Thursday, August 4, 2016

Mengenal Ras New Gods, Rasnya Darkseid dan Steppenwolf

Darkseid-dan-highfather-New-Gods

Tidak lama lagi, kita akan melihat salah satu sosok penjahat paling populer di DC Universe, diangkat ke layar lebar. Ya, dialah Darkseid. Belakangan, namanya sudah mulai sering terdengar. Tapi, apakah anda tahu siapa Darkseid sebenarnya ? Darkseid adalah penguasa planet Apokolips, dan merupakan keturunan ras New Gods. Huh, New Gods ? makanan apa lagi ini ? Bukan, bukan makanan, tapi nama ras nenek moyang Darkseid. Jika ingin mengenal Darkseid dengan baik, anda harus tahu dulu sejarah ras New Gods. Artikel ini akan membahas asal-usul New Gods, kelebihan mereka, dan hal-hal menarik lain tentang ras “dewa baru” ini.

Pendahuluan

komik-new-Gods

“The New Gods”, atau lebih dikenal dengan “Fourth World”, adalah karya penulis komik legendaris Jack Kirby. Seri komik tentang ras “dewa baru” yang digambar sendiri oleh Kirby ini diterbitkan pada awal tahun 1970-an dalam bentuk trilogi : New Gods, Forever People, dan Mister Miracle. Komik-komik ini memang tidak berjalan lama, namun telah memberikan fondasi yang cukup untuk sebuah universe dengan potensi pengembangan cerita yang tak terbatas.

Asal-Usul Ras New Gods

kematian-Old-Gods

New Gods adalah ras humanoid (mirip manusia) dengan kemampuan mirip dewa. Ras ini muncul setelah peristiwa Ragnarok – perang besar yang menghancurkan peradaban dewa – dewa “Old Gods” (Macam Zeus, Hades, dan lain-lain). Berikut sejarah lengkapnya :

Sekitar 18 miliar tahun lalu, para dewa Old Gods berasal dari God World (dunia para dewa), lebih dikenal dengan sebutan Asgard atau Urgrund. Fase ini dinamakan “First World” (First World kita artikan saja Dimensi Pertama, untuk menghindari kebingungan karena seringnya penggunaan kata “World”).

Dan sekitar 3 miliar tahun yang lalu, ketika para humanoid (mahluk hidup mirip manusia) penghuni God World mencapai level kekuatan “dewa” dan akhirnya menjadi ras Old Gods, First World perlahan bertransisi menjadi Second World. Pada fase ini, mereka mencapai puncak kejayaan, berupa kekuatan luar biasa dan kemajuan di bidang kebudayaan dan science.

10 miliar tahun setelah masa kejayaan ini, God World dilanda perang besar, yang disebabkan oleh Lokee, sang dewa pembuat onar, yang juga adalah anak haram dewa Odin / Wotan. Konflik antara kebaikan dan kejahatan memuncak hingga terjadilah peristiwa Ragnarok, sebuah perang besar yang meluluhlantahkan peradaban para Old Gods dan dunia yang mereka tinggali.

Energi yang dihasilkan oleh kehancuran dunia para dewa ini menyebar ke seantero alam semesta, dan akhirnya menjadi Godwave, yang nantinya akan melahirkan planet, kehidupan, dan dimensi lain. Salah satu planet yang terbentuk adalah Bumi, sekitar 35.000 tahun lalu. Inilah awal kemunculan Third World (dimensi ketiga).

Sisa-sisa God World pada akhirnya membentuk dua planet: Apokolips dan New Genesis. Penghuni dua planet ini meyerupai para humanoid Old Gods. Apokolips dan New Genesis bagai anak kembar yang lahir bersamaan namun memiliki sifat yang bertolak belakang. New Genesis adalah planet yang aman dan damai. Sedangkan Apokolips adalah planet yang keras dan kejam.

Layaknya ras Old Gods, orang-orang New Gods pun mencapai level kemajuan pendahulunya dan mengulang sejarah dengan terjadinya perang saudara. New Genesis dan Apokolips saling memerangi, konflik ini pun masih bertahan hingga sekarang. Fourth World (dimensi keempat) adalah dimensi yang ditinggali humanoid New Gods.

