dengan Spiderman, sang artist Rob Liefeld  diketahui pernah mengungkapkan kekagumannya terhadap desain kostum Spiderman yang dianggapnya penuh kesederhanaan. Awalnya Deadpool adalah parodi dari karakter Deathstroke yang merupakan seoarang Villain yang cukup dikenal dalam komik - komik terbitan DC, kedua karakter ini pun kompak menggunakan nama akhir Wilson (Deadpool = Wade W Wilson, Deathstroke = Slade Wilson ). Kemiripan tak berhenti sampai di situ, kedua karakter ini juga memiliki kemiripan senjata dan profesi. Asal mula nama "Deadpool" sendiri diambil dari film kelima Dirty Harry yang berjudul "The Dead Pool, sedangkan dalam cerita komik, Wade Wilson memanggil dirinya Deadpool karena di Hospice ia pernah mendengar orang - orang bertaruh untuk melihat siapa yang akan lebih dulu mati ketika mengikuti serangkaian test dan eksperimen dalam kolam kematian.

Asal usul  karakter dalam komik

 
Asal-usul-Deadpool-Marvel

Wade Winston Wilson lahir dan besar di sebuah kota kecil di  negara bagian Ohio. Ia terlahir dalam keluarga yang tidak harmonis. Ayahnya seorang pensiunan militer  diketahui sering melakukan kekerasan. Ibunya meninggal akibat kanker ketika ia masih anak - anak. Pada saat ia mencapai usia remaja, kedua orang tuanya sudah meninggal. Wade adalah seorang berandal, perilaku yang kemungkinan disebabkan oleh kekerasan yang di lakukan ayahnya. Ketika menginjak umur 18 tahun, Wade memutuskan untuk mengikuti pelatihan militer namun tidak lama dikeluarkan karena perilaku buruknya.

Pasca dipecat dari militer, Wade memanfaatkan skill yang ia dapat dari pendidikan militernya dengan menjadi perajurit / tentara bayaran. Namun nasib malang harus menimpa Wade, beberapa lama setalah memutuskan menjadi prajurit bayaran, ia didiagnosa menderita kanker ganas yang sulit disembuhkan. Putus asa akan kanker yang dideritanya, Wade memutuskan untuk mengikuti sebuah program eksperimen pemerintah  bernama Weapon-X yang diyakini dapat menyembuhkan penyakit kanker. Tidak hanya itu, program Weapon-X juga menjanjikan kekuatan super bagi para pesertanya. Program ini memanfaatkan teknologi yang sebelumnya digunakan dalam menciptakan kekuatan penyembuhan / regenerasi sel super cepat yang dimiliki Wolverina. Berkat program ini, kanker yang diderita Wade sembuh, ia pun  sering mendapatkan misi khusus   bersama  dengan peserta eksperimen lain.

Namun sekali lagi nasib malang harus menimpa dirinya, Wade tak sengaja membunuh rekan setimnya ketika sedang melaksanakan sebuah misi. Akibatnya ia ditendang dari program Weapon-X dan akhirnya di kirim ke Hospice. Hospice adalah sebuah fasilitas pemerintah yang berfungsi sebagai tempat perawatan peserta eksperimen yang gagal. Di Hospice, Wade mendapatkan serangakain test atau experimen yang tidak manusiawi, ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh peserta - peserta gagal ini mampu bertahan di bawah siksaan dan tekanan. Di tengah siksaan dan tekanan yang mengerikan, Wade membunuh salah satu rekannya demi mengakhiri siksaan yang dirasakan. Sesuai hukum yang berlaku di Hospice, Wade pun dihukum mati karena perbuatannya ini. Dendam kesumat yang dirasakan Wade memicu kekuatan regenerasi sel yang ia miliki, kekuatan super ini mampu menghidupkan ia kembali, meregeneasi setiap sel dalam tubuhnya seperti baru, satu - satunya yg tidak berubah adalah bekas luka  pada tubuhnya yang sebenarnya agak janggal jika menilik kemampuan regenaratif yang ia miliki. Kembalinya Wade dari kematian menandakan kelahiran karakter Deadpool.

