Wednesday, March 9, 2016

5 Fakta Menarik Tentang Daredevil Yang Perlu Anda ketahui

Daredevil-punisher-elektra

Sebelum kemunculan serial TV-nya, yang kita ingat dari karakter Daredevil adalah bagaimana Ben Affleck memerankan karakter ini dalam film 'gagal' produksi Fox. Sempat terlupakan dan tak dilirik orang, tahun 2015 lalu, Netflix mengingatkan kita bahwa Daredevil adalah superhero dengan cerita yang menarik asal tahu bagaimana mengemasnya. Terbukti, dengan mengusung tema gelap dan realistis, serial Daredevil diterima bahkan digemari banyak orang.

Artikel Terkait :

*) Siapa Sebenarnya The Punisher ?

*) Mengenal Para Karakter Yang Muncul Dalam Serial Daredevil Season 2

 

Kali ini, dalam rangka menyambut perilisan musim keduanya, kami mencoba mengumpulkan 5 fakta menarik tentang Daredevil yang perlu anda ketahui.

1. Fox Sempat berencana mereboot film Daredevil

Daredevil-Ben-Affleck

Sebelum Marvel datang kepada Netflix dengan rencana pembuatan 60 episode serial Daredevil, Jessica Jones, Luke Cage dan Iron Fist yang nantinya akan bermuara pada crossover 'The Defenders', Fox masih memegang hak atas karakter Daredevil dan pernah berencana untuk mereboot karakter superhero buta ini.

Proyek reboot tersebut awalnya akan disutradarai oleh David Slade (Twilight Saga: Eclipse), Daredevil versi David Slade direncanakan mengusung tema 'Dark and Edgy' (lebih gelap dari versi sebelumnya) dan akan memperlihatkan kostum kuning klasik  Daredevil. Namun, sang sutradara akhirnya terikat untuk mengerjakan serial Hannibal, Fox sempat mempermasalahkan kepindahan Slade, tapi kemudian memutuskan untuk menunjuk sutradara lain, Joe Carnahan.

Carnahan sendiri ingin membuat film Daredevil dengan gaya thriller noir tahun 70-an. Ia mengklaim bahwa proyek reboot garapannya diterima dengan baik berdasarkan cuplikan film yang ia perlihatkan. Namun nyatanya, proyek reboot Daredevil tidak kunjung terealisasi hingga akhirnya hak karakter Daredevil kembali ke pangkuan Marvel.

2. Sebelum Ben Affleck, ternyata aktor lain pernah memerankan karakter Daredevil

Daredevil-Hulk

Mungkin anda dan sebagian besar orang di luar sana mengira bahwa Ben Affleck adalah aktor pertama yang memerankan karakter Daredevil. Well, anggapan itu tidak tepat, sebelum Ben Affleck ada dua orang lagi yang pernah memerankan karakter superhero berkostum merah ini.

Aktor pertama yang memerankan Daredevil  adalah Rex Smith. Ia muncul dalam TV Movie The Incredible Hulk pada tahun 1989. Kemunculan Daredevil dalam TV Movie tersebut adalah sebagai perkenalan untuk serial solo Daredevil sendiri yang sayangnya tidak pernah terlaksana.

Aktor kedua yang memerankan Daredevil adalah Edward Albert, kali ini sebagai pengisi suara dalam serial animasi Spiderman tahun 1994. Karakter Daredevil sempat muncul dalam beberapa episode serial animasi Spiderman ini, bahkan pertemuan  keduanya dibuat film lalu dirilis dalam bentuk DVD dan diberi judul 'Daredevil vs Spiderman'.

3. Adegan 'Hallway Fight' direkam dengan sekali take

Daredevil-Black

Apakah Anda  sudah menonton serial TV Daredevil Season pertama  ? Jika belum, berhentilah membaca artikel ini dan tontonlah dulu serial TV-nya, dijamin anda tidak akan kecewa. Bagi yang sudah menonton, anda pasti ingat dengan adegan 'Hallway Fight', yaitu adegan pertarungan antara Matt Murdock dengan beberapa penjahat di sebuah lorong panjang pada episode 2. Ya, kemungkinan besar anda ingat. Adegan tersebut adalah salah satu adegan terkeren dalam serial TV Daredevil.

Namun begitu, tidak semua orang sadar bahwa adegan keren yang mereka lihat adalah sebuah adegan yang direkam secara terus menerus tanpa cut. Artinya aktor - aktor yang terlibat dalam adegan tersebut harus menghapal gerakan atau choreography yang lumayan panjang. Adegan seperti ini tergolong sulit dan membutuhkan usaha extra untuk memfilmkannya. Bagi yang sudah menontonnya, coba putar ulang adegan tersebut dan perhatikan kompleksitas adegannya. Kami yakin kali ini anda akan lebih menghargai adegan tersebut.

4. Pengembang serial Daredevil Netflix banyak mengundurkan diri

Matt-Murdock-Lawyer

Kabar kurang mengenakkan datang dari tim pengembang serial Daredevil. Diketahui ada dua orang yang cukup berperan dalam kesuksesan season pertamanya memutuskan untuk hengkang. Orang pertama yang mengundurkan diri adalah Drew Goddard, yang sempat dikabarkan akan menahkodai film batal Sinister Six. Peran Goddard pada season pertama cukup siginifikan dan dialah penulis episode kedua yang menyajikan adegan 'Hallway Fight' yang terkenal itu.

Orang kedua yang memutuskan keluar dan tidak lagi terlibat dalam proyek Daredevil adalah pengganti Goddard, Steven DeKnight. Setelah musim pertama tayang, DeKnight pergi demi menulis untuk proyek film Transformer, keputusan yang tidak lama sejak itu ia sesali. Ia menyesali keputusannya bukan karena film Transformer adalah proyek buruk, melainkan karena musim kedua serial Daredevil ternyata mengangkat kisah 'The Punisher' - DeKnight diketahui sangat ingin terlibat dalam kisah Punisher.

5. Serial Daredevil Netflix awalnya hanya akan dibuat satu musim

Daredevil-season-one

Kesuksesan musim pertama serial Daredevil ternyata membawa dampak yang cukup besar bagi proyek The Defender. Awalnya setiap superhero yang tergabung dalam grup The Defender hanya akan mendapatkan jatah satu musim saja sebelum proyek crossover The Defender, satu musim yang berfungsi sebagai perkenalan masing - masing karakter, tak terkecuali karakter Daredevil. Namun secara mengejutkan, Daredevil justru mendapatkan lampu hijau untuk produksi musim kedua dan akhirnya dirilis bahkan sebelum karakter lain seperti luke Cage dan Iron Fist mendapatkan serial solo mereka sendiri. Ini artinya respon penonton terhadap serial ini begitu besar, sampai - sampai merubah rencana Marvel yang jauh - jauh hari sudah dipersiapkan.

Sebagai  penggemar serial Daredevil, tentunya kita merasa senang dengan kehadiran musim keduanya. Tetapi di sisi lain, hal ini juga berpengaruh terhadap proyek The Defender yang realisasinya jadi terlambat. Bayangkan jika serial lain seperti Jessica Jones atau Luke Cage di kemudian hari ternyata mendapatkan musim kedua juga, berapa lama lagi kita harus menunggu bergabungnya para superhero ini dalam crossover The Defender ?

Penutup

Bagaimana ? Apa anda punya fakta menarik tentang Daredevil yang pantas masuk dalam daftar di atas ? Beritahu kami lewat kolom komentar ya.

 

No comments:

Post a Comment