Tuesday, April 19, 2016

Proyek Sekuel Avatar Yang Ambisius, Proses Syuting Empat Film Digabung Jadi Satu

Avatar-sekuel-rilis-2018

Tujuh tahun lalu, kita dibuat terkesima oleh film besutan James Cameron yang menampilkan keindahan planet Pandora. Film yang berjudul ‘Avatar’ tersebut, diketahui menggunakan teknologi CGI tercanggih pada masanya demi menghidupkan visi sang sutradara tentang sebuah planet yang dihuni oleh suku Na’vi. Dengan segala kualitasnya, film ini pun menorehkan berbagai prestasi, seperti menjadi film dengan pendapatan tertinggi di seluruh dunia dan memenangkan beberapa penghargaan Academy Awards. Melihat kesuksesannya, tentunya tak mengherankan jika pihak studio dan James Cameron ingin membuat sekuel untuk film yang dibintangi Sam Worthington dan Zoe Saldana tersebut. Dan beberapa waktu lalu, sang sutradara angkat bicara mengenai perkembangan terbaru dari proyek paling ambisiusnya ini.

Hadir di acara Cinema-Con di Las Vegas, James Cameron mengumumkan bahwa ia akan membuat empat film Avatar lagi, dengan film kedua dirilis tahun 2018 dan film kelima nantinya pada tahun 2023.

James-Cameron-Sam-Worthington

Berbicara dengan Famous Monster of Filmland, sutradara yang pernah membesut film Terminator ini menjelaskan tentang proses syuting empat film Avatarnya.

“Prosesnya bukan ‘back-to-back’ (berurutan secara terus menerus). Prosesnya adalah sebuah produksi besar. Mirip dengan proses syuting sebuah miniseri. Kami akan melakukan pengambilan gambar untuk semua film (empat sekuel Avatar) secara simultan. Jadi, misalnya hari senin aku akan merekam scene untuk film keempat, dan selasa merekam scene untuk film pertama. Kami bekerja lintas film, sebuah cerita dengan durasi sekitar delapan jam. Akan menjadi tantangan tersendiri untuk mengingatnya dalam pikiran kami, di mana kami berada, lintas cerita dalam titik tertentu. Mungkin akan menjadi proyek paling menantang yang pernah aku lakukan. Aku yakin para aktor juga akan merasa tertantang untuk melakukannya. Misalnya, ‘Tidak, tidak, tidak, tidak, orang ini belum mati, jadi kamu masih dalam fase ini dalam hidupmu.’ Ini adalah sebuah saga. Rasanya seperti mengerjakan tiga film Godfather dalam waktu bersamaan.”

Jika Cameron mengambil resiko dan langkah yang besar dalam pengerjaan empat film Avatarnya, ia sepertinya tidak ingin mengambil resiko dengan merilis filmnya berdekatan dengan tanggal rilis film - film Star Wars.

“Awalnya, aku berencana merilisnya selang setahun, tapi kami akan merubah hal itu. Jika bukan karena alasan lain, aku tidak ingin merilisnya berdekatan dengan salah satu sekuel film Star Wars. Tidak akan adil buat mereka [tertawa]. Tidak, itu bukanlah cara berbisnis yang baik. Aku tidak ingin bersaing secara langsung dengan Star Wars. Itu adalah tindakan bodoh. Dan mudah – mudahan mereka juga berpikir dengan cara yang sama.”

tetua-suku-Na'vi

Pendekatan yang diambil James Cameron dalam pengerjaan proyek Avatarnya mirip dengan cara Peter Jackson mengerjakan trilogi film ‘Lord of The Rings’.

Melakukan pengambilan gambar untuk empat film secara bersamaan benar – benar sebuah tantangan besar untuk seorang sutradara, kami penasaran bagaimana proyek sebesar ini akan menguji skill Cameron dalam menyusun alur cerita untuk 4 film.

Bukan hanya itu, melihat durasi proses syuting yang kemungkinan akan memakan waktu bertahun – tahun, masalah ketersediaan para aktor yang terlibat, terutama dua aktor utama Sam Worthington dan Zoe Saldana bisa menjadi masalah serius. James Cameron sendiri mengakui bahwa proyek ini memang akan menjadi tantangan buat dirinya dan juga para aktor. Namun pada akhirnya, jika ada orang yang sanggup menghandle proyek sebesar dan seambisius ini, kami yakin orangnya adalah James Cameron.

No comments:

Post a Comment