Tuesday, July 26, 2016

Asal - Usul dan Kekuatan Cyborg

Siapa-Cyborg-DC

Cyborg (Victor Stone) adalah atlet football yang berubah menjadi manusia setengah mesin setelah mengalami kecelakan tragis di S.T.A.R Labs. Perubahan tubuhnya ini sempat membuat Victor frustasi, namun akhirnya bisa ia terima, bahkan manfaatkan untuk kepentingan umat manusia. Teknologi cybernetik dalam tubuhnya memberikan Cyborg kekuatan super dan kemampuan berkomunikasi dengan hampir semua jenis teknologi. Dalam artikel ini, kami akan membahas siapa Cyborg sebenarnya, dan berbagai kekuatan yang ia miliki.

Asal-Usul Cyborg Dalam Komik (Sebelum Flashpoint)

Asal-usul-cyborg-sebelum-flashpoint

Karakter Cyborg diciptakan oleh Marv Wolfman dan George Perez. Pertama kali muncul dalam komik : DC Comics Presents #26 - Between Friend and Foe / Where Nightmares Begin / Whatever Happened to Sargon the Sorcerer

Cyborg terlahir dengan nama Victor Stone, anak dari Silas dan Elinore Stone, dua ilmuwan S.T.A.R Labs yang melakukan berbagai penelitian ilmiah demi kemaslahatan orang banyak.

Kesibukan kedua orang tuanya sebagai ilmuwan, seringkali membuat Victor merasa terasingkan. Terlebih lagi, ketika ibu dan ayahnya menggunakan Victor sebagai kelinci percobaan dalam ekperimen peningkatan kecerdasan. Eksperimen tersebut berhasil meningkatan kecerdasan Victor, tapi ia kecewa karena merasa diperlakukan lebih sebagai objek penelitian, bukan sebagai anak kandung.

Kekecewaan Victor membuatnya menjauhi segala sesuatu berbau science dan matematika di sekolah, dan lebih memilih menekuni bidang olahraga, bidang yang tidak disukai ayahnya.

Dan suatu hari, hidup Victor pun berubah selamanya.

Ketika ia berkunjung ke S.T.A.R Labs untuk bertemu dengan kedua orang tuanya, yang saat itu sedang sibuk melakukan ekperimen antar dimensi. Di luar dugaan, sebuah kecelakaan terjadi, eksperimen tersebut membiarkan mahluk protoplasma dari dimensi lain masuk ke Lab.

Meski Silas akhirnya berhasil mengirim mahluk tersebut kembali ke alamnya, Tapi ia gagal mencegah tragedi yang menimpa istri dan anaknya: Elinore meninggal di tempat, sedangkan Victor terluka parah.

Merasa bersalah dan frustasi, Sila nekat menggunakan teknologi cybernetic yang belum teruji untuk menyelamatkan anaknya. Ia berhasil, namun tidak berpikir tentang reaksi Victor ketika tahu apa yang dilakukannya.

Tentu saja Victor terkejut luar biasa melihat tubuh barunya, yang terdiri dari implan dan berbagai bagian tubuh buatan. Meski begitu, ia berusaha tenang dan mencoba beradaptasi dengan tubuh barunya. Victor pun sempat dirawat di rumah sakit selama beberapa waktu.

Setelah keluar dari rumah sakit, Victor mulai merasakan dampak perubahan fisiknya, mulai dari reaksi publik terhadap dirinya, sang kekasih yang meninggalkannya, hingga pelarangan partisipasi berbagai kegiatan olahraga karena tubuh cybernetic-nya, yang diperparah nilai buruk di sekolah dan durasi penyembuhan di rumah sakit.

Di tengah rasa frustasi akibat masalah yang datang bertubi – tubi, seorang sahabat lama mencoba memanipulasi Victor untuk melakukan aksi terorisme terhadap organisasi PBB.

Beruntung, Victor masih bisa mengendalikan diri, dan akhirnya berbalik menghentikan rencana jahat sang sahabat di gedung PBB. Dari kejadian ini, Victor Stone seperti menemukan tujuan hidup baru, yaitu memanfaatkan kelebihannya untuk kemaslahatan umat manusia.

Beberapa lama setelah kejadian tersebut, Victor bergabung dengan Teen Titans. Awalnya, bergabung demi mendapatkan dukungan dan bimbingan dari orang-orang senasib, belakangan Victor mulai merasa nyaman dan terus tinggal dengan tim superhero muda ini.

