Monday, April 4, 2016

9 Fakta Menarik Tentang Captain America Yang Mungkin Tidak Anda ketahui

fakta-menarik-captain-america

Layaknya Robert Downey Jr., Kemungkinan banyak orang di luar sana yang tidak bisa membayangkan aktor lain selain Chris Evans memerankan karakter Captain America. Sosok Chris Evans sudah sangat melekat dengan karakter superhero berlambang bintang ini. Namun tidak disangka, ternyata sang aktor pernah menolak peran Captain America hingga tiga kali sebelum akhirnya memutuskan untuk mengambil peran tersebut.

Artikel Terkait :

*) 4 Fakta Menarik Armor Iron Man: Armor Sengaja Dirusak Ketika Syuting

*) Dalam Komik, 9 Orang Ini Pernah Berperan Sebagai Captain America

*) 7 Fakta Menarik Iron Man Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

*) Kenapa Perisai Captain America Selalu Bisa Kembali Jika Dilempar ?

 

Penolakan Chris Evans di atas adalah satu dari 9 fakta menarik tentang Captain Amerika yang akan kami bahas dalam artikel ini. Berikut fakta - fakta menarik tersebut :

1. Hampir dikenal dengan nama 'Super American'

super-american

Pada awal kemunculannya, karakter Captain America dijadikan semacam propoganda yang memperlihatkan alasan mengapa  Amerika harus ambil bagian dalam perang dunia kedua. Pada waktu itu karakter superhero yang patriotis memang sedang menjadi trend.

Ketika Joe Simon menggambar sketsa karakter Captain America dan menulis nama 'Super American' di bawah gambarnya, ia langsung sadar bahwa nama tersebut tidak menarik, karena sudah ada terlalu banyak karakter superhero yang menggunakan kata 'Super' dalam nama mereka. Akhirnya, nama 'Captain America' -lah yang dipilih untuk karakter superhero terbarunya itu.

Komik Captain America diterbitkan pertama kali pada bulan maret tahun 1941, gambar cover pertamanya adalah Captain America sedang meninju wajah Hitler. Komik ini diterbitkan 9 bulan sebelum serangan Pearl Harbor. Walaupun terjual sebanyak satu juta copy dalam waktu singkat, ternyata tidak semua orang setuju dengan isi komik tersebut. Bahkan, Sebuah protest yang cukup intens pernah terjadi yang membuat gedung penerbit komik harus menerima penjagaan polisi.

2. Stan Lee bukanlah pencipta karakter Captain America

stan-lee-captain-america-cameo

Stan Lee  seringkali muncul dalam film - film karakter superhero yang ia ciptakan. Ia pernah muncul dalam film Spiderman, Thor, Iron Man, bahkan Captain America. Namun, tahukah anda bahwa Stan Lee bukanlah pencipta karakter Captain America ? Pencipta karakter Captain America adalah Joe Simon dan Jack Kirby. Lalu, mengapa karakter Captain America terkesan seperti diciptakan Stan Lee ?  Stan Lee memang bukan pencipta karakter tentara super ini, Tetapi, ini bukan berarti Stan Lee hanya numpang tenar, perannya cukup siginfikan, karena dialah yang mengangkat lagi kisah karakter ini pada tahun 60-an setelah sempat dilupakan orang.

3. Film live-action pertamanya dibuat tahun 1944

captain-america-serial-1944

Ketika karakter Captain America sedang berada dalam puncak popularitasnya (ketika itu perang dunia kedua sedang berlangsung), sebuah serial TV hitam putih yang menampilkan karakter tentara super ini pun dibuat. Karakter Captain America diperankan oleh Dick Purcell. Serial ini menuai pujian dari para kritikus walaupun sebenarnya banyak melakukan perubahan pada karakter Captain America. Dalam serial tersebut, identitas asli Captain America bukanlah Steve Rogers, melainkan Grant Gardener yang berprofesi sebagai jaksa. Perisai dan serum super-soldier juga tidak muncul dalam cerita serial TV yang dirlis tahun 1944 tersebut.

4. Bentuk perisai Captain America awalnya berbeda

perisai-segitiga-captain-america

Dalam setiap kesempatan, Captain America dan perisai Vibraniumnya adalah tidak terpisahkan. Perisai ini bisa dibilang sangat ikonik dan penting, kami yakin anda akan merasa aneh jika melihat Captain America beraksi tanpa perisainya.

Berbicara mengenai perisai / tameng Captain America, kami yakin banyak orang di luar sana yang tidak tahu bahwa tampilan awal  perisai Captain America berbeda dengan yang ada saat ini. Awalnya, Bentuk perisai Captain America adalah segitiga bukan bulat seperti sekarang. Pada masa - masa awal kemunculannya, perisai ini ternyata sangat mirip dengan simbol karakter superhero 'The Shield'  yang diterbitkan oleh MLJ Megazine (berubah menjadi Archie Comics). Oleh karena itu, Simon dan Kirby selaku pencipta karakter Captain America memutuskan untuk memperkenalkan perisai lain pada issue kedua.

Dalam komiknya sendiri, penyebab perubahan perisai ini diceritakan dengan cukup baik. Ketika sedang dalam misi pada  perang dunia kedua, Steve Rogers bertemu dengan T'Chaka, pemimpin negara Wakanda dan ayah T'Challa (Black Panther versi MCU). Ia menerima sebuah sample Vibranium dari raja Wakanda tersebut dan membawanya pulang ke Amerika. Di Amerika, sample mineral langka ini dibuat menjadi sebuah perisai oleh Dr. Myron MacLain secara tidak sengaja dan ia tidak tahu bagaimana menduplikasi prosesnya. Perisai ini pun diberikan kepada Steve Rogers oleh presiden Franklin D. Roosevelt, karena ketahanan dan kemampuan aerodinamisnya, perisai ini akhirnya menggantikan perisai yang lama.

