Thursday, July 21, 2016

11 Fakta Menarik Serial Klasik Mighty Morphin' Power Rangers

Fakta-Power-Rangers

Anak – anak generasi 90-an (termasuk penulis sendiri) pasti tahu serial TV Power Rangers. Sebuah serial tim superhero paling keren saat itu, menggabungkan unsur superhero, monster, dan robot raksasa. Serial ini tergolong sangat sukses, terlihat dari jumlah musim tayangnya, dan penjualan berbagai merchandise bernuansa Power Rangers, seperti mainan, pakaian, dan lain – lain. Sebagai sebuah serial TV yang tayang cukup lama dan sangat populer, tentunya ada banyak fakta menarik tentang serial ini. Jika anda adalah salah satu penggemar Power Rangers, maka anda wajib tahu 11 fakta menarik tentang Power Rangers.

Melihat kesuksesan yang begitu luar biasa di masa lalu, tak mengherankan jika pihak Saban ingin mengangkat kembali kisah petualangan lima remaja ini. Tahun 2017 akan menjadi tahun dirilisnya film reboot Power Rangers. Dan guna menyambut kembalinya film petualangan tim superhero berkostum warna – warni ini, berikut kami berikan 11 fakta menarik serial klasik Mighty Morphin Power Rangers yang mungkin tidak anda ketahui :

11. Ranger Hijau Seharusnya Tidak Bertahan Lama

ranger-hijau

Cobalah bertanya kepada para penggemar Power Rangers, siapa Ranger favorit mereka ? kami yakin, sebagian besar akan menjawab Ranger hijau alias Tommy Oliver. Bagaimana tidak, ranger yang satu ini punya kostum yang lain daripada yang lain, senjata belati keren, dan robot raksasa menarik.

Maka sangat tidak mengherankan mendengar banyak orang menjadikan Ranger hijau sebagai karakter favorit mereka.

Yang mungkin terdengar mengherankan adalah sebuah fakta bahwa Ranger hijau awalnya hanya direncanakan muncul pada beberapa episode saja.

Pada episode – episdoe awal kemunculannya, pihak Saban menerima banyak surat dari penggemar, yang berisi ungkapan rasa suka mereka pada Ranger baru itu. Ranger hijau terbukti sangat populer, sampai – sampai Saban tidak punya pilihan lain selain menjadikan Ranger ini karakter reguler.

Sejauh ini, belum ada kabar apakah Ranger hijau (atau Ranger berwarna lain) akan muncul dalam film reboot Power Rangers. Meski begitu, kami yakin Ranger hijau akan muncul di film selanjutnya jika film pertamanya cukup sukses di pasaran.

10. Jason David Frank Tidak Hanya Menjadi Ranger Hijau

Jason-David-Frank-Ranger-hijau

Jason David Frank dikenal banyak orang berkat perannya sebagai Tommy Oliver alias Ranger hijau, dan sampai saat ini masih sering datang ke acara Comic-con. Saking populernya, JDF adalah aktor yang paling banyak memerankan karakter Ranger. Tak tanggung – tanggung, ia pernah memerankan 6 kostum Ranger berbeda : Ranger hijau, Ranger putih, Ranger Ninja putih, Ranger Zeo merah, Ranger Turbo merah, dan Ranger Dino hitam.

Selama memerankan enam Ranger berbeda ini, ia sudah banyak dalam total 230 episode, jauh lebih banyak dari aktor Power Rangers mana pun. JDF bahkan pernah muncul dalam beberapa episode Super Power Beat Down, sebuah serial web yang menampilkan pertarungan antar karakter komik dan film populer.

09. Adegan Pertarungan Awalnya Diimpor Dari Jepang

power-rangers-siap-bertarung

Mighty Morphin’ Power Rangers terinspirasi oleh seri Super Sentai, sebuah serial Superhero populer di Jepang. Daripada memfilmkan semua adegan dari awal untuk penonton Amerika, Saban Entertainment memilih mengimpor adegan bertarung dari film seri Super Sentai yang sudah tayang di Jepang. Mereka hanya membuat sendiri adegan – adegan yang menampilkan para aktor ketika tidak menggunakan kostum Ranger.