Kemampuan dan Kekuatan Ras New Gods

Kekuatan-New-Gods

Orang-orang New Gods berevolusi menjadi humanoid dengan berbagai kemampuan fisik hebat karena berada di dimensi yang lebih dekat dengan “Source”, energi misterius sumber kehidupan dan segalanya, yang dalam DC Universe dianggap sebagai tuhan. Kemampuan fisik luar biasa, ditambah kemajuan teknologi, menjadikan New Gods ras unggul. Meski bentuk fisik sangat mirip dengan homo sapien (manusia), namun Ras New Gods diketahui jauh lebih kuat, lebih gesit, dan lebih pintar. Konon dipercaya ada hubungan antara Fourth World dan Third World (dimensi manusia), namun hubungan ini belum pernah dieksplor lebih lanjut. Berikut daftar kekuatan dan kemampuan ras New Gods :

Abadi – Ras New Gods secara fungsi bisa dikatakan abadi. Mereka tidak lagi menua mendekati umur 30. Kecuali tewas dalam peperangan, mereka bisa saja hidup beribu – ribu tahun lamanya.

Ketahanan Fisik tinggi – Ras New Gods tahan terhadap berbagai serangan fisik, kecuali serangan tersebut dilancarkan oleh lawan dengan kekuatan fisik yang sama atau lebih tinggi. Meski begitu, fisik mereka tidak mampu menahan serangan peluru, laser, dan berbagai senjata tajam – ketahanan fisik mereka mirip dengan ras wanita Amazon.

Kekuatan Fisik Super – Orang-orang New Gods secara alami memang lebih kuat dari manusia. Mereka mampu mengangkat beban seberat beratus-ratus ton tanpa kesulitan.

Stamina Super – Ras New Gods mampu beraktifitas selama 48 jam penuh sebelum akhirnya perlu makan atau istrirahat. Stamina tinggi ini berkaitan erat dengan kekuatan dan ketahanan fisik serta sistem imun mereka yang memang luar biasa.

Refleks Super – Orang-orang New Gods mempunyai sistem syaraf yang hebat, kecepatan reaksi dan koordinasi tangan dan mata mereka lebih superior dari manusia. Kecepatan reaksi ini juga memungkinkan mereka menghindari tembakan peluru.

Sistem Imun Super – Sistem kekebalan tubuh ras New Gods sudah berevolusi sedemikian rupa hingga membuat mereka kebal terhadap berbagai macam penyakit dan racun.

Kelemahan Ras New Gods

Radion-New-Gods

Selain memiliki berbagai kekuatan luar biasa, layaknya orang-orang Krypton, ternyata ras New Gods mempunyai kelemahan sendiri. Mereka rentan terhadap sebuah zat bernama Radion. Asal Radion sendiri cukup misterius, Radion bisa meracuni orang-orang dari ras ini jika mereka terpapar terus-menerus atau terkena ledakannya. Normalnya, orang New God bisa terbunuh jika terkena bom yang terbuat dari bahan Radion.

Radion adalah zat langka, karena jika tidak, Darkseid sudah pasti akan mempersenjatai pasukannya dengan lebih banyak zat berbahaya ini.

Highfather dan New Genesis

Highfather-new-genesis

New Genesis adalah planet yang dipenuhi hutan lebat dan padang rumput hijau lengkap dengan flora dan faunanya. Satu-satunya daerah perkotaan adalah Supertown, yang melayang di atas permukaan planet, didesain demikian agar tidak mengganggu kelestarian lingkungan hidup planet tersebut. Permukaan planet New Genesis ditinggali oleh orang-orang yang dikenal dengan sebutan “Primitive”. Mereka hidup bebas dari campur tangan dan pemerintahan Highfather.

Highfather adalah sebutan untuk pemimpin planet New Genesis. Jabatan ini dipegang oleh Izaya. Highfather adalah pemimpin yang baik hati dan bijaksana. Ia menegakkan toleransi dan keadilan di New Genesis. Meski dikenal baik hati dan lembut, dia tidak segan-segan berperang atau melakukan kekerasan demi melindungi rakyatnya, terutama dari ancaman pasukan Darkseid.

Highfather adalah sosok pemimpin yang ideal, selain adil dan bijak, ia juga mampu berkomunikasi dengan Source, yang memberikannya berbagai tuntunan dan nasehat dalam melaksanakan tugas sebagai pemimpin tertinggi di New Genesis.

