Sunday, February 14, 2016

Batman V Superman: 10 Pertarungan Terbaik Dalam Komik

20160222123324

Jauh sebelum pertarungan Batman dan Superman dalam film layar lebar terbaru mereka, dua Superhero terpopuler dari DC ini sudah beberapa kali terlibat perseteruan dan adu pukul dalam cerita komiknya. Konflik ini biasanya disebabkan oleh perbedaan prinsip di antara mereka dan beberapa kali karena Superman berada dalam pengaruh jahat.

Artikel Terkait :

*) 25 Fakta Menarik Film ‘Batman V Superman: Dawn of Justice’

*) Begini Cara Batman Kalahkan Para Superhero Anggota Justice League

*) 7 Fakta Menarik Yang Diungkap Komik Prequel Film’Batman V Superman: Dawn of Justice’

*) 9 Hal Tentang Kostum Batman Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

*) Alasan Kenapa Clark Tidak Dikenali Sebagai Superman

 

Sembari menunggu pertarungan sengit yang akan terjadi dalam 'Batman V Superman: Dawn of Justice', tidak ada salahnya kita coba menelisik sejarah panjang perseteruan antara dua tokoh superhero ini. Apalagi Kemungkinan film garapan Zack Snyder ini  banyak terinspirasi dari berbagai cerita komik yang mengetengahkan adu jotos antara keduanya. Berikut kami rangkum 10 pertarungan terbaik Batman dan Superman dalam komiknya :

 

10. The Dark Knight Returns (1986)

 

Seri : The Dark Knight Returns #1 - 4

Latar Belakang : Setelah pensiun cukup lama, Batman yang sudah tua kembali melakoni aksi vigilate-nya -  kali ini jauh lebih brutal dari sebelumnya - mengaburkan batasan antara membasmi kejahatan dengan tindak kekerasan yang membabi buta. Akibatnya, pemerintah Amerika Serikat mengutus Superman untuk menghentikan aksi Batman dan menangkapnya untuk diadili.

Jalannya Pertarungan : Bisa dibilang Batman dalam seri ini adalah yang paling banyak memanfaatkan teknologi dalam aksinya (yang juga merupakan inspirasi terbesar Batman versi Zack Snyder). Demi mengimbangi sang manusia baja, Batman memanfaatkan hydraulic power armor, teknologi sonik, sarung tangan berkejut listrik, dan panah berbahan kryptonite (yang ditembakkan Green Arrow).

Pemenang : Batman sempat dominan dalam pertarungan ini (walaupun sebenarnya Superman banyak menahan diri), namun semua itu berubah ketika Batman memicu sebuah serangan jatuh ringan pada dirinya yang mana bertujuan untuk memalsukan berita kematiannya. Setelah itu, Batman pun melanjutkan aksi membasmi kejahatannya secara sembunyi - sembunyi.

 

09. Batman : Hush (2002)

 

Seri : Batman #608 - 619

Latar Belakang : Di bawah kendali gas pengontrol pikiran milik Poison Ivy, Superman melawan Batman. Superman memang tidak sepenuhnya menggunakan seluruh kekuatannya karena masih 'menahan diri' (saat itu pikiran bawah sadar Clark terus melawan kendali pikiran Poison Ivy).

Jalannya Pertarungan : Tanpa punya waktu untuk persiapan dan rencana yang matang, Batman melawan Superman. Namun begitu, sebagai seseorang yang selalu menyiapkan rencana atau 'Contigency Plan' dalam setiap keadaan, Batman mempunyai beberapa senjata khusus untuk melumpuhkan Superman, salah satu contohnya adalah cincin Krypyonite yang ia simpan di sabuknya. Pada akhirnya, Batman berhasil membuat Clark lepas dari pengaruh Poison Ivy dengan cara membahayakan nyawa Lois Lane - rasa peduli Clark terhadap Lois yang begitu dalam mematahkan efek kendali pikiran.

Pemenang : Batman mampu bertahan - namun itu semua karena Superman sendiri banyak menahan diri (akibat dari pergolakan batin).

 

08. The Dark Knight Strikes Again (2002)

 

Seri : The Dark Knight Strikes Again #1 - 3

Latar Belakang : Menyusul peristiwa yang terjadi pada seri 'The Dark Knight Returns', Bruce Wayne tua kembali menjadi Batman, kali ini untuk melakukan perlawanan terhadap Lex Luthor yang kala itu didukung pemerintahan diktator.  Green Arrow dan The Atom membantu Batman dalam perlawanannya, sedangkan beberapa anggota Justice League yang lain seperti: Superman, Wonder Woman dan Shazam terpaksa membantu pemerintah  karena orang - orang yang mereka sayangi dijadikan sandera.