Selain itu, Victor mendapat teman baru, yaitu anak-anak yang juga menggunakan bagian tubuh buatan, yang kebetulan sangat kagum dengan tubuh cybernetic canggih dan kisah petualangan yang pernah ia lakukan.

Selama menjadi anggota Teen Titans, Victor Stone alias Cyborg melalui banyak hal, seperti tubuh yang hancur dan dirakit ulang, bergabung / menyatu dengan ras alien, bahkan mendapatkan sisi kemanusiaannya kembali (Cyborg memang sering bermasalah dengan kemanusiaannya).

Selain sebagai anggota, Cyborg juga pernah berperan sebagai mentor untuk anggota Teen Titans yang baru. Cyborg adalah salah satu anggota inti Teen Titans, yang loyal dan berdedikasi. Ia biasnya berperan sebagai penasihat atau ahli mesin dan teknologi di dalam tim.

Asal-Usul Cyborg New 52 (Setelah Flashpoint)

Asal-usul-cyborg-new-52

Asal-usul Cyborg versi New 52 berkaitan erat dengan invasi Darkseid di Bumi, yang akhirnya memicu dibentuknya tim Justice League. Berikut penjelasan lengkapnya :

Victor Stone adalah atlet sekolah menengah atas yang sering tidak akur dengan ayahnya, Silas Stone, seorang ilmuwan di S.T.A.R Labs. Victor terkena efek ledakan Father Box (Mother Box versi planet Apokolips) ketika sedang mengunjungi ayahnya di Lab.

Sang ayah mencoba menyelamatkannya dengan sebuah teknologi cybernetic yang belum teruji dan merubahnya menjadi Cyborg. Nyawa Victor terselamatkan, dan energi dari Father Box menyatu dengan tubuh barunya. Hubunganya dengan Father Box memungkinkan Victor mengakses berbagai data tentang New Gods dan rencana Darkseid untuk menginvasi Bumi.

Gerombolan Parademon menyerang S.T.A.R Labs dan ruangan tempat Victor dirawat. Di saat keadaan semakin genting, sistem pertahanan tubuh Cyborg aktif, membuat tangannya berubah secara otomatis menjadi meriam sonik yang menghancurkan pasukan Darkseid tersebut dan gedung lab. Masih bingung dengan apa yang sebenarnya terjadi, Cyborg pergi meninggalkan S.T.A.R Labs.

Beberapa lama kemudian, ketika sedang menyusuri jalan, Cyborg melihat seorang wanita diserang Parademon. Ia mencoba menyelamatkan wanita tersebut dan secara tidak sengaja menyerap beberapa komponen Parademon yang membuatnya mampu mengakses teknologi Boom Tube (sebuah portal teleportasi).

Kemampuan barunya ini secara otomatis memindahkan Cyborg ke lokasi perang besar antara Aquaman, Batman, Flash, Green Lantern, Superman, dan Wonder Woman dengan pasukan Darkseid. Cyborg pun memutuskan bekerja sama dengan enam superhero tersebut untuk mengalahkan Darkseid dan pasukan Parademonnya.

Cyborg-dan-justice-league

Setelah bertarung cukup lama, Superman dan kawan – kawan mampu membuat Darkseid kewalahan dan memaksanya kembali ke Apokolips melalui Boom Tube. Cyborg, yang memiliki komponen Parademon, akhirnya menuntaskan perlawanan Darkseid dengan menutup portal antar dimensi tersebut.

Keberhasilan Cyborg, Batman, Flash, Green Lantern, Aquaman, Wonder Woman, dan Superman mengusir Darkseid dan pasukannya dari Bumi, membuat umat manusia akhirnya bisa menerima keberadaan para superhero.

Kekuatan dan Kemampuan Cyborg

kekuatan-kemampuan-cyborg

Tubuh Cyborg dibekali teknologi cybernetic, yang memberikannya berbagai kekuatan super, seperti kekuatan dan ketahanan fisik, serta membuatnya mampu berinteraksi dengan hampir semua jenis teknologi. Tubuhnya dilengkapi mata infra merah, computer generator, Sound amplifier, adaptor berprogram khusus, dan masih banyak lagi. Berikut daftar lengkap kekuatan dan kemampuan Cyborg :

Berubah Bentuk – Cyborg mampu merubah bentuk sebagian atau seluruh tubuhnya. Tubuhnya bisa bertransformasi menjadi bentuk apa saja, bahkan bentuk yang kompleks seperti tank sekalipun.

