Friday, August 19, 2016

14 Barang Aneh Yang Disimpan Batman Dalam Batcave

Batcave-Batman

Peran Batcave dalam kisah petualangan Batman sudah tidak perlu diragukan lagi. Gua kelalawar ini berfungsi sebagi markas dan tempat penyimpanan berbagai peralatan dan kendaraan Batman. Namun, tahukah Anda bahwa Batman juga menyimpan benda-benda aneh di sana ? Ya, percaya atau tidak, ia diketahui memajang benda-benda tak biasa di dalam gua tersebut. Sesuatu yang mungkin tidak Anda sangka-sangka. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa benda aneh yang disimpan Batman dalam markasnya.

Artikel Terkait :

*) 10 Penjahat Ini Wakili Sisi Gelap Batman

*) 10 Fakta Menarik Kota Gotham Yang Perlu Anda Ketahui

 

Berikut 15 barang tak biasa yang disimpan di dalam Batcave :

01. Cincin Kryptonite Milik Lex Luthor

Melihat kekuatan Superman yang begitu dahsyat, Batman merasa perlu menyimpan Kryptonite untuk berjaga-jaga jika sahabatnya itu hilang kendali atau berada di bawah kontrol musuh. Batman mempunyai Kryptonite dalam bentuk cincin yang sebelumnya dimiliki oleh Lex Luthor. Lex mengenakan cincin tersebut guna mencegah Superman berbuat macam-macam terhadap dirinya. Ironis, senjata yang digunakan untuk melindungi diri, malah memberikan Lex penyakit kanker. Akhirnya, ia terpaksa mengamputasi tangan kanannya.

Cincin Kryptonite ini memang biasanya di simpan di Batcave, namun dalam beberapa kesempatan, Batman kadang terlihat membawanya dalam utility belt. 

02. Surat Dari Thomas Wayne

Dalam kisah Flashpoint, Flash terbangun pada timeline yang berbeda. Ia bertemu dengan Batman, yang ternyata adalah Thomas Wayne (ayah Bruce Wayne). Belakangan terungkap bahwa Thomas Wayne menjadi Batman setelah kematian Bruce Wayne, sedangkan sang istri, Martha Wayne, malah menjadi sosok Joker.

Singkat cerita, Thomas Wayne akhirnya sadar bahwa ia harus mengorbankan dirinya demi menyelamatkan Bruce di timeline berbeda. Namun sebelum itu, ia menyempatkan diri untuk menulis surat kepada anaknya. Surat ini dititipkan kepada Flash. Ketika segalanya kembali ke timeline semula, surat itu masih ada. Flash lalu memberikannya kepada Bruce dan sekarang disimpan di Batcave.

03. Senjata Asli Mr. Freeze

Victor Fries alias Mr. Freeze muncul pertama kali dalam komik Batman #121 yang berjudul “The Ice Crimes of Mr. Zero”, yang bercerita tentang usaha pencurian berlian yang dilakukannya.

Setelah berhasil mengalahkan Mr. Freeze, Batman menyimpan senjata sang penjahat di Batcave sebagai kenang-kenangan. Dalam setiap aksinya, Batman selalu seja berhasil mendapatkan senjata asli Mr. Freeze.

04. Penutup Kepala Milik Rahib Vampir

Anda kemungkinan besar tidak tahu tentang kisah pertarungan Batman dengan biarawan vampir. Wajar, karena kisah pertemuan mereka terjadi dalam Detective Comics #31, hanya empat issue setelah kemunculan pertama Batman. Rahib vampir ini sebenarnya adalah salah satu penjahat pertama yang cukup signifikan dalam kisah Batman.

Sang rahib mengenakan kerudung atau penutup kepala dengan gambar tengkorak dan tulang. Walaupun tewas disambar petir, ia bangkit lagi beberapa dekade kemudian.

Setelah berhasil mengalahkan rahib berkekuatan vampir ini, Batman menyimpan penutup kepalanya di Batcave. Anehnya, Batman sama sekali tidak berminat mengenakannya :-D

05. Kostum Robin Milik Jason Todd

Kematian Jason Todd, robin kedua setelah Dick Grayson, adalah salah satu tragedi paling menyesakkan bagi Batman setelah kematian kedua orang tuanya. Ia menganggap tewasnya Jason di tangan Joker sebagai sebuah kegagalan pribadi. Batman menyimpan kostum mantan robin itu di Batcave demi mengingatkan dirinya agar tidak lagi membuat kesalahan yang sama. Meski akhirnya Jason bangkit dari kematian dan menjadi Red Hood, Batman tetap menyimpan kostum tersebut di Batcave.

Ada hal yang menarik di balik kematian Jason Todd. Kematian robin kedua ini ternyata tidak ditentukan oleh penulis komiknya, melainkan oleh pembaca. DC Comics memberikan kesempatan untuk pembaca menentukan nasib Jason melalui polling telepon. Hasilnya, 5343 orang menginginkan kematian sang robin, sedangkan hanya 5271 yang menginginkannya tetap hidup.

06. Batmobile Dari Masa ke Masa

Percaya atau tidak, ternyata meski selalu terlihat mengendarai kendaran Batmobile terbaru di jalanan kota Gotham, Batman juga masih menyimpan Batmobile jadul di Batcave. Ia kemungkinan menyimpan kendaraan lamanya tersebut sebagai cadangan jika yang baru mengalami kerusakan atau bisa saja karena ia senang mengoleksi barang antik.

Lain kali, ketika berkesempatan melihat Batcave, perhatikan dengan seksama, karena kemungkinan anda bisa menemukan Batmobile tahun 1960 versi Adam West.