Jalannya Pertarungan : Atas perintah Presiden Rickard, Superman memburu Batman. Namun ketika Superman sudah sampai di Batcave (Gua markas Batman), ia malah babak belur dipukul Batman dengan sarung tangan Kryptonite dan beberapa anggota Justice League yang membantu Batman.

Pemenang : Batman

 

07. Superman : Red Son (2003)

 

Seri : Superman Red Son #1 - 3

Latar Belakang : Dalam versi cerita yang berbeda, pesawat yang membawa Ka-El yang masih bayi mendarat di Uni Soviet (kansas pada cerita originalnya) - ia dibesarkan untuk menjadi seorang komandan militer Rusia. Berhasil membuat negaranya menjadi negara adidaya di dunia, Superman memerintah Uni Soviet sebagai diktator yang kejam. Ketika orang tua Batmankoff dibunuh orang - orang komunis, sang calon vigilante pembasmi kejahatan memulai latihannya untuk menumbangkan kekuasaan alien dari planet Krypton beserta pemerintahannya.

Jalannya Pertarungan : Batman versi Rusia memancing Superman versi Soviet masuk ke dalam ruangan yang dipenuhi lampu pemancar sinar matahari yang sama dengan sinar matahari merah yang ada di planet Krypton. Sinar matahari merah membuat tubuh Superman lemah, Batman pun dengan leluasa menghajar Superman yang tak berdaya.

Pemenang : Batman dari Rusia menang - namun hanya sampai Superman diselamatkan oleh Wonder Woman. Khawatir Superman akan balas dendam, Batman pun bunuh diri (dengan menggunakan bahan peledak yang ditanam di dalam dadanya).

 

06. Lex Luthor : Man of Steel (2005)

 

Seri : Lex Luthor : Man of Steel #1 - 5

Latar Belakang : Bruce Wayne menerima serpihan batu Kryptonite dari Lex Luthor, ia menggunakannya untuk melumpuhkan Superman yang dianggap berpotensi menjadi ancaman bagi kemanusiaan.

Jalannya Pertarungan : Superman memamerkan kekuatan supernya dalam seri ini - terlihat betapa kuatnya Superman yang sedang tidak berada dalam pengaruh atau dilemahkan apapun. Sang manusia baja menggunakan nafas supernya untuk meniup Kryptonite dari tangan Batman, kemudian membawa Batman ke langit dan melemparnya kembali ke tanah. Terakhir, demi menunjukkan superioritasnya, Superman melayangkan pukulan mematikan ke arah Batman namun berhenti sebelum mengenai wajah si manusia kelalawar.

Pemenang : Superman menang telak.

 

05. Superman Sacrifice (2005)

 

Seri : Superman #219 (Part 1), Action Comic #829 (Part 2), Adventures of Superman #642 (Part 3) dan Wonder Woman #219 (Part 4)

Latar Belakang : Setelah berhasil membobol komputer milik Batman dan menemukan informasi tentang kelemahan masing - masing anggota Justice League, Maxwell Lord mengontrol pikiran Superman - memanipulasi pikirannya agar melawan rekan setimnya di Justice League yang ia kira adalah musuh bebuyutannya.

Jalannya Pertarungan : Superman menjebak Batman (yang waktu itu sama sekali tak sempat bersiap - siap ) di Batcave. Kewalahan dengan kekuatan Superman yang waktu itu mengira dirinya sedang melawan Darkseid, Batman babak belur. Akhirnya, Wonder Woman datang dan mematahkan leher Maxwell Lord yang kemudian membebaskan Superman dari pengaruh jahat.

Pemenang : Tidak ada pemenang, semua kalah. Terutama Superman yang merasa terpukul setelah mengetahui akibat perbuatannya.

 

04. Superman / Batman : Super-Bat (2008)

 

Seri : Superman / Batman #53 - 57

Latar Belakang : Ketika sedang bertarung dengan Silver Banshee, Kekuatan Superman berpindah ke Batman - yang kemudian menggunakan kekuatan tersebut untuk membersihkan  Gotham dari semua tindak kejahatan. Menyadari dirinya tidak lagi punya kekuatan, Superman memutuskan untuk hidup normal layaknya orang kebanyakan - bebas dari segala beban dan tanggung jawab sebagai pahlawan berkekuatan dewa. Di sisi lain, Batman semakin lupa daratan karena kekuatan besar yang ia miliki, ia pun menjadi semakin agresif dan berbahaya. Sedangkan Clark semakin lama semakin depresi dengan kehidupan 'normal'-nya.

