Saturday, April 16, 2016

Asal - Usul dan Kekuatan Winter Soldier

siapa-winter-soldier

Winter Soldier dikenal sebagai seorang mata - mata sekaligus pembunuh berdarah dingin asal Russia yang sering terlibat berbagai insiden nasional maupun internasional. Belakangan diketahui, Winter Soldier ternyata adalah Bucky Barnes, sahabat karib Steve Rogers alias Captain America yang pada masa perang dunia kedua diduga telah tewas. Dalam artikel ini, kami akan membahas asal - usul, sejarah, latar belakang, kemampuan atau kekuatan, dan segala sesuatu tentang sosok yang dalam komik dikenal sebagai sidekick (pendamping superhero) Captain America ini.

Artikel Terkait :

*) 4 Fakta Menarik Armor Iron Man: Armor Sengaja Dirusak Ketika Syuting

*) 5 Perbedaan Film 'Captain America: Civil War' Dengan Versi Komiknya

*) 6 Fakta Mengejutkan Marvel Studio Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

 

Asal - usul dalam komik

Bucky-Captain-America

Setelah ayahnya meninggal pada masa perang dunia kedua, James Buchanan Barnes diangkat menjadi maskot Camp Lehigh dan diberi nama panggilan 'Bucky'. Berkat potensi yang ia miliki, Bucky dikirim ke inggris ketika berumur 16 tahun untuk mengikuti latihan militer dengan S.A.S selama dua bulan dan dilanjutkan dengan pelatihan khusus selama satu bulan di Amerika. Di mata semua atasannya, Bucky adalah petarung natural terbaik yang pernah mereka lihat, maka tak mengherankan ketika remaja lincah nan tangkas ini akhirnya ditunjuk menjadi pendamping Captain America.

Baca Juga : 9 Fakta Menarik Captain America Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Menyusul penunjukan Bucky sebagai pendamping sang kapten, media pun memuat berita heboh dengan judul 'Camp kid becomes Cap's sidekick' (Anak camp menjadi pendamping Captain America ), yang membuat anak - anak di seluruh negeri bersemangat karena berpikir hal yang sama bisa saja terjadi pada mereka.

Dalam kiprahnya membantu Steve Rogers, Bucky bergabung dengan grup 'Invaders', berjuang dengan beberapa superhero lain seperti Namor The Sub Mariner, Jim Hammond The Human Torch dan Thomas Raymond The Toro.

Bucky berteman dekat dengan beberapa superhero yang kebetulan seumuran dengannya seperti Toro, Human Top dan Golden Girl.

Ketika grup Invader tengah melawan Red Skull, Bucky bergabung dengan grup sidekick bernama 'Young Allies' (berubah nama menjadi Liberty Legion). Selain Young Allies, pendamping Captain America ini juga diketahui pernah bergabung dengan grup superhero muda 'Kid Commandos'.

Pada masa akhir perang dunia kedua, ketika sedang dalam sebuah misi melumpuhkan Baron Heinrich Zemo, Bucky dan kapten Rogers menaiki sebuah pesawat yang sedang membawa bom. Mereka berdua berusaha sekuat tenaga menjinakkan bom tersebut namun tak disangka bom justru meledak yang membuat mereka terlempar ke laut. tubuh Steve Rogers jatuh ke es dan membeku selama bertahun - tahun, sedangkan tubuh Bucky tidak pernah ditemukan.

Latar belakang penciptaan karakter

bucky (1)

Joe Simon dan Jack Kirby menciptakan karakter Bucky Barnes sebagai sidekick (pendamping) Captain America. Nama Bucky Barnes sendiri adalah nama teman kecil Joe Simon. Karakter ini pertama kali muncul pada Captain America Comics #1 yang terbit Maret 1941.

Evolusi karakter

asal-usul-sejarah-kekuatan-kemampuan-winter-soldier

Pada masa Golden Age, status Bucky sebagai pendamping Captain America pernah digantikan Golden Girl (Betsy Ross) menyusul penurunan penjualan komik pada akhir tahun 1940-an.