Kekuatan Fisik Super – Dalam keadaan normal, Cyborg mampu mengangkat beban seberat empat metrik ton. Jika memaksakan diri, ia bahkan mampu mengangkat beban seberat lima metrik ton, namun hal ini bisa berakibat buruk terhadap komponen cybernetic-nya.

Kecepatan dan Kelincahan Super - Cyborg dikenal mampu bergerak dengan cukup cepat.

Jump Jets – Atas permintaan Cyborg, Dr Silas Stone memasang alat Jump Jets agar anaknya tidak perlu terlalu bergantung pada Boom Tubes. Jump Jets membuat Cyborg mampu melompat jauh.

Terbang – Belakangan, Teknologi Jump Jets juga memungkinkan Cyborg untuk terbang.

Sistem Sensor dan Panca Indera Super – Teknologi Cybernetic pada tubuh Cyborg juga meningkatkan kemampuan panca inderanya, sekaligus memberikan beberapa sistem sensor tambahan, seperti x-ray vision, night vision, tracking system, dan medical scanner.

Stamina Tinggi – Cyborg memiliki stamina tinggi. Ia tidak perlu makan, minum, atau tidur. Ia juga tidak perlu bernapas, hal ini membuat tubuhnya bisa beroperasi di ruang tanpa oksigen seperti luar angkasa.

Ketahanan Fisik super – Tubuh Cyborg mampu bertahan dari berbagai serangan fisik dan energi, serta tekanan daerah bawah laut.

Terhubung Semua Komputer – Cyborg terhubung dengan semua komputer dan satelit di Bumi. Ini termasuk komputer dan setelit milik agensi pemerintah, bahkan milik Batman (yang terkenal sulit diretas).

The Grid – The Grid adalah sebuah fitur yang dikembangkan Cyborg dan Batman. Teknologi ini berfungsi memfilter aliran data yang diterima Cyborg. Cyborg diketahui mampu menerima semua aliran data di Bumi, yang sering kali membuatnya sulit berkonsentrasi. Fitur The Grid diharapkan bisa membantunya memilah – milah data yang masuk. Fitur ini juga memudahkan Cyborg mengumpulkan semua data tentang meta-human di Bumi.

Technopathy – Cyborg memiliki kemampuan technopathy. Technopathy adalah kemampuan mengontrol dan memanipulasi berbagai teknologi dan alat elektronik.

Technomorphing – Cyborg tidak hanya bisa memanipulasi teknologi, ia juga mampu menyerap teknologi tersebut ke dalam tubuhnya.

Teleportasi – Cyborg bisa membuka dan menutup Boom Tube untuk memindahkan dirinya dan anggota Justice League ke mana pun, bahkan ke dimensi lain. Belakangan, ia memasang fitur silent mode, agar setiap kali melakukan teleportasi tidak terlalu menarik perhatian.

Senjata Yang Terintegrasi – Cyborg memiliki berbagai jenis senjata yang terintegrasi di dalam tubuh cybernetic-nya.

White Sound Distruptor – Semacam senjata meriam suara yang dimiliki Cyborg, mampu menembakkan getaran suara terfokus yang dapat menghancurkan pasukan Parademon dan tembok gedung. Senjata suara ini mampu mencapai level 300 decibel, bahkan secara teori bisa lebih dari itu.

Sonic Emitter – Teknologi yang memungkinkan Cyborg menghasilkan atau menirukan berbagai suara.

EMP Pulse – Dengan fitur ini, Cyborg mampu melumpuhkan berbagai teknologi atau alat elektronik yang berada dalam jarak 50 meter.

Kecerdasan Level Jenius – Cyborg adalah seorang jenius, ia diketahui memiliki IQ 170.

Berhubung Cyborg hampir selalu melalui proses upgrade, maka kemungkinan masih ada beberapa kekuatan atau kemampuannya yang tidak tercantum dalam daftar di atas.

Kemunculan Dalam Film Layar Lebar Batman V Superman (2016) dan Justice League (2017)

Cyborg-DCEU-Ray-Fisher

Cyborg pernah muncul sebagai cameo dalam film Batman V Superman: Dawn of Justice yang rilis tahun 2016. Sang pahlawan bertubuh mesin tersebut akan kembali muncul secara penuh dalam film Justice League yang akan dirilis tahun 2017 dan film solonya beberapa tahun mendatang. Sama seperti kisahnya dalam seri New 52, asal-usul Cyborg versi DCEU sepertinya berhubungan dengan Mother Box / Father Box. Karakter Cyborg diperankan oleh aktor Ray Fisher.

No comments:

Post a Comment