Menggunakan adegan bertarung dari Jepang tidaklah mudah, karena para penulis harus menyesuaikan cerita dengan adegan tersebut. Prosesnya memang sulit, tapi toh mereka cukup berhasil melakukannya, karena Anda tidak mungkin tahu jika tidak membaca artikel ini, iya kan ?

08. Power Rangers Diadaptasi Dari Serial Super Sentai Versi Ke-16

power-rangers-super-sentai

Serial Mighty Morphin’ Power Rangers memang tidak hadir di Amerika sebelum tahun 1993, namun serial Super Sentai, serial superhero yang menjadi inspirasi Power Rangers, adalah serial TV yang sangat populer di Jepang dan sudah tayang selama bertahun – tahun dengan tema dan jenis superhero yang berubah – ubah setiap tahun.

Adalah Dino Ranger yang tayang tahun 1992, sekaligus merupakan versi ke-16 dari seri Super Sentai, yang dijadikan Saban Entertainmen sebagai inspirasi serial Mighty Morphin’ Power Rangers.

Sejak kemunculannya di Amerika tahun 1993, serial Power Rangers tercatat sudah tayang selama 23 musim, pernah merilis 2 film, dan sedang dalam proses produksi film ketiganya saat ini.

07. Adegan Zordon Hanya Direkam Sekali Saja

power-rangers-zordon

Ketika menonton serial Power Rangers pada musim – musim awal, Anda mungkin pernah sesekali melihat adegan Zordon yang terlihat aneh. Ketika berbicara, gerakan mulut Zordon seperti tidak sinkron dengan apa yang ia katakan.

Ternyata hal ini disebabkan karena adegan Zordon hanya direkam sekali, dan digunakan berulang – ulang dalam berbagai episode.

Demi menghemat dana, sang produser menyewa David Fielding hanya untuk satu kali pengambilan gambar saja, dan setelah itu sang aktor hanya datang untuk merekam suaranya saja.

Anda pasti tidak menyangka jika Saban menghemat uang sampai segitunya. Kalau diingat – ingat, jadi lucu ya ?

06. Gedung Markas Power Rangers Adalah Gedung Asli

Markas-Power-Rangers

Anda masih ingat markas Power Rangers ? Bentuknya agak aneh ya? Gedung yang terlihat tidak lazim tersebut ternyata gedung asli yang bisa ditemukan di lingkungan sebuah kampus di Amerika.

Gedung berkas markas para Ranger ini terletak di kampus Brandeis-Bardin Campus of the American Jewish University, sebuah universitas yahudi-amerika, di Simi Valley, California.

Gedung yang berjuluk “The House of The Book” ini berperan sebagai tempat pertemuan dan acara - acara sekolah. Pertama kali dibuka pada tahun 1973, gedung ini dihiasi jendela kaca besar dan memiliki berbagai koleksi barang – barang seni.

05. Para Aktor Melakukan Aksi Stunt Mereka Sendiri

Mighty-Morphin-Power-Rangers-para-aktor

Walaupun sebagian besar adegan bertarung sudah diimport dari Jepang, namun ada beberapa scene dimana para aktor harus melakukan adegan bertarungnya sendiri. Lagi – lagi demi menghemat biaya produksi, Haim Saban, pemilik Saban Entertainment, memastikan bahwa para aktor yang berperan sebagai Power Rangers harus bisa melakukan aksi stunt-nya sendiri.

Amy Jo Johnson (Ranger pink) dan David Yost (Ranger biru) adalah ahli gerakan gimnastik. Jason David Frank (Ranger hijau), Walter Jones (Ranger hitam), dan Austin St. John (Ranger merah) adalah ahli bela diri.

Para aktor sering diharuskan melakukan berbagai aksi stunt yang agak mengkhawatirkan dari sudut pandang keselamatan. Hal ini, ditambah rendahnya bayaran yang mereka terima, akhirnya menyebabkan beberapa aktor memutuskan untuk berhenti.

