Thursday, January 14, 2016

Bagaimana Konsep 'Breaking the Fourth Wall' Dalam Film Deadpool ?

 
Salah satu hal yang menarik dari karakter Deadpool adalah 'Breaking the Fourth Wall". Dalam dunia komik, Breaking the Fourth Wall atau bisa juga disebut Comic Awareness adalah kemampuan yang dimilki tokoh fiksi yang membuat ia dapat menyadari keberadaannya sebagai tokoh fiksi yang tinggal dalam dunia fiksi. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana film Deadpool akan menerapkan konsep ini. Sang sutradara baru - baru ini bersedia berbagi sedikit bocoran tentang kemampuan nyeleneh  ini kepada majalah Empire. Simak penuturannya dalam ulasan berikut.
 

Artikel Terkait :

*) 7 Karakter Pendukung Dalam Film Deadpool Yang Perlu Kamu Ketahui

*) Kostum Deadpool Adalah Kostum Superhero Terbaik yang Pernah Ada ?

*) Hubungan Antara Deadpool Dengan Dunia X-MEN Terungkap

*) Asal-Usul dan Kekuatan Deadpool

 

Sebelum menyimak penjelasan sang sutradara tentang 'Breaking the Fourth Wall' dalam film garapannya, ada baiknya kita sedikit membahas asal usul kemampuan yang tidak biasa ini.


Apa itu 'Breaking the Fourth Wall" ?

 
 
 

Dalam dunia komik, 'Breaking the fourth wall' alias  'Comic Awareness' alias 'Medium Awareness' adalah sebuah kemampuan yang membuat pemiliknya sadar akan eksistensi atau keberadaannya dalam dunia fiksi. Akibatnya, sang tokoh fiksi mampu berinteraski dengan pembaca bahkan penulis komik itu sendiri, hal ini diibaratkan seperti menembus dinding keempat (terjemahan 'Breaking the Fourth Wall'). Dalam dunia sandiwara panggung, dinding keempat adalah dinding yang memisahkan antara penonton dengan pemain sandiwara, selain tentunya dibatasi oleh 3 dinding lainnya yang berada di kiri, kanan, dan belakang.

Jadi jika seorang pemain dapat berinteraksi dengan penonton secara langsung, maka pemain tersebut telah menembus dinding keempat. Dalam komiknya sendiri Deadpool sering terlihat berinteraksi dengan pembaca melalui kotak dialog warna kuning pada penel komik, bahkan saking seringnya ia dijuluki 'Merc With a Mouth' atau 'Mercenary With a Mouth', sebuah julukan yang layak untuk karakter yang tak pernah berhenti berbicara. Berbekal kemampuannya ini, Deadpool juga dapat memanipulasi realita, melanggar hukum fisika dalam dunia fiksinya, memperoleh salinan komiknya sendiri, bahkan tahu tentang trend yang ada di dunia nyata. Dalam situasi pertempuran, Deadpool sering memanfaatkan kemampuan ini untuk menyimpan senjata di luar dunia komik (Magic Satchel).

Bagaimana konsep 'Breaking the Fourth Wall' dalam Film Deadpool ?

Tim Miller sang sutradara, baru - baru ini melakukan interview dengan majalah Empira. Ia bersedia berbagi sedikit info tentang konsep 'Breaking the Fourth Wall' dalam film terbarunya. "Deadpool menembus dinding keempat. Wade Wilson tidak", komentar sang sutradara. Komentar singkat di atas menggambarkan bahwa kemampuan menembus dinding keempat (terjemahan 'Breaking the Fourth Wall') hanya dimilki Deadpool dan bukan Wade Wilson, artinya kemampuan ini termasuk kedalam kekuatan super yang ia dapatkan setelah melalui ekperimen  program Weapon-X. Sang sutradara juga menambahkan, " Apakah ia (Deadpool) tahu bahwa ia adalah karakter dalam film ? Apakah ia tahu bahwa ia diperankan oleh aktor Ryan Reynolds ? Dan apakah ia tahu bahwa Ryan Reynolds pernah memerankan karakter Green Lantern ? ini layaknya lubang kelinci yang besar, dan kami mengeksplornya cukup dalam."

Jika jawaban dari semua pertanyaan di atas adalah iya, maka film superhero garapan Tim Miller ini akan menarik untuk disaksikan. Menonton film di mana sang tokoh utama sering berinteraksi dengan kita sebagai penonton adalah merupakan pengalaman yang tergolong langka.

No comments:

Post a Comment