Misteri masa lalu Deadpool

Yang menarik dari cerita masa lalu Deadpool adalah bahwa apapun yang kita baca tentang riwayat hidupnya, belum tentu merupakan cerita sebenarnya. Ini disebabkan ketidak mampuan Dedapool dalam mengingat kejadian masa lalunya dengan jelas akibat serangkain penyiksaan fisik maupun mental yang ia dapatkan ketika berada di Hospice. Atau bisa jadi itu semua hanya karangan Deadpool saja, karena ia juga terkenal sebagai seorang pembohong yang kompulsif. Kesimpulannya, hanya Tuhan dan Deadpool yang tahu apa yang terjadi sebenarnya.

Kekuatan super

 
Kekuatan-Deadpool-Marvel

Regenerasi Sel tubuh yang cepat - Kekuatan utama yang dimiliki Deadpool adalah regenerasi sel atau penyembuhan sel - sel tubuh dalam waktu yang sangat cepat, membuat ia panjang umur bahkan abadi. Kekuatan ini adalah turunan dari kekuatan yang dimiliki Woverine, Ia mendapatkan kekuatan ini berkat eksperimen yang dilakukan dalam Program Weapon-X. Namun berbeda dengan kekutan yang dimilki Wolverine, Kekuatan regenerasi milik Deadpool sangat dipengaruhi keadaan psikologisnya, hal ini merupakan kelebihan yang cukup menguntungkan bagi Deadpool dalam beberap situasi. Berkat kekuatannya ini Deadpool bisa selamat dari berbagai situasi ekstrim dan berbahaya seperti : hancur berkeping - keping akibat ledakan granat dan  Terpenggal hingga leher terpisah dari badan, dan masih banyak situasi berbahaya lain yang menyebabkan ia luka parah. kemampuan tubuh Deadpool untuk sembuh lebih cepat ini juga membuat ia kebal terhadap berbagai racun dan penyakit. Selain itu, dikarenakan syaraf - syaraf otak Deadpool yang terus memperbaharui selnya, ia pun kebal dari serangan manipulasi pikiran, bahkan tatapan maut dari Ghost Rider pun tidak mempan padanya.

Kekuatan tubuh di atas rata - rata manusia normal - Walaupun mungkin tidak sekuat Superman ataupun pahlawan berkekuatan super lainnya, kekuatan tubuh Deadpool berada di atas rata - rata manusia kebanyakan. Ia dapat dengan mudah mengangkat beban  seberat 200 kg lebih, Tenaga yang ia miliki setidaknya setara para atlit olimpiade angkat berat.

Stamina super tinggi - Lagi - lagi berkat regenerasi tubuh super cepat yang ia miliki, tubuh Deadpool memproduksi racun penyebab rasa lelah lebih sedikit dan mampu menghilangkan racun yg dihasilkan lebih cepat, hal ini membuat ia memiliki stamina yang bagus.

Refleks, kecepatan, kelincahan  - Refleks, kecepatan, dan kelincahan Deadpool lebih dari manusia biasa, ia pun mampu berhadapan dan menang melawan banyak petarung berskill mumpuni. Ia bisa melakukan aksi akrobatik dan manuver sulit dengan mudahnya, menghindar dari peluru dalam jarak dekat, menangkis peluru menggunakan pedangnya. Gerakannya sangat cepat, sebagai gambaran, ia dapat menghindar dari peluru bahkan setelah peluru itu ditembakkan.

Fourth wall breaking (mampu menembus dinding keempat) - Dalam komik, Fourth wall breaking atau disebut juga comic awareness adalah kesadaran yang dimiliki seorang tokoh fiksi bahwa dunia yang ia tempati adalah dunia fiksi. Hal ini membuat sang tokoh  mampu melakukan aksi yang terlihat tidak mungkin dalam dunia fiksinya, melanggar hukum fisika dan realita. Deadpool merupakan salah satu dari sekian banyak tokoh fiksi yang mempunyai kemampuan ini. Ia sadar akan keberadaannya dalam dunia komik, ia berinteraksi dengan pembaca maupun penulis komik. Ia bahkan sering terlihat memegang salinan komiknya sendiri. Akibat kemampuan uniknya ini, karakter - karakter dalam komik Marvel sering menganggap Deadpool tidak waras, Karena ia sering terlihat berbicara sendiri.