Baca Juga : Marvel Phase Four: Apa Yang Akan Terjadi Setelah Infinity War ?

Ketika memasuki masa Silver Age, Captain America yang sempat dilupakan, kembali dibangkitkan dan diceritakan bergabung dengan grup Avengers. Kebangkitan sang kapten ternyata tidak dibarengi dengan kebangkitan pendampingnya, karakter Bucky tetap dikisahkan mati dan hanya muncul dalam bentuk flashback dan cerita - cerita yang dituturkan Steve Rogers.

Pada tahun 2005 lalu, Ed Brubaker mengejutkan banyak orang dengan mengisahkan bahwa Bucky Barnes masih hidup. Dalam cerita versi Brubaker, Bucky ternyata masih hidup dan menjelma menjadi seorang mata - mata sekaligus pembunuh bernama Winter Soldier. Sejak saat itu, karakter yang dulunya berstatus hanya sekedar 'sidekick', kini mempunyai ceritanya sendiri yang cukup menarik dan bahkan pernah menggantikan Steve Rogers menjadi Captain America.

Menggantikan Steve Rogers sebagai Captain America

bucky-captain-america-baru

Sebuah tragedi menyedihkan terjadi di akhir peristiwa 'Civil War', Steve Rogers tewas dibunuh Crossbones.

Sebelum kematiannya, Steve Rogers sempat menulis surat untuk Tony Stark yang isinya meminta Tony menyelamatkan sahabatnya Bucky dan agar perannya sebagai Captain America tetap dilanjutkan.

Ketika Tony Stark akhirnya bertemu dengan Bucky, ia pun menyampaikan isi surat sang kapten dan menyarankan agar Bucky melanjutkan peran Captain America. Bucky sempat ragu, namun setelah berpikir lama dan mendengar pendapat Tony, akhirnya ia bersedia menjadi Captain America yang baru.

Bagi Bucky, menjadi Captain America tidaklah mudah. Apalagi ketika ia kerap dihantui 'dosa masa lalu' saat masih berperan sebagai Winter Soldier.

Baca Juga : Kenapa Perisai Captain America Selalu Bisa Kembali Jika Dilempar ?

Kekuatan

kekuatan-winter-soldier

Bucky Barnes tidak memiliki kekuatan fisik sehebat Steve Rogers, ia tidak pernah diberikan serum 'super-soldier' seperti sahabatnya itu. Namun, kekuatan fisiknya bisa dibilang berada pada level tertinggi rata - rata manusia. Selain itu, ia juga memiliki semacam lengan cibernetic / bionic yang diketahui memiliki berbagai fitur / fungsi. Berikut daftar fitur yang dimiliki lengan cibernetic sang Winter Soldier :

Kekuatan manusia super - Walaupun tubuhnya secara keseluruhan tidak memiliki kekuatan super, namun lengan cibernetik-nya mempunyai tingkat kekuatan mendekati kekuatan manusia - manusia super.

Reaksi cepat - Lengan cibernetik Bucky mampu bereaksi lebih cepat dari atlit olimpiade manapun.

Sensor kestabilan objek - Lengan cibernetik ini memiliki sensor yang bisa mendeteksi titik stabil sebuah benda / objek. Fitur ini membuat Bucky mampu melempar perisai Captain America sebaik pemiliknya.

Pengendalian jarak jauh - Lengan cibernetik ternyata masih bisa dikontrol walaupun dalam keadaan terpisah dari tubuh Bucky.

Tidak terdeteksi sensor metal - Lengan cibernetik ini tidak terdeteksi sensor metal / besi.

Kejutan listrik - Lengan cibernetik Bucky dapat menghasilkan kejutan listrik.

