Wednesday, August 17, 2016

Asal-Usul dan Kekuatan Luke Cage

Siapa-Sebenarnya-Luke-Cage-Marvel

Luke Cage adalah superhero kulit hitam dalam komik Marvel yang memiliki kekuatan fisik super dan kulit sekeras besi. Ia mendapatkan kekuatan supernya melalui eksperimen yang dilakukan Dr. Noah Burnstein di penjara Seagate, salah satu penjara dengan sistem keamanan paling tinggi. Dengan kekuatannya ini, ia berhasil melarikan diri dari penjara dan kemudian membuka jasa “Hero for Hire” (pahlawan yang bisa dibayar). Luke Cage pada akhirnya menikah dengan Jessica Jones dan memiliki seorang anak perempuan. Ia pernah menjadi anggota The Avengers dan pemimpin tim Thunderbolts selama beberapa waktu. Dalam artikel ini, kami akan membahas siapa Luke Cage sebenarnya dan berbagai kekuatan super yang ia miliki.

 

Artikel Terkait :

Asal-Usul dan Kekuatan Iron Fist

 

Asal-Usul Luke Cage Dalam Komik

asal-usul-Luke-Cage

Carl Lucas adalah nama asli Luke Cage, ia merupakan anak pasangan pensiunan detektif kepolisian New York, James dan Esther Lucas. Lucas lahir dan tumbuh besar di jalanan kota New York distrik Harlem. ia banyak menghabiskan masa kecilnya dengan geng bernama Rivals. Selama berada dalam geng tersebut, bersama dengan sahabatnya Willis Stryker, Lucas sering terlibat perkelahian dengan geng saingan, Diablos. Selain itu, Ia juga melakukan berbagai tindak kriminal dan bekerja pada seorang gangster bernama Sonny “Hammer” Caputo. Gaya hidup Lucas ini membuatnya sering berurusan dengan pihak berwajib.

Setelah beberapa kali keluar masuk pusat rehabilitasi remaja bermasalah, Lucas akhirnya sadar bahwa ia sudah banyak menyusahkan keluarganya. Lucas pun insyaf dan memutuskan bekerja sebagai seorang polisi di kota New York. Berbeda dengan sahabatnya, Stryker tetap menjadi anggota geng yang karirnya terus menanjak. Meski sudah berbeda jalan, keduanya tetap berteman baik.

Maggia alias Syndicate, yang merasa terganggu dengan aktifitas Stryker, menyuruh orang-orangnya untuk memberi Stryker pelajaran. Untungnya, Lucas berhasil menyelamatkan sang sahabat dari kebrutalan anak buah Maggia.

Ketika Reva Connors, kekasih Willis Stryker, merasa tidak nyaman dengan pekerjaan pacarnya yang tergolong berbahaya, ia memutuskan mengakhiri kisah cinta mereka dan berpaling kepada Lucas. Stryker curiga Lucas adalah penyebab Reva mengakhiri hubungan mereka. Merasa dikhianati sahabatnya, ia lantas menjebak Lucas dengan menaruh heroin di apartemennya, lalu melaporkannya ke polisi.

Lucas pun ditangkap dan dijebloskan ke penjara. Ia pernah mencoba membalas dendam dengan memberitahu Maggia tentang keberadaan Stryker. Namun naas, malah Reva yang terbunuh dalam usaha penyerangan Stryker.

Setelah itu, Lucas hilang kontak dengan keluarga karena saudara laki-lakinya, James Jr., selalu menahan surat yang dikirim Lucas untuk ayahnya. Hal ini membuat sang ayah mengira Lucas sudah meninggal, dan begitu pula sebaliknya.

Selama di penjara, hati Lucas dipenuhi dendam dan kebencian akibat pengkhianatan sahabatnya serta berita kematian sang ayah. Ia sering berkelahi dan mencoba melarikan diri dari penjara. Karena perbuatannya ini, ia dipindahkan ke salah satu penjara dengan sistem keamanan paling tinggi, penjara Seagate.

Di penjara ini, ia beberapa kali mendapatkan perlakuan rasis dan sadis oleh salah satu penjaga penjara bernama Albert “Billy Bob” Rackham. Tindakan brutalnya terhadap Lucas, akhirnya membuat Rackham diberhentikan dari pekerjaannya.