Jalannya Pertarungan : Setelah Batman mengalahkan Wonder Woman, Green Lantern, Firestorm, Red Tornado dan Hawkgirl, Supergirl mencoba bernegosiasi dengan Batman - sedangkan Zatanna mencoba mengalihkan perhatiannya dengan sihir. Clark Kent melawan Batman, tanpa kekuatan sama sekali Clark babak belur, hingga akhirnya Zatanna mampu mengembalikan kekuatan Clark.

Pemenang : Clark babak belur, namun menang secara moral, ia bersedia terluka demi menyelamatkan teman - temannya.

 

03. Justice League: Origin (2011)

 

Seri : Justice League: Origin #1 - 6

Latar Belakang : Sebagai bagian dari kelanjutan cerita baru dari seri new 52, seri 'Justice League: Origin' menghadirkan pertarungan pertama antara Superman dan Batman. Pertarungan antara pendatang baru Superman dengan Batman yang sudah berpengalaman (yang menganggap alien berkekuatan Super ini bisa menjadi ancaman bagi bumi).

Jalannya Pertarungan : Berhubung Superman adalah pendatang baru, Batman belum mengetahui Kryptonite adalah kelemahan sang alien. Batman mencoba melumpuhkan sang manusia baja dengan peralatan standar yang ia miliki yang mana semuanya tak mempan sama sekali. Bahkan dengan bantuan Green Lantern pun, Batman tetap tidak mampu berbuat banyak.

Pemenang : Superman menang, sedangkan Batman belajar arti sebuah komunikasi.

 

02. Injustice: Gods Among Us (2013)

 

Seri : Injustice: Gods Among Us #36

Latar Belakang : Setelah Joker meledakkan sebuah bom nuklir di Metropolis dan memanipulasi Superman yang akhirnya membuat ia  tak sengaja membunuh Lois Lane, Kal-El berkeyakinan bahwa satu - satunya cara untuk melindungi bumi adalah dengan menciptakan sebuah pemerintahan tangan besi yang dipimpin oleh para mantan Superhero dan Super villains. Kal-El menunjuk dirinya sendiri sebagai pemimpin tertinggi dalam pemerintahan ini. Di pihak lain, Batman malah bertekad untuk menghancurkan pemerintahan tangan besi ini dan mengembalikan segala sesuatunya seperti semula.

Jalannya Pertarungan : Superman datang ke Batcave lalu mematahkan tulang punggung Batman (mirip gaya ikonik Bane mematahkan tulang punggung Batman).

Pemenang : Dalam pertarungan singkat lagi menyakitkan ini, Superman adalah pemenangnya. Untungnya Alfred datang dan berhasil menyelamatkan Batman, Alfred memanfaatkan nanotech pil yang memberikan ia kekuatan super sehingga mampu berhadapan dengan Superman.

 

01. Batman: End Game (2014)

 

Seri : Batman: End Game #1 - 6

Latar Belakang : Di bawah kendali racun yang membuat para anggota Justice League menjadi Joker Hybrid, Semua anggota Justice League bertarung melawan Batman. Walaupun sempat kewalahan, namun akhirya Batman mampu mengatasi semua anggota Justice League hingga tinggal Superman saja yang tersisa.

Jalannya Pertarungan : Dalam pertarungan ini, Batman menggunakan baju tempur (Power Armor). Yang berbeda adalah penggunaan sarung tangan dengan tambahan bahan kecil matahari merah (red sun planet Krypton) sebagai pengganti batu Kryptonite. Setelah mendapatkan pukulan red sun yang bertubi - tubi dari Batman, Superman mengamuk menghancurkan segala sesuatu yang ada di dekatnya, termasuk warga sekitar yang kebetulan ada di situ. Amukan Superman akhirnya bisa diredam setelah Batman meludahkan semacam synthetic polymer berbahan Kryptonite (baca: permen karet Kryptonite) ke mata Superman.

Pemenang : Batman memang mampu melumpuhkan Superman, namun melihat kerusakan yang ditimbulkan, Batman beranggapan tidak ada pemenang dalam pertarungan ini.

No comments:

Post a Comment