EMP (Electromagnetic Pulse) - Lengan cibernetik ini mampu menghasilkan EMP yang bisa melumpuhkan berbagai peralatan elektronik.

Hologram - Lengan cibernetik Bucky bisa menampilkan hologram yang membuat lengan ini terlihat seperti lengan biasa .

Kemampuan / Skill

kemampuan-winter-soldier

Selain memiliki kekuatan fisik optimal dan Lengan Bionic, Sang Winter Soldier juga memiliki beberapa kemampuan atau skill yang ia pelajari dan kembangkan. Berikut daftar lengkapnya :

Ahli bela diri - Bucky Barnes dikenal sebagai ahli bela diri tangan kosong. Ia mendapatkan keahliannya ini dari berbagai ahli bela diri seperti : ahli bela diri terkenal masa perang dunia kedua William Essart Fairbairn dan kolonel Rex Applegate serta tentunya Captain America. Dengan keahliannya ini, Bucky mampu mengalahkan Crossones, Wolverine dan Black Widow.

Ahli membidik target - Bucky mampu menembak targetnya dengan akurat. Ia juga mahir melempat pisau.

Ahli akrobatik - Bucky mampu melakukan berbagai gerakan akrobatik sulit.

Ahli pengintaian - Sebagai mantan mata - mata, Bucky ahli dalam penyamaran dan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknik pengumpulan informasi secara diam - diam.

Mahir beberapa bahasa - Bucky menguasai bahasa Inggris, German, Jepang, Russia dan sedikti Prancis. Ia juga kemungkinan menguasai beberapa bahasa lain.

Ahli teknik membunuh - Sebagai mantan pembunuh, Bucky menguasai berbagai teknik membunuh yang efektif.

Peralatan dan persenjataan

senjata-winter-soldier

Ketika masih menjadi Witer Soldier, Bucky menggunakan semacam armor ketika beraksi. Namun belakangan setelah tidak lagi menjadi seorang pembunuh, ia lebih sering terlihat menggunakan kostum yang terbuat dari kain anti peluru.

Ketika masih menjadi Winter Soldier, Bucky banyak menggunakan senjata api rifle dan berbagai jenis senjata otomatis lainnya. Namun belakangan setelah tidak lagi menjadi seorang pembunuh, ia hanya menggunakan pistol biasa, peledak dan pisau perang.

Daftar film dan serial TV yang pernah menampilkan karakter Winter Soldier / Bucky Barnes

Selain lewat media komik, karakter Bucky Barnes alias Winter Soldier jg pernah muncul dalam serial TV dan film. Berikut daftar serial TV dan film tersebut :

1. Marvel Superheroes (Serial TV Animasi)

Marvel_Super_Heroes

Karakter Bucky pernah muncul dalam serial animasi yang dirilis tahun 1960 ini.

2. The Avengers: Earth's Mightiest Heroes (Serial TV Animasi)

Captain_America_&_Bucky

Dalam serial TV animasi ini, Bucky muncul pada episode 'Meet Captain America' dan disuarakan oleh Scott Melville. Ia diperlihatkan sebagai pendamping kepercayaan Captain America - membantu sang kapten menghentikan rencana jahat Red Skull melepaskan mahluk buas asal Asgard. Sayang, Bucky akhirnya meninggal akibat ledakan roket setelah menyelamatkan Captain America dari Red Skull.

Kemunculan karakter Bucky tidak berhenti sampai disitu. Sang sidekick kembali muncul dalam beberapa episode setelah episode kematiannya di atas dalam berbagai kisah menarik lainnya.

3. Avengers Assemble (Serial TV Animasi)

Bucky_and_Cap_AA

Bucky muncul dalam episode 'Ghosts of the Past' dan dikisahkan sedang memburu Red Skull. Belakangan terungkap bahwa Bucky ingin membalas dendam kepada Red Skull yang telah merubahnya menjadi seorang pembunuh. Usahanya memburu Red Skull membuat ia harus berurusan dengan Avengers yang ternyata juga sedang memburu sang vilain berwajah tengkorak merah itu.