Di penjara ini juga, Lucas bertemu dengan Dr. Noah Burstein, seorang ilmuwan yang sedang melakukan riset rahasia. Burstein merekrut Lucas sebagai peserta uji coba dalam eksperimen regenerasi sel yang didasarkan pada salah satu variasi Super-Soldier Process, yang sebelumnya ia gunakan untuk memberikan kekuatan kepada Warhawk.

Burnstein menaruh Lucas di dalam sebuah medan listrik yang dialirkan dengan senyawa kimia organik. Ketika ia meninggalkan proses ekperimen sebentar, Rakham, mantan penjaga penjara yang masih sakit hati, berniat membunuh Lucas dengan melakukan sabotase pada alat-alat yang digunakan. Tak disangka, perbuatan Rakham malah memberikan kekuatan dan ketahanan super pada tubuh Lucas.

Berbekal kekuatan barunya ini, Lucas berhasil melarikan diri dari penjara dan kembali ke kota New York. Saat tak sengaja bertemu dengan penjahat jalanan, ia terpikir untuk memanfaatkan kekuatannya untuk mencari uang.

Lucas mengganti namanya menjadi Luke Cage dan menggunakan kostum khusus. Ia membuka jasa “Hero For Hire” (Pahlawan yang bisa dibayar), ia bersedia membantu siapa saja yang bisa membayar. Sejak saat itu, petualangan Luke Cage sebagai superhero pun dimulai. Di kota kelahirannya ini, Ia kembali bertemu Dr. Noah Burnstein dan seorang wanita bernama Claire Temple, yang belakangan menjadi kekasihnya untuk beberapa lama. Selain itu, ia juga kembali bertemu dengan mantan sahabat baiknya, Willis Stryker.

Latar Belakang Penciptaan Karakter Luke Cage dan Sejarah Penerbitan Komiknya

kisah-tentang-Luke-Cage

Karakter Luke Cage diciptakan oleh Archie Goodwin dan John Romita, Sr. saat film-film bergenre Blaxploitation (genre film yang dikhususkan untuk orang-orang kulit hitam) tengah populer. Karakter ini muncul pertama kali dalam komik solonya sendiri, “Luke Cage, Hero for Hire”, yang awalnya ditulis oleh Goodwin dan digambar oleh George Tuska. Petualangan Luke Cage bersetting di bagian kota New York yang dipenuhi lebih banyak kejahatan dari daerah yang ditinggali superhero Marvel lain waktu itu. Komiknya sendiri berganti judul menjadi “Luke Cage, Power Man” pada issue ke-17.

Seiring dengan semakin berkurangnya minat akan genre Blaxploitation, komik Luke Cage pun mulai kesulitan bertahan, dan akhirnya disandingkan dengan superhero lain, Iron Fist, yang juga bernasib sama, demi menyelamatkan mereka berdua dari pemberhentian penerbitan. Seri petualangan Luke Cage dan Iron Fist tetap menggunakan judul “Power Man” selama beberapa lama, sampai akhirnya berubah judul menjadi “Power Man and Iron Fist” pada issue no 50 yang terbit April 1978. Seri petualangan mereka berdua berakhir pada issue no 125 yang terbit September 1986.

Pada tahun 1992, komik Luke Cage diterbitkan kembali dengan judul “Cage” yang bersetting di Chicago. Seri komik ini memperbaharui karakter Luke Cage agar relevan dengan tahun 90-an, yang dilambangkan dengan Luke Cage menghancurkan kostum lamanya pada cover komik issue pertama. Seri ini akhirnya dihentikan setelah terbit sebanyak 20 issue, yang kesemuanya ditulis oleh Marc McLaurin.

Luke Cage juga muncul dalam seri komik lain waktu itu, termasuk antologi serialnya sendiri yang berjudul “Marvel Comics Presents”. Setelah peristiwa “Onslaught” dan Heroes Reborns”, karakter Luke Cage juga muncul dalam seri “Heroes for Hire”, ditulis oleh John Ostrander, yang terbit sebanyak 19 issue.

Selain itu, ia juga muncul dalam komik-komik yang ditulis oleh Brian Michael Bendis, yaitu “Alias”, “Secret War”, “The Pulse”, “Daredevil”, dan “New Avengers”.