Darkseid dan Apokolips

darkseid-apokolips

Walaupun anda kurang familiar dengan ras New Gods, tapi kemungkinan besar anda pernah mendengar nama Darkseid. Sejauh ini, Darkseid memang menjadi salah satu karakter villain yang cukup terkenal, di luar mitologi Fourth World. Karakter ini sebenarnya melakukan debutnya dalam cerita New Gods, dan hingga saat ini masih menjadi bagian penting dari mitology ras “dewa baru” ini.

Jika Highfather adalah pemimpin yang baik hati, maka Darkseid adalah kebalikannya, ia ambisius, jahat dan kejam. Ia bertekad menguasai alam semesta dan menghilangkan kebebasan berkehendak semua mahluk hidup. Keadaan planet Apokolips yang keras dan kurang bersahabat benar-benar menggambarkan kekejaman seorang Darkseid. Semua penduduk Apokolips tunduk dan patuh, serta melayani sang penguasa kejam dengan cara mereka masing-masing.

Konflik Keluarga

konflik-keluarga

Meski New Genesis dan Apokolips bisa dibilang hampir tidak pernah akur, namun kedua planet ini ternyata pernah melakukan genjatan senjata, yang merubah dunia para New Gods selamanya.

Merasa bahwa perang yang berlangsung terus-menerus tidak akan menguntungkan kedua belah pihak, Highfather dan Darkseid akhirnya setuju untuk menghentikan pertikaian.

Sejarah panjang permusuhan tentunya membuat saling percaya jadi sulit. Oleh karena itu, demi menjaga agar kedua belah pihak menjaga kesepakatan yang sudah dibuat, maka Highfather dan Darkseid saling bertukar anak laki-laki. Highfather mengambil anak kedua Darkseid, Orion, dan Darkseid mendapat anak Highfather yang bernama Scott Free.

Orion

Orion adalah anak yang sulit diatur, pemarah, dan suka berbohong. Namun, Highfather dan orang-orang New Genesis cukup sabar menghadapinya. Lama-kelamaan, Orion mampu mengendalikan dan mengarahkan amarahnya. Ia adalah salah satu petarung terbaik New Genesis, dan akhirnya menjadi lawan yang sangat merepotkan untuk ayah kandungnya.

Mr-Miracle

Di lain sisi, Scott menjalani masa kecil yang lebih suram. Ia dibesarkan di salah satu panti asuhan “Terror Orphanages”, di mana hidupnya penuh dengan kekejaman dan kebrutalan. Ketika dewasa, ia bertemu Big Barda, anggota terkuat Female Fury (pasukan wanita Darkseid), yang merasakan kebaikan hati Scott.

Big-Barda

Keduanya akhirnya jatuh cinta dan bergabung dengan golongan pemberontak yang mengajarkan mereka pentingnya kebebasan berpikir dan inovasi. Selang beberapa lama, mereka berdua kabur dari Apokolips dan pergi menuju Bumi. Scott yang juga dikenal dengan nama Mister Miracle, akhirnya menikahi Big Barda.

Sebenarnya, Darkseid sudah bisa memprediksi kaburnya Scott, lebih dari itu, ia bahkan sudah membuat rencana guna mengambil keuntungan dari kejadian ini, yaitu sebagai alasan untuk menyerang New Genesis yang sekarang tidak siap berperang.

Kendati demikian, ia tidak menyangka akan kehilangan salah satu prajurit terkuatnya, Big Barda. Darkseid juga tidak menyangka bahwa anak kandungnya, Orion, akan menjadi lawan yang sangat merepotkan, bahkan beberapa kali mengalahkannya.

Penutup

Meski kisah komik “Fourth World” karangan Kirby ini dipenuhi berbagai mahluk aneh, gambar-gambar fantasy-imaginasi, dan teknlogi yang kompleks, namun pada intinya, Kirby sebenarnya ingin bercerita tentang keluarga dan lingkungan hidup. Tentang watak vs asuhan (kisah Orion dan Scott), dan tentang cinta dan ambisi. Ini adalah tema yang universal, dan setiap manusia pasti pernah menemukan atau menghadapi masalah-masalah yang coba diangkat Kirby.

No comments:

Post a Comment