Thursday, March 3, 2016

Menurut RDJ, Ini Adegan Tersulit Ketika Berperan Sebagai Iron Man

RDJ-Iron-Man

Menyaksikan Robert Downey Jr berperan sebagai Tony Stark adalah hal yang menyenangkan. Ia memerankan karakter playboy jenius tersebut seakan - akan memerankan dirinya sendiri - terlihat begitu natural. Benar apa yang dikatakan Stan Lee, peran Tony Stark seolah - olah ditakdirkan untuk seorang Robert Downey Jr. Dengan kemampuan akting yang mumpuni dan karismanya, anda akan terkejut bahwa ternyata ada satu adegan dalam film Iron Man yang selalu terasa sulit buat aktor yang satu ini.

Artikel Terkait :

*) 9 Fakta Menarik Tentang Captain America Yang Mungkin Tidak Anda ketahui

*) Asal-Usul dan Kekuatan Black Panther

*) 5 Perbedaan Film ‘Captain America: Civil War’ Dengan Versi Komiknya

*) Lihat Lebih Jelas Desain Armor ‘Bleeding Edge’Lewat Iron Man Hot Toys PPS Figure

 

Behind the scene HUD view Blue screen

Ketika RDJ (Rober Downey Jr.) mengenakan armor Iron Man dan wajahnya tertutup rapat, penonton tidak bisa melihat ekpresi sang aktor. Itulah mengapa tim pembuat film Iron Man menciptakan scene HUD (Heads-up Display) - tujuannya tidak lain tidak bukan supaya penonton bisa melihat ekspresi sang aktor ketika berada dalam armor Iron Man.

Kenapa penonton perlu melihat eskpresi RDJ ? well, RDJ adalah aktor yang sangat berbakat dengan bayaran super mahal. Bayangkan betapa ruginya  pihak studio jika tidak memanfaatkan kemampuan akting aktor karismatik ini. Selain itu, akan sangat boring jika setiap kali RDJ menggunakan armor Iron Man kita tidak dapat melihat ekpresinya - kemungkinan kita tidak akan bisa merasakan emosi - emosi yang memang perlu kita rasakan. Ditambah lagi, adegan HUD adalah salah satu adegan paling menarik dalam film Iron Man.

Behind the scene HUD view VFX

Buat Robert Downey Jr., merekam adegan HUD tidaklah semenarik menontonnya. Bahkan, adegan ini adalah adegan yang paling ia benci. Beberapa waktu lalu, ketika sedang diwawancara situs Yahoo ! Movies, ia menjelaskan kenapa ia membenci adegan tersebut. "Ketika anda melakukan adegan HUD, biasanya merupakan kegiatan terakhir dalam jadwal, anda harus kembali ke masa itu, berusaha merasakan emosi dan suasana adegan dalam film namun kali ini harus direkam secara close up, benar - benar melelahkan", keluh RDJ.

RDJ juga ditanya apakah adegan tersebut semakin lama semakin mudah buat dia, ia berkata,   "Tidak, adegan itu tetap sulit." Sebagai seorang aktor, RDJ lebih senang berinteraksi dengan orang, berbicara dan melakukan kontak fisik dengan rekan sesama aktor di lokasi syuting. Sedangkan syuting adegan HUD mengharuskan sang aktor terisolasi dan tidak bergerak ditambah lagi kamera terus menerus berada di depan wajahnya.

Iron Man 3 heads up display

Namun begitu, walaupun adegan HUD tidak mudah buat dirinya, RDJ mengakui bahwa merekam adegan tersebut memberikan tim produksi kesempatan untuk memperbaiki atau meningkatan mood banyak adegan. "Kami punya kesempatan untuk mengatakan, 'berhenti, berhenti. tunggu sebentar. Kita tidak usah merekam 20 baris dialog yang selanjutnya, sebaiknya kita coba menonton lagi adegan tersebut dan mencari cara bagaimana membuatnya terasa berbeda dan lebih baik dari sebelumnya.'", cerita sang aktor.

Kita benar - benar harus berterima kasih pada Robert Downey Jr. karena telah membuat adegan HUD begitu menarik untuk ditonton. Apalagi setelah tahu bahwa adegan tersebut tidak mudah dilakukan. Penulis sendiri adalah penggemar berat adegan HUD, menyaksikan ekspresi RDJ ditambah tampilan widget - widget canggih melayang di depan wajahnya adalah sangat mengasyikkan.

No comments:

Post a Comment