04. Awalnya, Serial Power Rangers Tidak Sukses Di Luar Amerika

Mighty-Morphin-Power-Rangers-berpose

Meski Serial Power Rangers hampir langsung menjadi hits di Amerika, hal yang sama tidak terjadi di negara lain. Serial ini dilarang tayang di New Zealand karena dianggap terlalu kasar, dan banyak disensor di kanada untuk alasan yang sama. Tentu saja untuk ukuran standar saat ini, serial Power Rangers jauh dari kesan kasar.

Anehnya, adegan “kekerasan” bukanlah alasan utama kekhawatiran orang – orang di Malaysia. Yang menjadi perhatian justru Kata “Morphin” yang mirip nama obat penenang. Kata tersebut dikhawatirkan mengajak anak – anak menggunakan obat – obatan terlarang.

03. Karakter Bulk dan Skull Hampir Mendapatkan Spin-Off

bulk-dan-skull

Dua sekawan Bulk dan Skull, yang sering berniat jahat tapi kadang juga baik, memang menjadi semacam unsur komedi dalam serial Power Rangers.

Meski tidak terlihat seperti karakter yang bisa dibuat serial sendiri, namun ternyata pernah ada wacana untuk membuat serial Spin-Off untuk dua karakter lucu ini.

Jujur saja, kami bersyukur serial mereka tidak pernah dibuat.

02. Lord Zedd Kemungkinan Adalah Orang Yahudi

lord-zedd

Terinspirasi dari karakter Darth Vader, Lord Zedd adalah tokoh antagonist utama untuk musim kedua dan ketiga serial Mighty Morphin Power Rangers. Zedd terbukti layak menjadi lawan para Ranger, dan ia menjadi bertambah kuat setelah menikah dengan Rita Repulsa, penjahat utama para Ranger pada musim sebelumnya.

Kemungkinan banyak anak – anak waktu itu yang tidak sadar bahwa Lord Zedd kemungkinan adalah orang yahudi. Ketika ia menikah dengan Rita, sebuah lagu orang yahudi yang biasanya diperdengarkan pada acara – acara pernikahan, dimainkan pada acara pernikahan mereka.

01. Film Layar Lebar Power Rangers Hampir Gagal Diproduksi

mighty-morphin-power-rangers-film-layar-lebar-1995

Melihat kesuksesan serial TV-nya, maka tak mengherankan jika Saban Entertainment ingin meraup untung lebih banyak dengan memproduksi sebuah film layar lebar. Film layar lebarnya sendiri akan menampilkan kostum yang sedikit dibuat berbeda, ditambah setting tempat dan waktu yang juga berbeda dengan serial TV, guna memberikan pengalaman yang fresh sekaligus familiar kepada para penggemar.

Namun, proses produksi filmnya sendiri bisa dibilang tidak berjalan mulus.

Tidak seperti serial TV, film layar lebarnya akan menampilkan semua adegan yang benar – benar baru, yang ternyata menimbulkan masalah tersendiri. Selain itu, script filmnya terus berubah, bahkan sang produser Suzanne Todd dikabarkan menulis ulang script di lokasi syuting saat para kru merekam adegan untuk film.

Meski mengalami banyak kendala, proses produksi film tetap berjalan dan akhirnya berhasil rilis ke pasaran. Film layar lebar Power Rangers berhasil meraih pendapatan sebesar 66 juta dolar Amerika, dengan budget produksi sebesar 15 juta dolar Amerika, dan dianggap cukup menguntungkan.

Penutup

Bagaimana menurut Anda ? Apakah ada fakta menarik Mighty Morphin Power Rangers yang terlewat ? Apakah Anda optimis film Reboot Power Rangers akan mampu membangkitkan kejayaan Power Rangers di masa lalu ? Oh ya, bagaimana dengan desain kostum barunya ? Jelek atau bagus ?

2 comments:

  1. jelek min kalau kata saya. bagusan dulu dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, jadi pesimis, padahal udah ngarep. Kostumnya nggak bagus, apalagi helmnya, ngeliat lebih deket, malah jadi tambah ilfil.

      Delete