Pada tahun 2010, Luke Cage menjadi karakter reguler dalam seri komik “Thunderbolts”, mulai dari issue #144, dan perlahan menjadi pemimpin tim ketika seri tersebut bertransisi menjadi seri “Dark Avengers” yang dimulai dari issue #175. Luke Cage juga menjadi karakter reguler dalam volume kedua seri “New Avengers”.

Kekuatan dan Kemampuan Luke Cage

kekuatan-luke-cage

Luke Cage mempunyai berbagai kekuatan fisik super setelah mengikuti proses ekperimen yang didesain untuk meningkatkan kemampuan regenerasi sel tubuhnya. Berikut daftar kekuatan super yang dimiliki Luke Cage :

Tenaga Super – Setelah eksperimen, awalnya, Luke Cage hanya mampu mengangkat beban seberat 5 ton, namun setelah berlatih dan beraksi sebagai superhero selama bertahun-tahun, ia mampu mengangkat beban hingga 25 ton. Saat ini, level kekuatan Luke Cage mencapai “Class 50” atau lebih tinggi, yang memungkinkannya memindahkan benda berat tanpa kesulitan dan berkelahi dengan alien-alien bertenaga super lainnya.

Kecepatan Super – Meski tidak secepat para speedster, otot-otot kaki Luke Cage memungkinkannya bergerak lebih cepat dari atlet terbaik sekalipun.

Stamina Super – Otot-otot tubuh Luke Cage menghasilkan racun kelelahan lebih sedikit dari manusia biasa. Ia mampu beraktifitas terus-menerus selama 24 jam, sebelum akhirnya merasakan lelah.

Hampir Tak Bisa Dilukai – Luke Cage memiliki kulit sekeras besi titanium. Tulang dan otot-ototnya diketahui lebih padat dari manusia kebanyakan. Hal ini membuat tubuhnya memiliki ketahanan tinggi terhadap luka fisik. Tubuhnya bisa menahan tembakan senjata dari jarak 4 kaki dan sayatan pedang dari bahan-bahan konvensional. Dalam keadaan darurat, seperti operasi, kulitnya bisa ditembus dengan laser medis bertenaga tinggi. Selain itu, tubuh Luke Cage juga mampu bertahan dari efek 1 ton atau 150 pon ledakan TNT tanpa luka serius, temperatur tinggi, kejutan listrik, dan terjatuh dari tempat yang sangat tinggi.

Cepat Sembuh Dari Luka – Meski sangat sulit, Luke Cage masih bisa terluka. Untuk sembuh dari luka, tubuhnya hanya butuh sepertiga waktu yang dibutuhkan manusia biasa.

Ahli Bela Diri – Luke Cage mendapatkan keahlian bela dirinya dari pengalaman berkelahi di jalanan selama bertahun-tahun. Ia juga pernah mendapatkan pelatihan dari Iron Fist. Ia diajarkan bagaimana memanfaatkan kekuatan fisiknya secara lebih efisien ketika melawan musuh yang lebih kuat.

Atlet Berbakat – Luke Cage adalah seorang atlet berbakat, bahkan tanpa kekuatan supernya.

Memiliki Pengetahuan tentang hukum dan bahasa – Luke Cage belajar hukum secara otodidak dan menguasai berbagai bahasa.

Pembicara Yang Baik – Luke Cage terbukti mampu berbicara positif dan penuh karisma di depan banyak orang.

Kelamahan Luke Cage

Selain memiliki kekuatan super, ternyata Luke Cage juga memiliki kelemahan. Berikut dua kelemahan Luke Cage :

Kulit Sulit Ditembus – Ternyata selain menjadi kelebihan, kulit yang keras juga bisa menjadi kelemahan bagi Luke Cage. Terutama ketika ia mengalami luka parah (biasanya luka dalam) yang tidak bisa sembuh sendiri. Meski kulitnya bisa ditembus dengan laser medis dan senjata yang terbuat dari Adamantium, namun dua benda ini tidak mudah didapatkan.

Radiasi – Jika Terekspos radiasi dalam jumlah besar dan waktu lama, luka bakar yang ditimbulkan bisa membunuh Luke Cage.

No comments:

Post a Comment