5. Steve Rogers bukanlah satu - satunya Captain America

Sam_Wilson_Captain_America_

Steve Rogers bukanlah satu - satunya orang yang pernah berperan sebagai Captain America. Dalam komik, setidaknya ada tiga orang yang pernah menggantikan Steve Rogers menjadi Captain America. Orang pertama adalah William Nasland, ia menjadi Captain America menyusul menghilangnya Steve Rogers dan Bucky Barnes setelah perang. Orang kedua adalah Bucky Barnes alias Winter Soldier, ia menjadi Captain America setelah kematian Steve Rogers dalam peristiwa 'Civil War'. Orang ketiga adalah Sam Wilson alias Falcon, ia menjadi Captain America dalam cerita komik Marvel yang sedang berjalan saat ini. Selain tiga orang di atas, masih ada beberapa orang lagi yang pernah berperan sebagai Captain America.

6. Bukan pendiri Avengers

the-avengers-vol-1-4-1964

Berbeda dengan apa yang ditampilkan dalam film Avengers versi MCU, Captain America bukanlah pendiri grup superhero Avengers. Dalam komik Avengers issue ke empat yang terbit tahun 1964, para superhero yang tergabung dalam grup Avengers menemukan Steve Rogers terkubur dalam es. Dalam seri komik tersebut, superhero pendiri Avengers adalah Thor, Ant-Man, Wasp, Iron Man dan Hulk.

Captain America baru bergabung dengan Avengers ketika Hulk memutuskan untuk mundur karena merasa tidak bisa lagi mengontrol kekuatannya. Sejak saat itu, peran Captain America dalam Avengers semakin besar, hingga akhirnya dipercaya menjadi pemimpin berkat pengetahuan tentang taktik dan pengelaman berperangnya.

7. Captain America tidak senasionalis namanya

captain-america-civil-war-costumes

Walaupun menggunakan kata 'America' dalam namanya, Captain America tidak selalu setuju dengan apa yang dilakukan negaranya. Ia bahkan beberapa kali mengganti nama karena tidak lagi sejalan dengan kebijakan pemerintah Amerika. Ia pernah menggunakan nama 'Nomad' dan 'The Captain', namun akhirnya kembali mengambil peran Captain America setelah seorang penggemarnya  terbunuh ketika menggantikan Steve Rogers sebagai Captain America.

Prinsip Steve Rogers yang tidak sejalan dengan pemerintah juga menjadi pemicu peristiwa Civil War baik dalam komik maupun film. Dalam komik, Steve Rogers tidak setuju dengan rencana pemerintah meregulasi para superhero yang mana mengharuskan mereka mengungkap identitas sebenarnya kepada pemerintah. Rogers merasa hal ini akan membahayakan keselamatan para superhero dan juga melanggar kebebasan pribadi mereka.

8. Chris Evans sempat menolak peran Captain America

Chris-Evans-2

Sulit dipercaya bahwa seorang Chris Evans yang memerankan karakter Steve Rogers / Captain America dengan sangat baik, ternyata pernah menolak peran Captain America. Sebagian besar penikmat film - film superhero tentu tahu bahwa Captain America bukanlah satu - satunya karakter superhero yang pernah diperankan oleh Chris Evan. Perannya sebagai Johny Storm alias Human Torch kemungkinan menjadi salah satu alasan sang aktor menolak tawaran peran Captain America hingga tiga kali.

Dalam sebuah interview, Evans berkomentar bahwa ada rasa takut ketika akan menerima peran Captain America, karena keputusan yang  ia buat akan menentukan nasibnya dalam kurun waktu minimal enam tahun kedepan. Entah apa alasan sebenarnya, sang aktor akhirnya bersedia mengambil peran Captain America. Dalam kesempatan lain, Chris Evan berkata bahwa ia tidak ingin rasa takut menjadi alasan utamanya mengambil keputusan.

Chris Evan tentu bukanlah satu - satunya aktor yang pernah dipertimbangkan untuk memerankan Captain America. Marvel sempat berpikir menggunakan jasa Ryan Phillippe, John Krasinki, Channing Tatum dan Chace Crawford. Bahkan, Sebastian Stan juga pernah dipertimbangkan untuk peran Captain America, namun akhirnya diputuskan berperan sebagai Bucky Barnes alias Winter Soldier.

9. Salah satu orang yang bisa mengangkat palu Thor

captain-america-angkat-mjolnir

Dalam film 'Avengers: Age of Ultron', Thor terlihat kaget melihat Steve Rogers mampu sedikit menggerakkan Mjolnir. Adegan tersebut bukanlah adegan sembarangan, karena didasarkan pada apa yang pernah terjadi dalam komik. Dalam komik, Captain America diketahui  mampu bukan hanya mengangkat tapi menggunakanya palu Thor dalam pertarungan. Hal ini terjadi pada tahun 1988, ketika itu Captain America menggunakan nama 'The Captain'. Captain America kembali menggunakan Mjolnir pada peristiwa komik 'Fear itself' ketika Mjolnir tidak sengaja terjatuh ke Bumi.

Selain Captain America, orang - orang yang juga mampu mengangkat palu Thor adalah Jane Foster (yang sekarang berperan sebagai Thor wanita dalam komik), Beta Ray Bill dan Thunderstrike. Saat ini, banyak fans yang berharap bisa menyaksikan Captain America menggunakan Mjolnir dalam film - film Marvel Cinematic Universe di masa depan.

 

Bagaimana ? Apakah ada fakta menarik yang terlewat ? Sampaikan fakta menarik itu lewat kolom komentar ya!

No comments:

Post a Comment