Kemampuan / Skill

 
Kemampuan-Deadpool-Marvel

Ahli bela diri - Deadpool ahli dalam seni bela diri, ia bisa mengalahkan berbagai musuh dengan kemampuan bertarung hebat seperti wolverine dan beberapa ninja sekaligus dengan mudahnya. Tidak hanya itu, Deadpool terkenal dengan gaya bertarungnya yang tidak mudah ditebak.

Mahir berbahasa asing - Deadpool fasih berbahasa asing, beberapa bahasa asing dikuasai di antaranya : bahasa jepang, bahasa rusia, bahasa jerman, bahasa spanyol, dan masih banyak lagi.

Mahir dalam teknik membunuh - Deadpool sangat terlatih dalam seni membunuh, pengintaian,operasi penyamaran,penyusupan, melepaskan diri, dan seorang penembak jitu. Bahkan Wolverine mengakui bahwa Deadpool adalah pembunuh yang lebih hebat darinya.

 

Film layar lebar Deadpool garapan Fox Studio

 

Sutradara

Tim Miller

Penulis

Rob Liefeld (character)

Fabian Nicieza (character)

Rhett Rees (screenplay)

Paul Wernick (screenplay)

Pemeran

Ryan Reynolds (Deadpool/Wade Winston Wilson)

Morena Baccarin (Vanessa Carlysle / Copycat)

Gina Carano (Angel Dust)

Ed Skrein (Ajax)

T.J. Miller (Weasel)

Rachel Sheen (Weasel's Wife)

Stefan Kapicic (Colossus)

Brianna Hildebrand (Ellie Phimister / Negasonic Teenage Warhead)

Layaknya film - film hollywod lain yang terinspirasi dari komik Superhero, Tim produksi film Deadpool tentunya harus memilah -milah materi dari komik yang memang melimpah. Maka wajar jika terjadi perbedaan antara versi komik dengan versi film layar lebar, baik dari origin atau asal usul karakter, cerita, bahkan nama karakter yang muncul. Karakter Wade W. Wilson alias Deadpool akan diperankan oleh Ryan Reynolds yang sebelumnya pernah memerankan tokoh Superhero Green Lantern dari komik DC.  Berikut terjemahan plot yang akana di usung  film layar lebar Deadpool yang didapat dari website DeadpoolsWebsite.com :

Diangkat dari kisah karakter anti - hero Marvel yang paling tidak biasa, Film Deadpool akan bercerita tentang asal usul  pembunuh bayaran Wade Wilson yang merupakan seorang mantan pasukan khusus amerika, yang mana setelah menjadi peserta sebuah experimen gagal, ia mendapatkan kemampuan regenerasi atau penyembuhan sel tubuh yang cepat. Ia pun mengadopsi alter ego Deadpool. Berbekal kemampuan super barunya dan selera humor yang aneh, Deadpool bertekad memburu orang yang  hampir menghancurkan hidupnya.
 

Penulis merasa film Deadpool punya potensi untuk menjadi hit, Deadpool adalah karakter anti - hero yang menarik, kompleks, dan punya keunikan tersendiri. Namun begitu, mengenalkan hal yang baru kepada khalayak ramai punya resikonya sendiri. Deadpool bukan karakter  yang mainstream seperti kebanyakan karakter superhero dalam komik, yang mana sudah terbukti disukai oleh penonton secara umum. Ada kemungkinan penonton akan langsung jatuh cinta pada Deadpool karena cerita dan karakternya membawa angin segar di tengah gempuran  superhero mainstream, Namun bisa juga yang terjadi malah sebaliknya, penonton langsung menolak Deadpool karena di anggap terlalu aneh, tidak biasa, atau agak nyeleneh. So, Let's wait and see.

1 comment: