Sunday, July 31, 2016

Seri Suicide Squad: Asal – Usul dan Kekuatan Enchantress

Siapa-sebenarnya-Enchantress-DC

Enchantress adalah penyihir dengan kekuatan luar biasa. Awalnya, June Moon hanya seorang wanita biasa, sampai ia bertemu Dzamor, iblis yang memberikannya kekuatan sihir. Dengan mengucapkan kata “Enchantress”, June berubah menjadi sosok penyihir Enchantress. Meski June dan Enchantress sekilas terlihat seperti orang yang sama, Kenyataannya, mereka adalah dua orang yang berbeda. Enchantress adalah mahluk mistis dari dimensi lain penghuni tubuh June yang cenderung berniat jahat. Dalam artikel ini, kami akan membahas siapa Enchantress atau June Moon sebenarnya dan berbagai kekuatan sihir yang dimiliki.

Artikel Terkait :

*) Asal-Usul dan Nama Asli Joker

*) Asal-Usul dan Kekuatan Deadshot

*) Asal-Usul dan Kekuatan Harley Quinn

*) Asal-Usul dan Kekuatan Killer Croc

 

Asal-Usul Enchantress dalam komik (Sebelum Flashpoint)

asal-usul-enchantress-new-earth

June Moon awalnya hanya seorang gadis remaja biasa, sebelum ia menemukan ruangan rahasia di Terror Castle, di mana iblis bernama Dzamor berada. Dzamor memberikan kekuatan sihir kepada June dan mengatakan bahwa ia akan menjadi seorang pejuang keadilan, yang bertugas membasmi semua kejahatan di dunia. Dengan menyebut nama “Enchantress”, June menjelma menjadi sosok penyihir dengan kekuatan luar biasa.

Dzamor pernah berkata bahwa June akan mendapatkan kekuatan dahsyat untuk melaksanakan misinya ketika Bulan dan beberapa objek luar angkasa berada dalam posisi sejajar. Namun, karena khawatir June akan menggunakan kekuatan tersebut untuk tujuan jahat, Supergirl, yang kebetulan merupakan rekan kerjanya, menggeser posisi Bulan.

Mengetahui hal ini, June marah besar, dan dengan kekuatan Echantress, ia menjadi seorang penjahat. Pada akhirnya, June harus mendekam di penjara untuk aksi kejahatannya. Di dalam penjara, ia mendapat tawaran bergabung dengan Suicide Squad.

Sekilas, June dan Enchantress terlihat seperti orang yang sama, tapi kenyataannya tidaklah demikian. Salah satu alasan June mau bergabung dengan tim Suicide Squad adalah agar ia bisa melepaskan diri dari Enchantress, yang perlahan mulai mengganggu kehidupan normalnya. Enchantress adalah mahluk misterius yang mendiami tubuh June dan selalu ingin mengambil alih.

Belakangan, terungkap bahwa Enchantress adalah Succubus, yang mempunyai hubungan dengan Incubus, mahluk mistis yang mendiami tubuh Larry Eden, saudara Nightshade yang kebetulan adalah teman setim June di Suicide Squad.

Ternyata, Nightshade lah yang seharusnya mendapatkan kekuatan Succubus alias Enchantress. Namun, karena Dzamor ingin kekuatan Succubus digunakan untuk hal baik, ia memberikannya kepada June, meski tidak berjalan sesuai yang diharapkan.

Nightshade akhirnya berhasil mendapatkan kekuatan Succubus, dan June bisa bebas dari pengaruh mahluk mistis tersebut. Tidak disangka, kehilangan Enchantress justru membuat June merasa menderita, ia seperti tidak rela kehilangan semua kekuatan itu. Guna mendapatkan kembali kekuatan Enchantress, June mencoba membunuh Nightshade dengan pistol curian di penjara Belle Reeve.

Kisah Enchantress versi New 52 (Setelah Flashpoint)

asal-usul-enchantress-new-52

Dalam versi ini, Madam Xanadu berhasil memisahkan June dan Enchantress menggunakan lagu anak-anak. Tanpa June, Enchantress jadi tidak terkendali, dan berbuat onar dengan sihirnya di seluruh dunia. Di lain pihak, June yang bingung dan ketakutan, meminta perlindungan dari Deadman.

Mengetahui niat Enchantress untuk kembali bergabung dengan June, Xanadu membentuk tim khusus untuk menghentikannya. Tim ini terdiri dari Zatanna, John Constantine, Shade the Changing Man, dan Mindwarp. Sementara itu, June dan Deadman bersusah payah melepaskan diri dari amukan Enchantress.

Lepas dari Enchantress, June dan Deadman melarikan diri ke sebuah motel, di mana mereka menemukan portal yang dibuat oleh Shade. Berharap Shade bisa membantu mereka, June dan Deadman mencoba memasuki portal. Sayang, hanya Deadman yang berhasil melewati portal, sedang June dikepung pasukan Enchantress.

Beruntung, Constantine berada tidak jauh dari tempat kejadian. Ia mempelajari lagu yang digunakan Xanadu untuk memisahkan June dan Enchantress, lalu membuat sebuah mantra untuk menyatukan mereka kembali. June dan Deadman sempat meminta Constantine untuk berhenti, namun ia tetap menyelesaikan lagu / mantranya.

June dan Enchantress akhirnya bersatu kembali. Enchantress sama sekali tidak ingat apa yang terjadi. Xanadu mengirim mereka ke suatu tempat untuk menyembuhkan diri.

Sejarah Penciptaan Karakter Enchantress

Karakter Enchantress diciptakan oleh penulis Bob Haney dan seniman Howard Purcell. Karakter ini muncul dalam komik Strange Adventure issue no 187, 191, dan 200, sebelum akhirnya mengalami hiatus. Pada tahun 1980, karakter Enchantress muncul lagi, kali ini sebagai musuh Supergirl dalam komik The Superman Family #204 – 205. Sejak itu, Enchantress muncul beberapa kali sepanjang tahun 1980-an, dan yang paling menyita perhatian adalah penampilannya dalam miniseri Legends yang terbit tahun 1987.

Kekuatan dan Kemampuan Enchantress

kekuatan-enchantress-DC

Ketika June Moon mengucapkan nama “Enchantress”, ia menjelma menjadi sosok Enchantress, seorang penyihir dengan kekuatan luar biasa. Penampilan dan sifatnya berubah drastis, sama seperti ketika Captain Marvel berteriak “Shazam”.

Enchantress adalah penyihir yang cukup disegani. Kekuatan sihirnya memiliki banyak aplikasi, seperti teleportasi, penyembuhan, telepati, mengendalikan api, menembus benda padat, terbang, dan lain-lain. Ia juga memiliki kekuatan dan ketahanan fisik di atas rata-rata, serta refleks yang cepat. Enchantress bisa sembuh dari patah tulang dalam hitungan menit. Sebagai seorang praktisi sihir, Enchantress sangat peka terhadap sihir, bisa mendeteksi keberadaannya, bahkan mengakses kekuatan sihir orang lain.

Dalam komik seri new 52, Enchantress digambarkan memiliki kekuatan sihir yang sangat powerful, bahkan Zatanna tak mampu menahan sihirnya.

Hubungan June Moon dan Enchantress

June-Moon-dan-Enchantress

Seperti yang kami katakan sebelumya, June dan Enchantress adalah dua orang berbeda. June Moon adalah seorang seniman lepas berambut pirang dan bermata biru. Sedangkan Enchantress adalah seorang penyihir hebat dengan rambut hitam pekat dan mata hijau. June Moon bertranformasi menjadi Enchantress dengan mengucapkan kata “Enchantress”.

Kedua belah pihak berusaha saling mengendalikan: Enchantress ingin bebas dan mengambil alih tubuh June, sedangkan June ingin Enchantress tunduk atau meninggalkan tubuhnya.

Awalnya, June hanya mampu menggunakan sihirnya ketika sedang dalam wujud Enchantress, namun belakangan, ia bisa melakukannya dalam wujud apapun (June atau Enchantress).

Kiprah sebagai anggota Suicide Squad

June diterima sebagai anggota Suicide Squad dengan syarat mampu mengendalikan sisi gelap dalam dirinya. Dalam misi pertamanya, ia menggunakan energi sihir yang sangat besar untuk mengalahkan Brimstone. Penggunaan energi sihir secara berlebihan ini ternyata membuat June hilang kendali dan berubah jadi jahat untuk beberapa lama.

Selama menjalankan misi bersama Suicide Squad, June semakin lama semakin sulit mengendalikan Enchantress, dan setidaknya ada satu misi yang gagal karena June hilang kendali. Deadshot adalah orang yang ditunjuk membunuh Enchantress, jika ia sampai melakukan sesuatu di luar batas toleransi.

Madam Xanadu berkesimpulan bahwa penyebab June tidak bisa mengendalikan Enchantress adalah karena June menggunakan kekuatan sihir sebelum benar – benar mampu mengendalikannya. Solusi masalah ini adalah dengan menghentikan penggunaan sihir untuk sementara, sampai aura yang melindungi June dari pengaruh jahat sihir, bisa berfungsi dengan baik.

Madam Xanadu memberikan kalung dan cincin yang bisa mencegah Enchantress menggunakan kekuatan sihirnya untuk tujuan jahat.

June akhirnya tahu bahwa Enchantress adalah sosok entitas mistis jahat dari dimensi lain, bukan sekedar manifestasi kekuatan sihir.

Entitas Enchantress ini pernah direbut oleh iblis bernama Incubus, dan beberapa lama kemudian June Moon hilang entah kemana. Setelah itu, tidak ada berita tentang June Moon atau Enchantress selama sebelas tahun.

Kemunculan Dalam Film Layar Lebar Suicide Squad (2016)

Siapa-sebenarnya-Enchantress-DC

Enchantress akan muncul sebagai salah satu karakter utama dalam film Suicide Squad garapan David Ayer. Ia termasuk salah satu tahanan yang direkrut Amanda Waller menjadi anggota Suicide Squad. Karakter Enchantress diperankan oleh aktris Cara Delevingne. Film Suicide Squad rilis di indonesia tanggal 3 agustus 2016.

No comments:

Post a Comment