07. Pedang Katana Deathstroke

Deathstroke adalah salah satu musuh paling merepotkan untuk Batman. Ia lebih kuat, lebih cepat, dan lebih kejam dari Batman. Deathstroke mendapatkan kekuatan fisiknya dari eksperimen program supersoldier.

Ketika akhirnya berhasil mengalahkan Deathstroke, Batman dengan bangga mengambil pedang katana milik sang penjahat dan menyimpannya di Batcave. Meski sang pembunuh beberapa kali berhasil menemukan lokasi Batcave, sepertinya Batman tidak akan rela menyerahkan pedang tersebut kepada sang pemilik.

08. Batsuit Milik Thomas Wayne

Ternyata Thomas Wayne tidak hanya menggunakan kostum Batman dalam peristiwa Flashpoint saja, namun juga dalam kisah awal komik Batman. Ketika ia dan istrinya menghadiri sebuah pesta kostum, Thomas Wayne pernah mengenakan kostum Batman (meski tidak persis, namun cukup mirip dengan kostum yang dikenakan Bruce Wayne). Bruce kecil sangat menyukai kostum tersebut dan sang ayah berjanji akan memberikannya kepada Bruce.

Selain digunakan dalam pesta, Thomas Wayne diketahui pernah menggagalkan aski kejahatan sambil mengenakan kostum ini. Kisah kepahlawanan sang ayah menginspirasi Bruce ketika ia dewasa. Kostum Batman milik Thomas Wayne dan kostum robin milik Jason Todd adalah dua kostum yang sampai saat ini masih tersimpan rapi di Batcave.

09. Kartu Milik Joker

Benda lainnya yang menjadi koleksi wajib Batman adalah kartu Joker. Entah karena ingin mengingatkan dirinya akan kengerian Joker, atau memang ingin mendalami kejiwaan sang penjahat, kartu ini sering terlihat di Batcave.

Joker adalah musuh Batman yang paling merepotkan. Bukan karena kekuatan fisiknya, bukan karena kecerdasannya, tapi lebih kepada ketidakpastian tindakannya. Joker melakukan sesuatu secara spontan dan berdasarkan insting. Batman kesulitan menghentikan Joker karena tidak bisa memprediksi apa yang akan dilakukan sang badut jahat selanjutnya.

10. Payung Milik Penguin

Semenjak ayah Oswald Cobblepot alias Penguin meninggal akibat pneumonia setelah terjebak hujan lebat, ia selalu diingatkan ibunya untuk membawa payung kemana-mana. Kebiasaan ini terbawa hingga dewasa, bahkan sampai ia menjadi penjahat bergelar Penguin.

Payung Penguin adalah salah satu benda koleksi yang disimpan Batman di Batcave. Meski terlihat biasa saja, payung ini memiliki berbagai fungsi tersembunyi, seperti mampu menembakkan peluru dan roket, mengeluarkan pedang atau pisau, bahkan bisa digunakan sebagai baling-baling terbang.

11. Kostum Red Hood

Kostum Red Hood tergantung di samping helm merahnya di Batcave. Kostum ini mengingatkan bahwa ancaman Joker bisa mengambil bentuk apa saja.

Hal ini terbukti dengan bangkitnya Jason Todd (mantan robin kedua) dari kematian. Jason yang awalnya tewas dibunuh Joker, hidup kembali setelah dimasukkan kedalam kolam Lazarus Pit. Jason menggunakan nama Red Hood, nama yang digunakan Joker sebelumnya, dan kembali ke Gotham untuk membasmi kejahatan dengan caranya.

12. Koin Milik Harvey Dent

Koin dolar perak milik Harvey Dent adalah bagai koin takdir. Dengan sekali lempar, koin ini akan menentukan apa yang dilakukan Harvey selanjutnya. Koin ini awalnya merupakan milik seorang bos mafia bernama Vince Maroni. Harvey menemukan koin tersebut di TKP pembunuhan Bookie Benson, salah satu saingan Maroni. Harvey berencana menggunakan koin itu untuk membuktikan kejahatan yang dilakukan Maroni. Naas, Maroni malah merusak setengah bagian wajah Harvey dengan cairan asam dan menyebabkan lahirnya penjahat Two-Face.

Pada akhirya, Batman lah yang membantu Harvey Dent keluar dari masalahnya. Tidak ingin mengingat masa lalunya yang kelam, Harvey memberikan koin tersebut kepada Batman, yang kemudian disimpan di Batcave.

13. Koin Raksasa Abraham Lincoln

Salah satu benda paling ikonik di dalam Batcave adalah koin raksasa bergambar Abraham Lincoln. Saking ikoniknya, koin ini muncul baik dalam komik maupun film animasi yang menampilkan Batcave. Namun, tahukah Anda dari mana asalnya ? Koin raksasa ini pertama kali muncul pada komik “World Finest” #30 tahun 1947. Batman mendapatkan koin ini setelah berhasil meringkus seorang pencuri koin bernama Joe Coyne.

14. Robot Dinosaurus

Sebelum Michael Crichton mempopulerkan ide Jurassic Park, Batman dan Robin sudah lebih dulu berkunjung ke sebuah taman yang dipenuhi robot dinosaurus. Dalam komik Batman #35, keduanya ditantang untuk bertahan hidup selama satu setengah hari tanpa peralatan canggih mereka. Jika berhasil, sang pemilik taman dinosaurus berjanji akan menyumbangkan uang dalam jumlah besar.

Setelah berhasil bertahan dari serangan para robot dinosaurus, Batman membawa salah satu robot sebagai kenang-kenangan dan menyimpannya di Batcave.

Pendapat Anda ?

Bagaimana menurut Anda ? Apa ada benda aneh lain yang terlewat ? Beritahu kami lewat kolom komentar ya.

No comments:

Post a Comment