Sunday, February 14, 2016

Daftar 5 Musuh Terkuat Justice League Yang Mungkin Muncul Dalam DCEU

Selain mempertemukan 2 karakter superhero terpopuler untuk pertama kalinya dalam satu film, Film 'Batman V Superman' juga berperan sebagai jembatan menuju   film Justice League di masa depan. Satu pertanyaan yang belum terjawab adalah  siapa penjahat super yang akan mendapatkan kehormatan menjadi yang pertama merasakan kekuatan kelompok superhero ini.

Artikel Terkait :

*) 10 Anggota Justice League Terkuat

*) Daftar Lengkap Anggota Justice League dan Kekuatan Mereka

*) Gambar Ini Memberikan Petunjuk Tentang Kemunculan Darkseid

*) 5 Armor Terbaik Yang Pernah Digunakan Batman

*) Begini Cara Batman Kalahkan Para Superhero Anggota Justice League

 

Walaupun film 'Batman V Superman' dikabarkan akan memperlihatkan 6 anggota Justice League, namun tim Justice League sendiri tidak akan terbentuk sebelum film Justice League: Part One tahun 2017. Beberapa waktu lalu, beredar kabar bahwa Darkseid akan menjadi ancaman yang memaksa mereka untuk bekerja sama. Spekulasi kemunculan Darkseid sendiri didasari pada penampakan mahluk bersayap yang mirip Parademons (dalam komik, Parademons adalah pasukan khusus milik Darkseid) pada trailer terbaru 'Batman V Superman'. Baru baru ini, majalah Empire merilis sebuah gambar yang memberikan bukti kuat akan kemunculan Darkseid, gambar tersebut memperlihatkan simbol omega terukir di tanah yang memang identik dengan sosok raja apokolips ini. Sampai saat ini, sudah ada jaminan Darkseid akan mempunyai peran besar dalam DC Extended Universe.

Namun begitu, belum ada pernyataan resmi tentang kapan Darkseid akan muncul. Mungkinkan DC akan melakukan hal yang sama seperti Marvel, mengulur - ulur kemunculan Darkseid layaknya Thanos ? Apakah Darkseid baru akan muncul pada Justice League Jilid Kedua ? Jika iya, lalu siapa yang akan mendapatkan kehormatan menjadi yang pertama merasakan kekuatan kelompok Justice League pada film pertamanya ? Berikut kami sajikan 5 musuh terkuat yang pernah dihadapi anggota Justice League dalam komik, yang mana salah satu dari mereka mungkin saja muncul dalam Justice League Part One.

5. Doomsday

 

Doomsday adalah monster buas hasil rekayasa genetik  yang dilakukan ilmuwan planet Krypton demi menciptakan mahluk generasi unggul. Dahulu kala, jauh sebelum ras Humanoid mendominasi planet Krypton, seorang ilmuwan Bernama Bertron melakukan sebuah eksperimen untuk menciptakan sosok mahluk terkuat yang mampu bertahan dalam lingkungan keras planet Krypton saat itu. Bertron menciptakan bayi Humanoid dalam sebuah Lab lalu dilepaskan ke alam bebas, memaksa sang bayi bertahan hidup tanpa bantuan. Setiap kali sang bayi terbunuh oleh kerasnya lingkungan, sisa tubuhnya akan digunakan untuk membuat klone yang baru. bertahun - tahun proses ini diulang, gen sang bayi terus berevolusi dan semakin kuat. Proses berulang yang sangat menyakitkan ini terekam di dalam gen sang bayi, hal ini membuat ia memendam rasa marah dan kebencian yang mendalam terhadap semua mahluk hidup. Akhirnya, setelah sekian lama mengalami kegagalan, sang bayi berhasil bertahan hidup dan mampu beradaptasi dengan kerasnya lingkungan hidup planet Krypton, ia bahkan mampu hidup hanya dengan sinar matahari tanpa makanan dan air. Ironisnya, Doomsday akhirnya membunuh para ilmuwan yang melakukan eksperimen terhadapnya, Kebencian yang ia rasakan sudah sangat mengakar buah dari 'penyiksaan' yang dirasakan  selama bertahun - tahun.

Para pembaca komik pasti tahu bahwa Doomsday lebih kuat dari Superman. Dialah sosok yang diketahui mampu membunuh sang manusia baja. Namun, banyak yang tidak tahu bahwa kekuatan monster ini ternyata jauh melebihi Superman. Situs DCComics.com menggambarkan kekuatannya dengan kata "tidak bisa diukur dan jauh di atas Superman". Selain itu, ia juga memiliki kemampuan beradaptasi yang sangat tinggi, buah dari eksperimen yang dilakukan terhadapnya selama bertahun - tahun. Untuk bisa mengalahkannya tentunya diperlukan lebih dari sekedar 'kekuatan super', tapi juga kerja sama dan strategi yang tepat. Karena Doomsday bisa dibilang  tidaklah terlalu cerdas, jadi para anggota Justice League bisa mengeksploitasi kelemahannya itu. Doomsday adalah salah satu musuh terkuat dalam DC Universe yang memaksa para anggota Justice League untuk bersatu dan bekerjasama jika ingin menghentikannya.