4. Ultimate Avengers (Film Animasi)

ultimate-avengers-the-movie-team

Dalam film animasi ini, Bucky digambarkan sebagai seorang juru foto militer sekaligus pendamping / sidekick Captain America pada masa perang dunia kedua. Ketika Captain America diberitakan tewas saat mencoba menjinakkan prototype bom buatan Nazi, Bucky pun memutuskan untuk menikahi tunangan sang kapten, Gail.

Bucky dan Steve akhirnya bertemu kembali pada tahun 2000-an, Steve dibangkitkan setelah membeku selama bertahun - tahun. Karakter Bucky disuarakan oleh James Arnold Taylor.

5. Captain America: The First Avenger (Film Live-Action)

captain-america-the-first-avenger-bucky_480b_1334697773

Dalam film 'Captain America: The First Avenger', karakter Bucky diperankan oleh Sebastian Stan. Bucky adalah sahabat masa kecil Steve Rogers. Ia mendaftar menjadi seorang tentara pada masa perang dunia kedua dan pergi meninggalkan Steve untuk bertugas. Kepergian sahabatnya itu, merupakan salah satu alasan yang membuat Steve tetap ingin menjadi tentara walaupun tubuhnya lemah, hingga akhirnya memutuskan untuk menjadi sukarelawan eksperimen tentara super.

Setelah unitnya ditangkap pasukan Red Skull di Eropa, Bucky disiksa dan dijadikan kelinci eksperimen oleh Arnim Zola, hingga akhirnya diselamatkan oleh sahabatnya, Steve Rogers, yang saat itu sudah menjadi seorang superhero, Captain America.

Semenjak itu, Bucky bergabung dengan Steve sebagai anggota pasukan khusus bernama 'The Howling Commandos'. Mereka berjuang bersama - sama membasmi pasukan Red Skull.

Naas, ketika Bucky dan Steve sedang dalam operasi penangkapan Arnim Zola, Sahabat dekat Steve Rogers ini jatuh dari kereta yang sedang melaju kencang. Kematian sang sahabat meninggalkan kesedihan mendalam bagi Steve.

6. Captain America: The Winter Soldier (Film Live-Action)

3803775-8906662723-13992

Sebastian Stan kembali berperan menjadi Bucky Barnes dalam film 'Captain America: Winter Soldier' yang dirilis tahun 2014 silam. Dalam film tersebut, diceritakan bahwa berkat eksperimen yang dilakukan Arnim Zola, HYDRA bisa membangkitkan tubuh Bucky dan kemudian mencuci otaknya untuk dijadikan seorang pembunuh berdarah dingin. Lengan kirinya yang hancur digantikan dengan sebuah lengan cibernetic canggih. Bucky pun diberi nama baru Winter Soldier. Konflik kian menjadi - jadi, ketika Steve akhirnya mengetahui bahwa sahabatnya ternyata masih hidup dan secara mengejutkan berubah menjadi seorang pembunuh legendaris internasional.

7. Ant-Man (Film Live-Action)

bucky-ant-man

Dalam film ini, Sebastian Stan kembali berperan menjadi Bucky dan hanya mencul sebagai cameo setelah adegan credit pada akhir film.

8. Captain America: Civil War (Film Live-Action)

Bucky-Captain-America-civil-war

Film ketiga dari trilogi Captain America ini kembali akan menampilkan karakter Bucky Barnes yang masih diperankan oleh Sebastian Stan. Kali ini, Bucky dikisahkan dalam pelarian karena dicurigai menjadi dalang sebuah serangan teroris. Steve yang percaya sahabatnya tidak bersalah, mau tidak mau harus bersitegang dengan rekan setimnya di Avengers, yang akhirnya menimbulkan perpecahan dan perang saudara antar anggota grup superhero tersebut.

No comments:

Post a Comment