 

4. Brainiac

 

Brainiac adalah sebuah kecerdasan buatan yang diciptakan di planet Colu (ada beberapa versi origin dari karakter ini, ada yang mengatakan planet asalnya adalah krypton, ada pula yang mengatakan ia adalah alien bukan kecerdasan buatan). Wujud fisiknya seringkali terlihat seperti Humanoid berkulit hijau (Hijau adalah warna kulit penduduk asli planet Colu) yang berasal dari campuran antara bahan organik dan mesin. Namun berhubung ia bukanlah entitas fisik, maka wujud fisiknya bisa berubah - ubah dalam berbagai kisah. Ia mendapat sebutan 'The Collector' karena kegemarannya mengumpulkan miniatur (merubah ukuran sebuah kota atau negara menjadi kecil lengkap dengan semua mahluk hidup di dalamnya) setiap peradaban yang ia anggap pantas untuk diabadikan. Brainiac memiliki kecerdasan level 12, sebagai perbandingan manusia hanya memiliki kecerdasan level 1, jadi bagi Brainiac,  manusia itu sangat sangat primitif. Selain kecerdasan, Brainiac juga diketahui mempunyai kekuatan lain, di antaranya : technopathy (kemampuan untuk mengontrol dan memanipulasi benda elektronik), kemampuan untuk memindahkan kesadarannya ke tubuh lain,Telepati, Telekinesis, kekuatan tubuh setara Superman (tergantung tubuh yang ia tinggali).

Melihat tingkat kecerdasan dan berbagai kekuatan yang dimiliki Brainiac, rasanya sosok Humanoid ini mampu merepotkan seluruh anggota Justice League. Jika Doomsday hanya punya kekuatan, maka Brainiac punya kecerdasan dan kekuatan yang mana jika digabungkan akan menghasilkan ancaman  dahsyat.

 

3. Parallax

 

Parallax adalah perwujudan fisik dari rasa takut. Telah ada sejak permulaan waktu, mahluk yang memiliki wujud seperti serangga bersayap dan berwarna kuning  ini biasanya muncul dalam cerita Green Lantern. Parallax berkelana dari satu planet ke planet lain, menyebabkan kehancuran pada setiap peradaban yang dikunjungi dengan menyebarkan rasa takut dan paranoid pada penduduk peradaban tersebut. Sosok ini pernah muncul dalam film Live Action Green Lantern pada tahun 2011.

Musuh Justice League yang satu ini mampu memberikan ancaman yang lebih berbahaya dari ancaman fisik. Ya, ancaman secara psikologis, yang mana dapat menyebabkan para anggota Justice League dan seantero penduduk bumi saling menghancurkan karena diliputi rasa takut dan paranoid. Ia juga diketahui mampu merasuki tubuh anggota Justice league dan menggunakan  mereka sebagai host atau tunggangan untuk menghancurkan anggota Justice League yang lain.

 

2. Darkseid

 

Darkseid adalah penguasa  planet apokolips. Ia adalah raja yang  kejam lagi tak kenal ampun - menuntut semua rakyatnya untuk tunduk dan patuh pada dirinya. Sosok dengan kekuatan besar ini, biasanya memilih untuk tidak terlibat langsung dalam pertarungan kecuali benar - benar merasa tertantang. Dari matanya memancar 'Omega Sanction', yang mampu menghancurkan, menteleportasi, atau membangkitkan tergantung dari keinginannya. Ia hanya punya satu misi, yaitu mencari dan menguasai 'Anti-Life Equation', yang bisa memberikan ia kendali atas kebebasan berkehendak semua mahluk hidup di seluruh galaxy.

Darkseid bisa dibilang adalah sosok musuh yang komplit. Ia mempunyai berbagai kekuatan super, kecerdasan di atas rata - rata bahkan dikenal sebagai ahli taktik, mampu mengontrol pikiran orang (membuat korban berada dalam kendalinya), dan terakhir memiliki pasukan dalam jumlah besar. Maka wajar jika banyak yang beranggapan bahwa sosok ini layak menjadi lawan Tim Superhero Justice League. Namun begitu, walaupun Darkseid adalah sosok villain terkomplit sejauh ini, ia bukanlah musuh terkuat dalam dunia DC Comic.

 

1. Anti-Monitor

 

Anti-Monitor adalah sosok mahluk maha kuat  yang mengontrol Anti-Matter Universe, ia adalah kebalikan dari saudaranya Monitor yang bertugas mengontrol Positive Matter Universe. Dalam komik, kedua mahluk ini diceritakan tercipta bersamaan dengan terciptanya universe / dunia mereka masing - masing. Anti-Monitor bisa dibilang adalah musuh terkuat dalam DC Comic, ia hampir saja menghancurkan Positive Matter Multiverse dalam seri 'Crisis on Infinite Earths' dan membunuh banyak orang dalam usahanya tersebut. Berbicara tentang kekuatan super, Secara garis besar, Anti-Monitor dapat mengontrol dan memanipulasi Anti-Matter, Anti-Matter adalah kebalikan dari Matter, Matter adalah benda yang menempati ruang dan memiliki massa, yang artinya segala sesuatu yang ada di sekitar kita adalah Matter. Aplikasi dari kekuatan ini sangat banyak, diantaranya adalah, merubah ukuran tubuh, tembakan energi, bahkan  mampu melakukan perjalanan waktu. Anti-Monitor sendiri diketahui pernah bekerjasama dengan Sinestro Corps dan Black Lantern Corps.

Berdasarkan fakta - fakta di atas, kami merasa Anti-Monitor pantas  menempati posisi teratas jika berbicara tentang siapa musuh terkuat Justice League. Karakter yang satu ini bukan hanya mengancam ketentraman satu Universe, tetapi  Universe - Universe lain dalam DC Multiverse, bahkan saking kuatnya, Justice League dan Darkseid terpaksa bekerjasama demi menghadang mahluk yang satu ini.

1 comment:

  1. ga sabar liat anti monitor ada di live action justice league

    ReplyDelete